TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Mengajari Anak Menulis, Lakukan dengan Penuh Kesabaran

Perbanyak latihan, maka hasil yang maksimal akan segera didapatkan

29 Juli 2022

Cara Mengajari Anak Menulis, Lakukan Penuh Kesabaran
Pexels/Gustavofring

Sebelum masuk sekolah dasar, umumnya anak harus bisa membaca dan menulis. Menulis merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh semua orang. Sebelum memasuki dunia sekolah, mengajarkan anak menulis merupakan tugas dari orangtua di rumah.

Melatih anak menulis bukanlah hal yang mudah. Sebab dalam hal ini orangtua harus sabar dan telaten dalam mengajarkan anak. Tidak perlu terburu-buru, biarkan si kecil menikmati proses belajarnya.

Menulis tidak hanya menjadi kewajiban yang harus dimiliki setiap orang, namun menulis juga dapat menjadi penyalur emosi serta perantara saat seseorang tidak mampu mengucapkan kata-kata.

Untuk membantu mengajarkan anak, berikutPopmama.comberikan beberapa tips cara mengajari anak menulis yang bisa Mama praktikkan di rumah.

1. Latihan menggenggam alat tulis

1. Latihan menggenggam alat tulis
Pexels/katerinaholmes

Sebelum mulai belajar menulis, hal pertama yang perlu dipahami oleh anak, yaitu cara mengenggam alat tulis yang benar.

Perhatikan letak ibu jari dan telunjuk saat anak menggengam pensil. Setiap anak mungkin memiliki cara yang berbeda saat mengenggam pensil. Namun cara yang paling umum digunakan, yaitu ibu jari berada di bawah pensil, sedangkan telunjuk di bagian atas pensil.

Jika sudah berhasil mengenggam dengan benar, terus ajak si kecil untuk latihan mengenggam hingga ia mulai terbiasa.

2. Kenalkan huruf pada anak menggunakan metode dot to dot

2. Kenalkan huruf anak menggunakan metode dot to dot
Pexels/karolinagrabowska

Metode dot to dot, merupakan metode belajar sambil bermain, yang dilakukan dengan cara menghubungkan titik demi titik untuk membentuk gambar yang sempurna.

Metode ini bisa Mama gunakan untuk melatih kemampuan menulis anak. Buku dot to dot banyak tersedia di toko buku, atau mama dapat membuatnya sendiri di rumah.

Pilihlah buku dot to dot berbentuk alfabet, lalu mintalah si kecil untuk melengkapi garis putus putus yang terdapat pada gambar. 

3. Lakukan teknik menjiplak

3. Lakukan teknik menjiplak
Pexels/cottonbro

Sebagai permulaan, Mama dapat menggunakan teknik menjiplak untuk tahap perkenalan. Teknik ini dapat melatih kemampuan dasar anak dalam membentuk huruf, serta mengingat bentuk-bentuk huruf alfabet.

Mama dapat menggunakan kertas kalkir atau yang lainnya sebagai alat bantu. Gunakan buku huruf yang agak besar, supaya si kecil mudah dalam menjiplak huruf-huruf tersebut.

Editors' Picks

4. Ajarkan menulis huruf

4. Ajarkan menulis huruf
Pexels/Gustavofring

Jika anak sudah mampu menjiplak huruf, selanjutnya lakukan proses penulisan. Langkah pertama yang dapat Mama lakukan, yakni mengajarkan si kecil menulis huruf demi huruf.

Ajarkan anak menulis huruf A-Z. Lakukan secara bertahap, dimulai dari huruf A. Lakukan secara berulang-ulang hingga si kecil dapat menulis dengan sempurna. Jika tulisannya sudah cukup baik, lanjutkan ke huruf selanjutnya.

Menulis huruf demi huruf, bertujuan agar si kecil memahami dengan benar bagaimana bentuk tiap huruf. Sehingga ia tidak akan salah lagi menuliskan huruf saat ia sudah mulai menuliskan kata.

5. Gunakan buku tulis bergaris

5. Gunakan buku tulis bergaris
Pexels/katerinaholmes

Setelah si kecil mampu menuliskan huruf dari A-Z dengan benar, langkah selanjutnya yaitu menentukan objek penulisan. Sebagai permulaan, Mama bisa menggunakan buku tulis bergaris terbal untuk si kecil menulis.

Mintalah si kecil untuk membuat huruf sebesar garis (di tengah-tengah antara garis atas dan bawah). Pastikan tulisan si kecil tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Jika dirasa tulisan si kecil sudah cukup baik, Mama bisa mengganti buku tulis bergaris tebal dengan buku tulis bergaris kecil (garis tiga). Tujuannya untuk melatih si kecil membuat tulisan-tulisan kecil, dimana sebelumnya ia membuat tulisan yang besar.

6. Latihan menulis suku kata

6. Latihan menulis suku kata
Pexels/monstera

Setelah mampu menulis di buku tulis garis besar maupupun garis kecil, tahap selanjutnya adalah menuliskan suku kata. Selain melatih kemampuan menulis pada si kecil, menulis suku kata juga dapat melatih kemampuannya dalam mengeja kata.

Mulailah dengan membuat dua huruf yang dimulai dari B. Misalnya, Ba, Bi, Bu, Be, Bo. Kemudian dilanjut hingga huruf Z.

7. Kenalkan anak alat menulis selain pensil

7. Kenalkan anak alat menulis selain pensil
Pexels/antonishkraba

Agar proses belajar menulis jadi lebih menyenangkan, Mama bisa mengenalkan si kecil pada alat tulis lain selain pensil.

Hal ini juga bermanfaat bagi ia kedepannya, karena saat di sekolah si kecil tidak hanya menulis menggunakan pensil saja.

Kenalkan padanya alat tulis lain seperti pulpen, spidol, ataupun kapur. Mintalah anak untuk mencoba alat-alat tulis tersebut satu persatu. Mencoba berbagai alat tulis bermanfaat supaya si kecil dapat menulis dengan rapih apapun alatnya. 

8. Mintalah anak untuk menuliskan nama-nama benda yang ada di sekitarnya

8. Mintalah anak menuliskan nama-nama benda ada sekitarnya
Pexels/sunvanihoang

Jika si kecil sudah mahir dalam menulis, selanjutnya uji kemampuannya dengan memintanya menuliskan nama-nama benda yang ada di sekitar. Biarkan ia menulis sesuai dengan kemampuannya, walaupun belum rapih.

Jika si kecil berhasil menuliskan nama-nama benda tersebut, maka anak sudah dapat dikatakan berhasil dalam menulis. Walau sudah mahir anak tetap harus banyak latihan, supaya tulisannya bisa semakin bagus dan rapih.

9. Menuliskan kembali cerita yang ada pada buku cerita

9. Menuliskan kembali cerita ada buku cerita
Pexels/martawave

Jika semua tahap sudah berhasil dilewati, Mama bisa menguji kemampuannya lagi dengan tahap yang lebih tinggi.

Jika sebelumnya ia hanya menuliskan satu dua kata, kini ia harus belajar untuk menulis sebuah kalimat panjang.

Mama dapat meminta si kecil untuk menulis kembali cerita yang ada pada buku cerita. Berikan pengertian padanya untuk menulis dengan sabar dan tidak terburu-buru. Supaya lebih menantang, Mama juga dapat memberikan batasan waktu kepadanya.

Nah, itu dia Ma beberapa tips cara mengajari anak menulis yang bisa Mama praktikkan di rumah. Yuk, Ma praktikkan beberapa tips di atas agar anak mampu menulis dengan baik saat memasuki dunia sekolah nanti.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk