Mainan yang Bisa Dibawa untuk Pengganti Screen Time Anak

Sesi makan tak perlu pakai Youtube lagi, Ma

10 Oktober 2019

Mainan Bisa Dibawa Pengganti Screen Time Anak
btimes.com.au/

Dengan perkembangan zaman yang makin pesat, tak mungkin si Kecil bisa bebas dari paparan gadget.  

Bahkan menurut American Academy of Pediatric (AAP), gadget bisa mendukung tumbuh kembang anak. Dengan pemberian aplikasi yang tepat, gadget bisa merangsang keterampilan motorik, melatih cara berpikir, dan membuat mereka berpikir kreatif.

Namun pemberian gadget yang berlebihan tentu memiliki efek samping. Mulai dari tidak bisa mengontrol emosi, sampai mengganggu perkembangan otak serta tubuhnya. 

Untuk itu, penggunaan gadget harus sesuai dengan aturannya. Tidak boleh terlalu sering dan tidak boleh sebagai alat untuk 'memaksa' mereka tenang saat sedang rewel atau tantrum. 

Bagi Mama yang merasa sudah terlalu banyak memberikan gadget untuk anak, ada baiknya mengurangi hal tersebut. Bagaimana caranya? Beri alternatif mainan untuk menghilangkan kebiasaan main gadget.

Popmama.com telah merangkum beberapa mainan sebagai pengganti screen time anak.

1. Puzzle melatih anak berkonsentrasi

1. Puzzle melatih anak berkonsentrasi
www.orchardtoys.com

Tak pernah salah membawa puzzle sebagai penolong untuk membebaskan anak dari gadget. Mainan yang satu ini selalu menarik perhatian hampir setiap anak. 

Mereka akan langsung penasaran saat mendapati ada potongan puzzle yang belum terpasang dengan benar. Apalagi jika gambar puzzle tersebut adalah hal yang mereka suka seperti tokoh kartun favorit, atau hewan kesukaan. 

Memberikan puzzle bisa melatih mereka berkonsentrasi, mengasah kemampuan berpikir, dan bonusnya, bebas dari gadget. Mama bisa membawakan puzzle yang tidak terlalu besar agar tak repot saat menyusunnya. 

2. LEGO sangat cocok untuk koordinasi tangan dan mata

2. LEGO sangat cocok koordinasi tangan mata
Pixabay.com/StockSnap

Alternatif selanjutnya adalah LEGO. Ini bisa diberikan pada anak yang sudah lebih besar karena LEGO membutuhkan koordinasi tangan dan mata yang baik, apalagi saat memainkan mini LEGO.

Jika si Kecil sudah 3 tahun ke atas, Mama bisa membawakan LEGO sebagai alternatif pengganti gadget. Ada beberapa mini LEGO yang bisa dibuat dalam waktu cukup singkat. 

Hindari membawa LEGO built yang terlalu rumit karena akan merepotkan. Dengan memberikan mainan ini, Mama bisa membuat mereka duduk tenang tanpa harus diberikan gadget terlebih dahulu. 

Editors' Picks

3. Alat menggambar dan mewarnai bikin anak makin kreatif

3. Alat menggambar mewarnai bikin anak makin kreatif
Pexels.com/rawpixel

Si Kecil senang mewarnai atau sedang senang menulis? Bawakan buku kecil dengan alat tulis atau alat mewarnai dan mereka akan sangat senang.

Buku kecil dan alat tulis selalu berguna untuk penolong saat anak-anak sedang tak bisa tenang. Mereka bisa dengan senang hati duduk tenang dan sibuk mewarnai di kertas.

Jika si Kecil sedang belajar menulis, cukup bawakan buku kecil dan alat tulis sudah cukup. Namun jika si Kecil masih senang mewarnai, bawalah buku bergambar beserta dengan beberapa alat mewarnai.

Bahkan saat ini sudah tersedia alas makan dari silikon dengan gambar yang bisa diwarnai. Jika sudah selesai mewarnai, alas makan tersebut bisa dihapus dengan menggunakan tisu basah. Super praktis!

4. Activity book

4. Activity book
Littlettravels.blog

Penolong lainnya adalah membawa activity book atau busy book. Buku ini bukanlah buku biasa karena di dalamnya tersedia macam-macam hal yang bisa dilakukan si Kecil. 

Mereka tak hanya bisa membaca buku tersebut, tapi juga bisa menggambar, belajar menghitung, bermain stiker, dan lainnya. Untuk busy book yang lebih seru, bahkan ada yang bisa membuka tutup kancing, membuka tutup resleting, dan banyak lagi. 

Sudah mudah untuk menemukan tempat membeli activity book dan busy book. Mama tinggal pilih yang sesuai kebutuhan si Kecil dan mereka pun akan lupa waktu bermain dengan buku tersebut. 

5. Busy bag

5. Busy bag
thismamareviews.com

Yang terakhir adalah busy bag atau kantong permainan. Di tas atau kantong ini, Mama bisa memasukkan apa saja. Mulai dari mainan kesukaan mereka, sampai pompom warna warni beserta pinset dan mangkuknya.

Tak ada batasan memasukkan apa ke dalam busy bag. Sesuaikan dengan kesukaan anak agar mereka bisa memainkannya lebih lama. Kalau perlu, ajak si Kecil memilih mau memasukkan mainan apa saja ke dalam busy bag tersebut. 

Untuk ide busy bag, Mama bisa mencari tahu dari Pinterest karena di sana tersedia banyak sekali ide. Tak hanya itu, untuk Mama yang ingin membuat busy bag, tersedia juga langkah-langkah yang bisa diikuti. 

Pada dasarnya, setiap anak senang bermain. Tinggal bagaimana Mama memberikan mainan yang tepat untuk mereka. Tak hanya saat pergi, mainan ini juga bisa diberikan kapan saja ya, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!