Tips Menemani Anak Belajar di Wahana Bermain, Dijamin Seru!

Jangan sia-siakan kesempatan untuk menambah pengetahuan anak di tempat bermain yang menyenangkan

25 Januari 2022

Tips Menemani Anak Belajar Wahana Bermain, Dijamin Seru
Dok. Edokko

Sekitar dua tahun lamanya berbagai tempat permainan ditutup akibat pandemi. Kini, di awal tahun 2022 beberapa wahana permainan sudah mulai kembali beroperasi.

Nah inilah saat yang tepat untuk mengajak anak kembali bermain di luar agar ia bisa merasakan keseruan bermain dengan anak seusianya.

Selain itu, mengajak anak pergi ke tempat wahana bermain juga bisa melatihnya untuk kembali bersosialisasi dengan banyak orang baru.

Salah satu wahana bermain seru yang dapat Mama kunjungi bersama si Kecil yakni Edokko. Lokasi wahana bermain ini berada di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat. Berdasarkan keterangan tertulis, tempat ini telah dibuka sejak 22 Januari 2022.

Di sana anak mama bisa menikmati banyak permainan yang seru. Namun, jangan lupa jika segala permainan bisa menambah pengetahuan untuk anak. Tentunya hal tersebut butuh bantuan dari Mama.

Untuk itu kali ini Popmama.com akan membagikan tips menemani anak belajar di wahana bermain.

Simak yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Ajak anak mengeksplorasi berbagai hal seru di wahana bermain

1. Ajak anak mengeksplorasi berbagai hal seru wahana bermain
Dok. Edokko

Wahana bermain ini sangat unik dan berbeda dari yang lain karena mengusung konsep Jepang. Mulai dari bangunan, bunga sakura, dan tempat-tempat terkenal di Jepang semua tersaji dengan rapi dan menarik di sana. 

Dengan demikian, saat mengajak anak mengunjungi wahana bermain ini, Mama bisa mengeksplor pengetahuan anak lebih jauh dengan mengenalkan seisi Jepang tanpa harus datang ke negara tersebut. 

Selain itu, sama halnya dengan wahana bermain pada umumnya, di sini pun tersedia berbagai kegiatan outbond  yang seru dan menantang adrenalin anak.

Mulai dari jembatan jaring-jaring, perosotan yang tinggi dan masih banyak lainnya. Permainan-permainan tersebut mampu meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri anak mama.

2. Melihat sisi edukasi dari setiap permainan yang tersedia

2. Melihat sisi edukasi dari setiap permainan tersedia
Dok. Edokko

Di wahana bermain, pasti ada banyak sekali permainan seru yang akan dimainkan anak. Nah, dari setiap permainan yang anak pilih, ada pengetahuan yang bisa Mama ajarkan pada anak, lho.

Misalnya, di wahana bermain ini terdapat kolam mandi bola yang besar. Mama bisa berada di sana bersama anak sambil mengajarkannya mengenal warna dan menghitung bola-bola.

Selain itu, di sana ada pula tempat bernama Ennichi yang menyediakan berbagai permainan a la festival musim panas Jepang.

Melalui permainan tersebut Mama bisa menambah pengetahuan anak bahwa setiap negara memiliki ciri khas masing-masing.

Dalam menyelesaikan permainan di Ennichi, Mama bisa membangun bonding yang baik bersama Anak. Selain itu, jika Mama dan Anak berhasil memenangkan permainan, maka bisa mendapat hadiah istimewa lho. Sudah terbayang keseruannya bermain di sini kan, Ma? 

Adapun tempat belajar lain yang tersedia yakni KAWAII Photo Studio.

Di sini Mama dan Anak bisa berfoto menggunakan pakaian khas Jepang yakni Kimono. Melalui aktivitas ini, Mama bisa mengajarkan pada si Kecil bahwa bukan hanya Indonesia saja yang memiliki baju adat, tetapi juga beberapa negara lain seperti Jepang yang memiliki Kimono. 

Nah, setelah capek berkeliling dan bermain, Mama bisa ajak si Kecil untuk mengisi perut dan menambah energi dengan menyantap makanan khas Jepang di KAFEKKO.

Sambil menyantap hidangan lezat, tak lupa Mama bisa sambil memperkenalkan pada si Kecil kalau setiap negara memiliki makanan yang berbeda.

Contohnya, di Jepang ada sushi, bento, curry rice, dan udon. 

Ternyata banyak sekali ya yang bisa anak pelajari di Edakko. Anak mama akan pulang membawa banyak ilmu baru dan perasaan yang sangat bahagia.

3. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan demi keamanan bersama

3. Jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan demi keamanan bersama
Dok. Edokko

Walaupun wahana bermain telah di buka, bukan berarti virus corona telah hilang, Ma.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus Mama perhatikan saat mengajak anak ke wahana bermain. 

  1. Anak dalam kondisi sehat. Sebelum mengunjungi wahana bermain, Mama harus memastikan anak dalam kondisi yang sehat. tidak mengalami demam, batuk, dan pilek. 
  2. Selalu menggunakan masker. Selama bermain, ingatkan anak untuk tidak membuka maskernya sama sekali. 
  3. Tetap jaga jarak. Dalam wahana bermain tentu anak mama boleh bermain dengan semua anak-anak yang ada di sana. Namun, ingatkan padanya agar tidak terlalu berdekatan dengan orang lain. 
  4. Ingatkan anak untuk tak memegang mata, hidung, mulut. Pasti akan banyak sekali benda yang anak pegang ketika berada di wahana bermain. Maka dari itu, penting untuk Mama selalu ingatkan si Kecil agar tidak memegang mata, hidung, mulut saat bermain. 
  5. Setelah bermain, cuci tangan sampai bersih menggunakan sabun dan air mengalir. Saat anak telah selesai bermain, Mama dapat langsung mengajaknya ke wastafel untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Basuhlah tangan selama 40-60 detik. 

Itulah beberapa hal seru dan ilmu bermanfaat yang bisa anak mama dapatkan ketika mengunjungi wahana bermain.

Kini saatnya Mama menentukan waktu yang pas untuk mengajak anak bersenang-senang di wahana bermain.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk