Hebat! Jan Ethes, Cucu Presiden Jokowi Juara Satu Taekwondo di Solo

Jan Ethes menang di pertandingan taekwondo pertamanya dengan sabuk putih

15 November 2021

Hebat Jan Ethes, Cucu Presiden Jokowi Juara Satu Taekwondo Solo
Instagram.com/gibran_rakabuming

Cucu pertama Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Srinarendra (5), memenangkan pertandingan taekwondo di Solo. Ia mendapat juara satu pada pertandingan bela diri yang diadakan oleh Sekolah Taekwondo Sanggar Kartika Buana (SKB).

Pertandingan itu digelar pada Minggu, 14 November 2021 lalu di Hall Terminal Tirtonadi, Solo, dalam ajang “SKB SOLO SENSATION 2021” dan diikuti oleh 248 peserta dari dalam dan luar Kota Solo. Dari banyaknya peserta, Jan Ethes berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir 25-10.

Momen membanggakan cucu dari orang nomor satu di Indonesia tersebut diabadikan dan dibagikan oleh sang Papa, Gibran Rakabuming Raka, lewat Twitter pribadinya @gibran_tweet.

Bagaimana kisahnya? Apa kata orangtua Jan Ethes?

Lebih lanjut, simak berita mengenai Jan Ethes cucu Presiden Jokowi juara satu taekwondo di Solo yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini.

Editors' Picks

1. Jan Ethes melawan dengan agresif

1. Jan Ethes melawan agresif
Twitter.com/gibran_tweet

Minggu (14/11/2021) lalu, Jan Ethes mengikuti pertandingan taekwondo yang digelar oleh Sekolah Taekwondo Sanggar Kartika Buana di Hall Terminal Tirtonadi, Solo. Momen ini diabadikan dalam bentuk video oleh Gibran dan dibagikan lewat Twitter pribadinya.

Dalam video tersebut, Jan Ethes terlihat menghadapi pesaingnya dengan agresif. Ketika itu, ia bertanding dengan seorang anak bernama Ignatius Jason.

Dari awal pertandingan dimulai, Jan Ethes dan pesaingnya langsung melancarkan serangan dengan sengit. Namun, Jan Ethes berhasil merobohkan lawan 3 kali.

Jan Ethes yang ketika itu mengenakan pelindung kepala dan badan berwarna merah sempat tak berhasil merobohkan lawan ketika melepaskan tendangan dan pukulan sekaligus. Namun, lawan berhasil dirobohkan di percobaannya yang kedua.

Tendangan front kick-nya atau yang disebut Ap Chagi dalam dunia taekwondo juga berhasil merobohkan lawan. Jan Ethes akhirnya menang dengan skor 25-10.

Ia menjadi juara satu untuk kelas Kyorugi pemula. Atas kemenangannya itu, Jan Ethes menerima medali serta piagam kemenangan.

2. Gibran dan Selvi menyemangati Jan Ethes selama pertandingan

2. Gibran Selvi menyemangati Jan Ethes selama pertandingan
Twitter.com/gibran_tweet

Dalam video yang dibagikan Gibran, tampak Gibran hadir di tempat pertandingan bersama sang istri, Selvi Ananda. Mereka berdua menyemangati sang putra di luar area pertandingan.

Gibran sendiri terlihat memberi arahan pada Jan Ethes dengan penuh semangat. Sementara Selvi memberi semangat dengan tos tinju di pinggir area pertandingan.

3. Apa kata Gibran dan Selvi?

3. Apa kata Gibran Selvi
Instagram.com/gibran_rakabuming

Gibran dan Selvi mengaku bangga pada putranya, Jan Ethes. Rasa bangga mereka tersalurkan lewat unggahan video pertandingan sang putra di Twitter pribadi Gibran.

“Lumayan…,” tulis Gibran pada unggahan tersebut.

Di unggahan yang berbeda di Twitter pribadinya, Gibran juga menyampaikan rasa syukurnya atas kemenangan Jan Ethes.

“Pertandingan taekwondo untuk kelas kyorugi pemula dalam ajang ‘SKB SOLO SENSATION 2021’ diikuti oleh 248 peserta dari Kota Solo dan ada undangan tim dari luar Solo. Bersyukur Jan Ethes juara 1 kategori Super Prakadet Putra,” tulisnya.

Menurut penuturan Gibran, Jan Ethes baru 2 bulan berlatih taekwondo di dojo SKB. Walaupun begitu, sang putra berhasil meraih kemenangan di pertandingan taekwondo pertamanya dengan lawan yang telah memegang sabuk kuning.

“Ya menang lah, tapi masih baru, masih sabuk putih. Paling baru, baru banget. Baru pertama bertanding. Lawannya sabuk kuning,” tutur Gibran.

Pertandingan ini ternyata juga menjadi ajang untuk latihan mental bagi Jan Ethes. Hal ini disampaikan oleh Selvi.

“Lumayan lah menang. Buat latihan mental. Yang penting berani. Berani maju,” kata Selvi.

Begitulah rasa syukur kedua orangtua muda ini ketika mengetahui Jan Ethes menang juara satu turnamen takwondo di Solo. Selamat, semoga semakin ahli bela diri dan selalu sehat untuk Jan Ethes.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.