Pertolongan Pertama dan Dampak Menelan Uang Koin pada Anak

Hati-hati, uang koin di dalam tubuh bisa memicu pecahnya kelenjar esofagus di kerongkongan

11 November 2021

Pertolongan Pertama Dampak Menelan Uang Koin Anak
Pexels/pixabay

Bagi kebanyakan orangtua sudah tidak heran saat melihat anak-anak suka iseng memakan benda-benda yang ada di sekitarnya. Contohnya, uang koin. Padahal, benda-benda tersebut sangat berbahaya karena tidak dapat dicerna oleh tubuh. 

Hal tersebut baru-baru ini dirasakan oleh FAZ, anak berusia 6 tahun di Brebes. Saat itu ia sedang bermain-main dengan uang koin Rp1.000. Kemudian, tak sengaja uang koin tersebut tertelan dan masuk ke dalam tenggorokannya. 

Kejadian tersebut membuat FAZ tidak dapat makan dengan baik hingga tubuhnya terasa lemas. Tak hanya itu, keceriaan di wajahnya pun menghilang karena merasakan di tenggorokannya. 

Setelah satu bulan, koin tersebut akhirnya berhasil dikeluarkan dengan bantuan dokter dan alat penyedot. Hal itu membuat FAZ kembali ceria. 

Lalu, sebenarnya bagaimana pertolongan pertama saat uang koin masuk ke dalam tubuh anak? Dan apa dampaknya untuk tubuh anak? 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa informasi untuk membantu menenangkan Mama jika mengalami kondisi darurat tersebut.

1. Tanda anak menelan uang koin 

1. Tanda anak menelan uang koin 
Freepik

Terkadang, anak-anak memakan sesuatu, termasuk uang koin, saat sedang tidak ada orang lain. Ia melakukannya secara diam-diam. 

Hal itu membuat Mama dan Papa menjadi tidak tahu jika sewaktu-waktu benda logam itu masuk ke dalam tubuh anak. Untuk mengetahuinya, Mama dan Papa dapat mengetahuinya melalui kondisi fisik anak. 

Jika anak mengalami kondisi seperti berikut ini, bisa jadi anak mama telah menelan uang koin: 

  1. Rewel karena merasa sakit dibagian tenggorokan atau dada. Keadaan koin di dalam tenggorokan atau dada pastinya membuat anak menjadi tidak nyaman dan kesakitan. Pastinya hal itu membuatnya rewel dan menangis. 
  2. Susah menelan makanan. Karena terdapat benda asing di saluran pencernaannya, anak jadi susah menelan makanan yang Mama berikan. 
  3. Ngeces, air liur keluar terus menerus. Anak sulit menelan, termasuk air liurnya sendiri sehingga mengeluarkan air liur secara terus menerus melalui mulut. 
  4. Muntah-muntah. Keadaan pencernaan yang tidak baik bisa membuatnya muntah-muntah. 
     

Editors' Picks

2. Pertolongan pertama saat anak menelan uang koin 

2. Pertolongan pertama saat anak menelan uang koin 
Freepik/rawpixel.com

Saat mengetahui anak menelan uang koin, Mama pasti akan langsung panik dan khawatir. Namun, hal itu tentunya tidak membuat kondisi anak menjadi lebih baik. 

Untuk itu, cobalah tarik nafas untuk menenangkan diri dan lakukan pertolongan pertama sebagai berikut: 

  1. Langsung menghubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat 
  2. Selama menunggu penanganan dokter, beri anak makanan yang lembut dan air mineral. Hal ini guna menjaga energi di tubuh anak. Sebab, saat ada benda keras yang menyangkut di tenggorokan, maka makanan anak sulit masuk ke dalam tubuh. Selain itu, pemberian makanan dan minuman dapat membantu mendorong uang koin keluar bersama feses. 

3. Dampak yang akan terjadi jika anak menelan uang koin 

3. Dampak akan terjadi jika anak menelan uang koin 
doctorzara.com

Benda asing selain makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa sangat berbahaya, termasuk uang koin. Benda tersebut dapat mengganggu proses pencernaan seseorang hingga tidak bisa makan dan minum. 

Selain itu, jika uang koin telah tertelan hingga masuk ke dalam jaringan usus, maka seseorang akan batuk-batuk hingga menyebabkan peradangan dan memicu pecahnya kelenjar esofagus di kerongkongan.

4. Cara melindungi anak agar tidak menelan uang koin

4. Cara melindungi anak agar tidak menelan uang koin
Freepik/8photo

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Meskipun uang koin yang tertelan bisa diambil dan diobati, namun lebih baik mencegah agar hal tersebut tidak terjadi pada anak-anak. 

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan oleh Mama untuk mencegah anak memasukkan uang koin ke dalam mulut hingga menelannya: 

  1. Beri pemahaman pada anak, selain makanan tidak boleh dimasukkan ke dalam mulut, termasuk uang koin. 
  2. Jauhkan benda-benda yang mudah masuk ke dalam mulut anak seperti uang koin, manik-manik, dan benda kecil lainnya. Simpan benda-benda tersebut di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak 
  3. Lebih perhatikan anak ketika sedang main di luar. Sebab, ada saja orang-orang yang menaruh benda kecil sembarangan di luar rumah. 

Kasus anak di atas bukan pertama kali terjadi, namun telah berulang kali. Untuk itu, semoga kedepannya para Mama bisa lebih memperhatikan sang buah hati supaya tidak ada kejadian menyakitkan seperti ini lagi. Semangat terus merawat anak ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.