5 Ide Ulang Tahun Seru si Kecil saat Karantina #dirumahaja

Virus Corona tak bisa menghentikan kegembiraan ulang tahun si Kecil

31 Maret 2020

5 Ide Ulang Tahun Seru si Kecil saat Karantina dirumahaja
Freepik

Masa karantina di rumah karena virus Corona masih diperpanjang. Akibatnya, anak-anak maupun orangtua makin lama berada di rumah dan tak bisa ke mana-mana. 

Salah satu efek dari karantina yang terasa betul adalah saat salah satu anggota keluarga berulang tahun. Apalagi anak-anak, di mana ulang tahun mereka biasanya diisi dengan kemeriahaan dan kedatangan teman sepermainannya. 

Bukan berarti ulang tahun saat masa karantina untuk menekan angka penyebaran virus Corona harus berjalan biasa saja. Ada banyak cara seru yang bisa dilakukan untuk mengadakan ulang tahun di rumah, berikut Popmama.com rangkumkan untuk Mama. 

1. Pesta ultah bertema kemping dalam ruang

1. Pesta ultah bertema kemping dalam ruang
teepeesandtassels.co.za

Siapa bilang di dalam ruangan tidak bisa melakukan hal yang seru? Mama bisa membuat pesta kemping di dalam ruangan. 

Jika punya tenda, maka tinggal menambahkan dekorasi bertema ulang tahun. Mama bisa mengajak adik atau kakaknya untuk membuat dekorasi yang mereka sukai. 

Sedangkan jika tak punya tenda, bisa dibuat dengan mengikatkan ujung-ujung seprai ke kursi sekitar. Tenda nyaman pun jadi. 

Anak-anak takkan melihat bentuknya, namun yang diingatnya adalah bagaimana keseruan yang dialaminya di hari ulang tahunnya. Iapun akan lupa bahwa ulang tahun kali ini tak bisa diadakan di luar rumah bersama teman-teman favoritnya.

Editors' Picks

2. Mencari hadiah ulang tahun ala bajak laut

2. Mencari hadiah ulang tahun ala bajak laut
thespruce.com

Mama ingin membuat pesta ulang tahun yang berkesan meski hanya ada di dalam rumah? Buatlah peta harta karun.

Untuk hasil yang maksimal, Mama bisa membuat dekorasi pendukung menggunakan bahan-bahan yang ada di dalam rumah. 

Sehari sebelum, siapkan titik mana saja yang akan jadi petunjuk. Kemudian atur rumah sedemikian rupa agar terlihat mirip dengan petunjuk di peta dan biarkan ia menjadi bajak laut yang mencari harta karun. 

Mama bisa membeli hadiah ulang tahunnya via e-commerce agar tak perlu keluar rumah. Namun pastikan untuk membelinya beberapa hari sebelumnya, ya!

3. Membuat kue ulang tahun bersama

3. Membuat kue ulang tahun bersama
Freepik/prostooleh

Ide lainnya adalah dengan menghabiskan sebagian hari ulang tahun si Kecil dengan melakukan eksperimen di dapur. Mama bisa mengajak anak-anak membuat kue bersama. 

Dengan mengajaknya membuat dan mendekor kue, pasti rasa kue tersebut akan beda. Lagipula, mereka akan terus mengingat betapa menyenangkannya mendekor kue ulang tahun untuk diri mereka sendiri. 

4. Pesta ulang tahun secara online

4. Pesta ulang tahun secara online
Freepik

Sebelumnya, hubungi teman-teman si Kecil satu persatu. Tanya apakah mereka bisa diminta bantuan untuk melakukan video call bersama di waktu yang telah ditentukan. 

Mama bisa mengajak mereka untuk bernyanyi bersama untuk meningkatkan suasana ulang tahun meski masih dalam rangka karantina. 

Meski virtual, melihat teman-temannya di layar komputer atau laptop sudah cukup mengobati kerinduan si Kecil bermain bersama temannya.

5. Buat bioskop dadakan

5. Buat bioskop dadakan
momtastic.com

Mama punya proyektor? Maka dengan alat itu bisa membuat bioskop dadakan. 

Kalaupun tak punya, saat ini sudah banyak alat proyektor mini yang bisa ditempelkan ke ponsel. Menonton pun jadi lebih mudah. 

Mama bisa menyiapkan area yang cukup luas untuk menggelar karpet dan kasur. Siapkan banyak bantal, selimut dan camilan untuk acara nonton bioskop di rumah. 

Jangan lupa mengajak si Kecil untuk memilih tontonan favorit mereka, ya!

Itulah beberapa inspirasi yang bisa Mama siapkan untuk si Kecil yang berulang tahun di masa karantina ini. Semoga berhasil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.