13 Aplikasi Belajar Seru untuk Anak 4-8 Tahun

Yuk, isi handphone Mama dengan aplikasi yang aman dan bermanfaat untuk si Kecil!

23 Oktober 2021

13 Aplikasi Belajar Seru Anak 4-8 Tahun
Pexels/Andrea Piacquadio

Di zaman digital seperti ini, kita semua banyak beraktivitas menggunakan handphone. Orangtua jadi sulit menghindari menggunakan handphone di depan si Kecil.

Akibatnya, si Kecil jadi tertarik juga pada handphone Mama dan memainkannya. Jika tak diberikan, ia bisa rewel sampai keinginannya dituruti.

Padahal Mama enggan memberikannya karena takut anak membuka yang tidak seharusnya.

Nah, Mama bisa lho, gunakan keinginannya tersebut sebagai kesempatan untuk membuatnya belajar. Bagaimana caranya?

Sekarang, ada aplikasi-aplikasi yang bisa membantu si Kecil belajar dengan cara yang menyenangkan, Ma. Karena didesain khusus untuk anak, visual dan fitur-fiturnya dibuat sangat menarik untuk anak.

Tanpa sadar, si Kecil sudah mempelajari banyak hal.

Selesai bermain dengan handphone Mama, Kemampuan dan pengetahuan si Kecil jadi meningkat, deh.

Tapi aplikasi apa ya yang tepat buat si Kecil?

Untuk membantu Mama memilih aplikasi apa yang tepat digunakan si Kecil, Popmama.com telah merangkum 13 aplikasi belajar seru untuk anak 4-8 tahun.

Simak informasi di bawah ini yuk, Ma!

1. MarcoPolo Ocean

1. MarcoPolo Ocean
play.google.com

MarcoPolo Ocean merupakan aplikasi animasi yang berisi aktivitas membangun dan menjelajah dunia bawah air. Selain bermain, anak juga akan mendapatkan fakta keren tentang kehidupan bawah air, seperti fakta tentang hewan dan ekosistem laut.

Jangan kaget ya Ma, kalau setelah menggunakan aplikasi ini, si Kecil tiba-tiba datang pada Mama dan berkata, “Mama tahu nggak kalau __?”

Aplikasi ini didesain untuk memacu kreativitas dan rasa ingin tahu anak-anak. Visualnya menarik untuk anak-anak dengan animasi yang lucu dan penuh warna. Cocok untuk usia 3-7 tahun.

Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

2. Barefoot World Atlas

2. Barefoot World Atlas
apps.apple.com

Sekarang belajar tentang geografi dan budaya kata bagi anak balita tidak sulit lagi, Ma. Si Kecil bisa menjelajahi negara, landmark, dan fakta-fakta sejarah di dunia lewat permainan dan kuis-kuis menarik dalam aplikasi ini.

Menariknya lagi, ketika si Kecil bingung mau menjelajahi negara apa, ia bisa menggoyangkan gadgetnya saja. Lalu, aplikasi Barefoot World Atlas ini akan memberikannya tujuan penjelajahan “kejutan”.

Aplikasi belajar ini cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas dan hanya bisa diunduh di Apple App Store.

3. Seek by iNaturalist

3. Seek by iNaturalist
inaturalist.org

Apakah anak mama pernah penasaran ketika melihat kupu-kupu dengan warna sayap yang berbeda? Atau dengan nama pohon yang daunnya berbentuk unik seperti memiliki jari-jari?

Jika si Kecil suka bereksplorasi tentang hewan dan tumbuhan, aplikasi Seek by iNaturalist akan cocok untuknya.

Ia cukup memotret hewan atau tumbuhan yang sedang ingin ia ketahui menggunakan aplikasi ini. Lalu, ia akan mendapatkan jawaban beserta penjelasannya.

Hasil potretnya pun akan tersimpan ke galeri fotonya, tidak menghilang begitu saja saat aplikasi ini ditutup. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan tantangan keluarga tentang alam yang akan memberinya lencana jika berhasil diselesaikan.

Aplikasi ini cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas. Bisa diunduh gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

4. ScratchJr

4. ScratchJr
play.google.com

Sekarang, anak SD sudah mendapat pelajaran coding. Sangat mungkin juga lho, untuk anak balita mempelajarinya. Salah satunya menggunakan aplikasi ScratchJr.

Aplikasi ini dikembangkan oleh MIT Media Lab. Dengan aplikasi ini, si Kecil bisa memprogram serta membuat kode untuk cerita dan permainan interaktifnya sendiri.

Aplikasi ini didesain untuk memacu anak berpikir kritis, inovatif, dan kreatif.

Cocok untuk anak usia 5-7 tahun.

Mama bisa mengunduhnya gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

5. Mazaam – The Musical Genius

5. Mazaam – The Musical Genius
play.google.com

Mazaam – The Musical Genius cocok untuk si Kecil yang tertarik dengan musik. Ia bisa belajar tentang nada, tempo, dan harmoni sejak dini dengan menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki 15 permainan dalam 5 “dunia” binatang dan menyajikan lebih dari 140 karya musik. Contohnya, di “Dunia Elang”, si Kecil bisa memberi makan burung yang lapar sambil mendengarkan musik klasik dan mengenal alat musik gesek dan tiup.

Ini adalah aplikasi yang menantang, tapi menarik untuk anak-anak. Visualnya pun lucu.

Cocok untuk anak usia 4-6 tahun.

Mama bisa mengunduhnya gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

Editors' Picks

6. Kahoot! DragonBox Numbers

6. Kahoot DragonBox Numbers
amazon.com

Kahoot! Dragonbox Numbers merupakan aplikasi yang cocok untuk si Kecil belajar matematika dengan menyenangkan. Aplikasi ini akan mengembangkan “indera angka” si Kecil bersama karakter monster lucu yang disebut Nooms.

Si Kecil bisa bermain-main dengan Nooms. Ia bisa membuat Noom yang mewakili angka 3 menelan Noom yang mewakili angka 1 untuk menjadikannya Noom angka 4.

Ia juga bisa memotong Noom angka 2 menjadi 2 bagian agar mendapatkan sepasang Noom angka 1. Ini cara yang seru untuk anak balita belajar matematika.

Aplikasi ini didesain untuk memacu anak berpikir kritis dan kreatif.

Cocok untuk anak usia 4-8 tahun.

Mama bisa mengunduhnya di Google Play Store dengan harga Rp109.000 dan Apple App Store.

7. Khan Academy Kids

7. Khan Academy Kids
Twitter.com/khanacademykids

Khan Academy Kids memiliki katalog besar di dalamnya. Ada berbagai buku interaktif, mata pelajaran yang dikemas dengan menarik, video yoga, artikel tentang alam, dan masih banyak lagi. Ada halaman mewarnai juga lho untuk si Kecil yang lagi suka mengeksplorasi warna.

Kontennya sudah semakin diperluas lho, Ma. Jadi, aplikasi ini juga bisa membantu membangun keterampilan si Kecil di kelas dan sosial.

Dengan konten yang beragam dan 5 pemandu yang menarik, aplikasi ini cocok digunakan oleh anak usia 2-8 tahun. Mama bisa mengunduhnya gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

8. Hopster

8. Hopster
Facebook.com/Hopster

Ketika membuka aplikasi Hopster, si Kecil akan menemukan berbagai fitur seru. Ada kartun, buku, lagu, dan permainan yang menyenangkan untuk dijelajahi anak.

Aplikasi ini menggunakan latar pulau tropis yang penuh warna dan lucu sehingga semakin menarik. Cocok untuk anak usia 1-4 tahun.

Aplikasi TV dan permainan belajar yang menyenangkan ini bisa diunduh gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

9. Writing Wizard

9. Writing Wizard
play.google.com

Apakah sudah saatnya si Kecil belajar menulis? Mama bisa menggunakan aplikasi Writing Wizard untuk pengalaman belajar menulis yang menyenangkan, Ma.

Dengan aplikasi ini, si Kecil bisa belajar menulis huruf besar dan huruf kecil. Efek suara, stiker, dan desain pelangi di dalamnya akan membuat proses belajar si Kecil menjadi menyenangkan.

Aplikasi ini cocok digunakan oleh anak usia 3-7 tahun. Mama bisa mengunduhnya di Google Play Store dan Apple App Store.

10. Epic – Kids’ Books & Educational Reading Library

10. Epic – Kids’ Books & Educational Reading Library
apps.apple.com

Buku adalah jendela dunia. Oleh karena itu, anak perlu dibiasakan membaca sejak kecil. Setuju, Ma?

Aplikasi Epic – Kids’ Books & Reading ini cocok untuk tujuan tersebut. Di dalamnya ada lebih dari 40.000 buku, video, dan buku audio menarik yang dikategorikan berdasarkan minat dan tingkat membaca.

Jadi, aplikasi ini tidak hanya untuk anak-anak yang suka buku saja. Dimulai dari menonton video, bisa saja si Kecil jadi tertarik untuk mencoba membaca buku yang tersedia di dalamnya.

Aplikasi yang ramah dan sangat memotivasi ini cocok untuk anak usia 2-12 tahun. Mama bisa mengunduhnya gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

11. Teach Your Monster to Read

11. Teach Your Monster to Read
apps.apple.com

Dengan karakter monster warna-warni lucu yang bisa si Kecil desain sendiri, ia akan diperkenalkan pada suara dan kata-kata pendek dalam aplikasi ini.

Aplikasi ini juga dapat meninjau apa yang sudah si Kecil pelajari. Lalu, mengembangkan pelajarannya di tiap sesi.

Anak mama bisa belajar membaca sambil bermain dengan aplikasi ini. Proses belajarnya jadi seru dan menyenangkan.

Aplikasi Teach Your Monster to Read cocok digunakan oleh anak usia 4 tahun ke atas. Mama bisa mengunduhnya di Google Play Store dengan harga Rp75.000 dan Apple App Store.

12. Montessori Crosswords

12. Montessori Crosswords
apps.apple.com

Aplikasi Montessori Crosswords bagus untuk anak mama belajar membentuk kata, membaca, menulis, dan mengeja. Dimulai dengan kata tiga huruf, maju sampai 4 level, dan akhirnya si Kecil akan bermain dengan teka-teki silang multi-kata dalam ribuan kombinasi yang berbeda.

Belajar dengan cara ini akan lebih seru daripada memintanya menuliskan kata-kata. Di dalam aplikasi ini juga ada audio sehingga si Kecil bisa lebih betah belajarnya.

Aplikasi ini cocok untuk anak usia 3-7 tahun. Mama bisa mengunduhnya di Google Play Store dengan harga Rp49.000 dan Apple App Store.

13. Busy Shapes & Colors

13. Busy Shapes & Colors
play.google.com

Mama ingin mengenalkan bentuk dan warna pada si Kecil? Coba gunakan aplikasi Busy Shapes & Colors, Ma.

Dengan aplikasi ini, anak mama akan diajak bermain dengan berbagai bentuk dan warna.

Ia juga akan didorong untuk berpikir kreatif agar ia bisa menyeret sebuah bentuk ke dalam lubang yang tepat.

Semakin meningkat levelnya, semakin menantang juga permainannya.

Walaupun begitu, anak mama akan lebih merasa penasaran dan menjadi gigih dalam menyelesaikannya daripada frustrasi.

Aplikasi ini cocok digunakan oleh anak usia 18 bulan-4 tahun lho, Ma.

Mama bisa mengunduhnya gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

Itulah 13 aplikasi belajar seru untuk anak 4-8 tahun, Ma.

Aplikasi-apliksi di atas sangat aman digunakan anak balita. Namun, ada baiknya tetap dampingi si Kecil ketika menggunakannya ya, Ma. Selain mengawasinya selama menggunakan handphone Mama, Mama juga bisa membantunya ketika ia tidak paham aturan mainnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.