5 Imbalan yang Bisa Diberikan pada Anak yang Suka Bantu Orangtua

Sebagai bentuk penghargaan untuk anak-anak

10 Juli 2019

5 Imbalan Bisa Diberikan Anak Suka Bantu Orangtua
Freepik/maria_sbytova

Memberikan imbalan pada anak setelah mereka melakukan pekerjaan rumah sering menimbulkan perdebatan. Namun, memberi imbalan pada mereka tidak selamanya buruk. 

Pada dasarnya, bukan tugas anak-anak untuk membersihkan rumah dan membereskan hal di dalamnya. Namun ada juga tugas yang sudah jadi keharusan mereka. Beberapa di antaranya seperti membereskan mainan, merapihkan tempat tidur, dan lainnya.

Jika Mama ingin mengajarkan bagaimana kerja keras dan hasil jerih payahnya, bisa saja meminta tolong beberapa pekerjaan rumah pada anak. Kemudian, bisa berikan imbalan yang sepadan dengan tugasnya. 

Dilansir dari Moms.com, berikut ada 5 jenis imbalan yang bisa jadi referensi untuk Mama:

1. Uang

1. Uang
Freepik/asier_relampagoestudio

Ini bisa dilakukan untuk anak yang sudah cukup besar. Setidaknya setelah 5 tahun. Mama bisa memberikan uang secara berkala jika mereka berhasil melakukan tugas-tugasnya.

Misal mereka telah rutin membantu Mama di dapur. Membantu Mama menyiapkan makan malam, bisa mengumpulkan pakaian kotor dari kamar, dan lainnya. 

Setelah berhasil melakukan tugas yang diminta selama seminggu atau 2 minggu, Mama boleh saja memberikan sejumlah uang padanya. Dengan begitu, mereka jadi belajar bahwa uang didapat dengan kerja keras, tidak dengan begitu saja. 

2. Screen time

2. Screen time
mommyish.com

Salah satu hal yang pasti akan diterima dengan bahagia oleh anak adalah diperbolehkan memegang gadget. Jika mereka berhasil menyelesaikan pekerjaan rumah dari sekolahnya lebih cepat, tak masalah memberi mereka imbalan. 

Dengan begitu, anak bisa menghargai waktu. Semakin cepat ia bisa menyelesaikan PR, semakin cepat ia bisa dapat screen time. Juga, mengajarkan anak untuk bekerja keras mendapatkan apa yang ia inginkan.

Editors' Picks

3. Bermain ke playground

3. Bermain ke playground
Freepik/Pressfoto

Bagi anak balita, mungkin uang belum terlalu berarti. Akan lebih senang jika mereka diberi imbalan bermain di playground. 

Karena, anak dari umur 2 tahun sudah bisa diberikan tugas untuk membantu Mama, lho. Memang baiknya tidak langsung memberikan imbalan.

Oleh karena itu, imbalan main ke playground jadi hal yang tepat karena tentu diperlukan perencanaan yang matang untuk berangkat ke playground, kan?

4. Camilan manis

4. Camilan manis
Pixabay/rkarkowski

Satu jenis makanan yang takkan ditolak anak-anak adalah camilan manis. Jika Mama tidak mudah memberikan camilan manis pada anak, maka ini bisa jadi imbalan ampuh. 

Terutama bagi balita yang sedang sulit makan, iming-iming imbalan camilan manis tentu bisa memudahkan mulut mereka untuk membuka. 

Beritahu dari awal bahwa jika ingin bisa makan camilan manis, si Kecil harus menghabiskan makanan di piringnya dahulu. Dengan perjanjian di awal, semua bisa lebih mudah diatur. 

5. Permintaan apa saja

5. Permintaan apa saja
freepik

Ini bisa diberikan untuk tugas yang agak panjang. Misal bisa rutin menggantung handuk di tempatnya dan menaruh baju kotor di tempatnya. 

Atau, berhasil menghabiskan makanan tanpa diminta, membereskan kasur tanpa diminta, dan membereskan mainan tanpa dipaksa. Hal ini tentu harus diberi penghargaan. 

Salah satu imbalan unik yang bisa dilakukan adalah menjadi seperti jinnya Aladdin. Mama bisa memberikan 2 atau 3 tiket yang memperbolehkan si Kecil meminta apa saja (tentu dengan kondisi yang disesuaikan) kepada Mama dan Papa. 

Jika permintaanya terlalu sulit, tak apa kok untuk mengarahkannya agar lebih mudah dan lebih sederhana diwujudkan. 

Segelintir cara ini bisa membuat anak-anak bisa lebih sadar dengan tugasnya di rumah. Juga, mengajarkan mereka bahwa setiap kerja keras akan menghasilkan buah yang manis. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;