11 Gaya Rambut Anak Perempuan Bikin si Kecil Makin Menawan

Simpel dan mudah ditiru tanpa memakan banyak waktu

30 Juli 2021

11 Gaya Rambut Anak Perempuan Bikin si Kecil Makin Menawan
Instagram/5_eun_seo

Gaya rambut anak perempuan manakah yang cocok untuk anak mama? Tampil dengan rambut terurai melulu mungkin akan membuat anak perempuan mama terlihat membosankan. Untuk itu, Mama harus mencoba menata rambutnya dengan berbagai gaya rambut kekinian. 

Namun, terkadang ada beberapa kendala yang sering para Mama hadapi, yakni si Kecil tak mau rambutnya diatur, ditata, dan diikat-ikat. Biasanya mereka akan mengeluh sakit. Untuk itu, Mama dapat mencoba gaya rambut yang simpel yang cocok untuk anak-anak.

Sebagai referensi, Popmama.com memberikan beberapa gaya rambut anak perempuan yang kekinian tanpa ribet. Simak dan coba pada anak yuk, Ma! 

1. Gaya rambut diikat satu

1. Gaya rambut diikat satu
Instagram/5_eun_seo

Ikat satu adalah gaya rambut paling sederhana. Bisa diaplikasikan pada anak balita hingga dewasa.

Gaya rambut yang diikat menjadi satu ini pun sangat flexible, bisa untuk tampil di acara santai maupun formal.

Menata rambut seperti ini pun sangat mudah lho, Ma. Pertama-tama satukan rambut menjadi satu di belakang kepala sejajar dengan telinga. Lalu, kuncir menggunakan karet rambut. Selesai deh, mudah bukan?

2. Gaya rambut dikepang satu

2. Gaya rambut dikepang satu
Instagram.com/5_eun_seo

Jika anak mama tipe orang yang tidak suka rambutnya menyentuh leher alias sering merasa gerah sehingga tidak nyaman, Mama dapat mencoba kepang satu di belakang.

Dengan gaya rambut seperti ini, anak tidak akan merasa risih dengan rambutnya saat sedang beraktifitas.

Cara menata rambut seperti ini pun sangat mudah lho, Ma. Simak caranya berikut ini, Ma:

  1. Menyatukan rambut menjadi satu di belakang kepala. Lalu, kuncir menggunakan karet rambut.
  2. Mulailah mengenang dari pangkal atas hingga ke bawah. Selanjutnya, ikat bagian bawah rambut. Selesai.

3. Gaya rambut diikat dua

3. Gaya rambut diikat dua
Instagram.com/Shimtang219

Kuncir dua akan memberikan kesan imut untuk anak mama. Gaya rambut seperti ini cocok untuk pergi ke sekolah, bermain, atau pergi berwisata. 

Cara menatanya pun sangat simpel dan tak membutuhkan waktu lama.  Mama hanya perlu membagi dua rambut si Kecil secara vertikal kemudian kuncir setengah rambut di dekat kuping kanan dan kuncir setengah rambut di kuping sebelah kiri. 

4. Gaya rambut ikat jala

4. Gaya rambut ikat jala
Instagram.com/Shimtang219

Jika anak mama tipikal gadis kecil yang aktif, coba gaya rambut ikat jala yuk, Ma!

Menguncir rambut dengan gaya ini membuat si Kecil yang aktif bergerak tanpa harus terganggu rambutnya sama sekali. Sebab, semua rambutnya sudah diikat dengan karet.

Cara mengikat rambut jala mudah lho, Ma. Pertama, bagi rambut menjadi dua bagian secara vertikal. Lalu ikat kedua rambut di dekat kuping kanan dan kiri. Selanjutnya, ikat rambut di bagian kanan dengan karet rambut dari atas hingga bawah. Ikat secara berjarak, buat jarak sekitar satu cm dari satu karet ke karet berikutnya. Lakukan hal yang sama dengan rambut di sebelah kiri.

Editors' Picks

5. Gaya rambut kepang dua

5. Gaya rambut kepang dua
Instagram.com/5_eun_seo

Kuncir kepang dua sering dibilang terlihat seperti anak cupu. Tapi ternyata gaya rambut kepang dua bisa membuat anak terlihat imut loh, Ma.

Dengan mengepang dua rambut si Kecil, ia akan terlihat rapi sekaligus menggemaskan. Apalagi jika kepang dua ditambah dengan aksesoris seperti bando pita. 

Untuk mendapatkan tampilan menggemaskan ini, Mama perlu membagi dua rambut si Kecil secara vertikal. Lalu kepang salah satu bagian rambutnya, misalnya sebelah kanan terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan hal yang sama untuk rambut bagian kiri.

Mama dapat menambahkan bando pita agar penampilannya lebih manis.

6. Gaya rambut cepol satu

6. Gaya rambut cepol satu
Instagram/5_eun_seo

Gaya rambut ini cocok untuk hadir keacara fotmal atau resmi, seperti acara pernikahan atau acara ulang tahun teman si Kecil. 

Dengan menata rambut seperti ini akan membuat anak mama terlihat fresh dan imut. Cara menatanya pun cukup mudah, tak memakan banyak waktu. 

Pertama-tama, sisir rambut sambil menanyanya menjadi satu genggaman di atas kepala. Lalu, kuncir semua rambut teresebut dengan karet. Selanjutnya, rambut yang terurai dibuat gulungan mengitari karet rambut. Kemudian ikat kembali gulunogan rambut tersebut. 

Mama dapat menambahkan aksesoris seperti bando agar penampilan si Kecil lebih manis. 

7. Gaya rambut cepol dua

7. Gaya rambut cepol dua
Instagram.com/Shimtang219

Kuncir cepol dua akan memberikan tampilan menggemaskan untuk si Kecil. Cara menguncirnya pun mudah lho.

Pertama-tama bagi rambut menjadi dua secara vertikal. Lalu kuncir salah satunya di atas kepala kanan dan satu lagi di atas kepala kiri. Selanjutnya gulung-gulung rambut seperti berbentuk bola  dengan cara mengitari kunciran. Lalu, kuncir kembali gulungan rambut tersebut. Lakukan hal yang sama untuk rambut di sebelahnya. 

8. Gaya rambut wavy hair

8. Gaya rambut wavy hair
Instagram.com/Shimtang219

Ingin mengurai rambut namun tidak ingin terlihat biasa? Coba gaya rambut wavy hair yuk, Ma!

Jika rambut si Kecil lurus, maka Mama memerlukan catokan agar rambutnya menjadi bergelombang. Begitupun untuk anak mama yang memiliki rambut keriting. Mama dapat meluruskannya terlebih dahulu kemudian membuatnya bergelombang. 

Namun, jika rambut anak mama sudah bergelombang, Mama dapat lebih menggelombangkannya dengan hanya mencepol rambut secara sembarang menggunakan karet selama beberapa menit. 

Agar tampilan wavy hair si Kecil lebih menawan, Mama dapat menambahkan aksesoris seperti jepitan pita di salah satu sisi depan rambutnya.

9. Gaya rambut diikat depan

9. Gaya rambut diikat depan
Zimbio.com

Dengan mengikat sebagian  rambut depan dapat membuat wajah si Kecil yang imut nan manis jadi semakin terlihat.

Menata rambut menjadi gaya seperti ini sangat mudah loh. Mama hanya perlu mengambil sedikit bagian depan rambut anak lalu arahkan ke samping kiri atau kanan, setelah itu mama dapat menguncirnya. Usahakan gunakan karet yang ada pitanya, Ma. Supaya tampilan si Kecil semakin imut dan menggemaskan.

10. Gaya rambut kuncir setengah

10. Gaya rambut kuncir setengah
Instagram.com/5_eun_seo

Menguncir setengah rambut merupakan salah satu gaya rambut yang mudah ditiru. Mama hanya perlu membagi rambut si Kecil menjadi dua bagian atas dan bawah. Lalu rapikan rambut atas menjadi satu bagian dan ikat menjadi satu.

Agar kuncir setengah terlihat lebih manis, gunakan karet yang memiliki pita. Namun, Mama juga bisa menggunakan karet biasa dan ditambah dengan jepitan pits. Dengan begitu, tampilan anak mama akan lebih menawan.

11. Gaya rambut jepit depan

11. Gaya rambut jepit depan
Instagram.com/sweet.chloek

Bisa nggak ya tampil simpel tapi tetap terlihat manis? Bisa dong! Caranya rapikan terlebih dahulu rambut si Kecil dengan cara menyisirnya. Lalu Mama tambahkan jepitan di salah satu sisi rambutnya. Setelah itu selesai. Si Kecil akan terlihat imut dan menawan.

Nah itulah beberapa gaya rambut anak perempuan yang dapat Mama contoh untuk menata rambut si Kecil.

Mama dapat meminta saran anak mama untuk memilih gaya rambut apa yang ingin ia coba. Dengan meminta pendapatnya, anak mama bisa menjadi lebih menurut dan tidak rewel saat rambutnya sedang ditata.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.