5 Trik agar Anak Tidak Terlambat ke Sekolah

Beberapa langkah manjur ini bisa memudahkan pagi Mama

23 September 2019

5 Trik agar Anak Tidak Terlambat ke Sekolah
Freepik/Anchaleeyates

Hari-hari sekolah akan selalu dipenuhi dengan kesibukan. Rasanya waktu tak pernah cukup untuk mempersiapkan anak sekolah.

Saking repotnya, tak jarang juga anak jadi terlambat sekolah. Kalau sudah begitu, Mama akan menjadi stress dan sisa hari yang dijalani jadi berantakan. 

Sebenarnya, hanya dengan beberapa cara mudah, Mama bisa menyiasati waktu di pagi hari agar si Kecil tidak terlambat masuk sekolah. Seperti yang disusun oleh Popmama.com, inilah tips dan trik agar anak tidak terlambat sekolah:

1. Tidur lebih cepat dan nyalakan alarm lebih pagi

1. Tidur lebih cepat nyalakan alarm lebih pagi
Freepik/Jcomp

Jika Mama selalu tidur terlalu larut, tentu pagi hari terasa masih mengantuk. Inilah yang membuat Mama jadi kurang fokus menyiapkan segala hal untuk keluarga. 

Sekali-kali, cobalah tidur lebih cepat dan buatlah alarm lebih pagi dari biasanya. Selain tubuh jadi lebih segar, waktu yang tersedia juga jadi lebih banyak. 

Mama bisa menyiapkan segalanya dengan lebih fokus dan terstruktur. Tidak melulu terburu-buru dan berakhir banyak hal yang terlupa atau terlewat. 

2. Siapkan segalanya dari malam sebelumnya

2. Siapkan segala dari malam sebelumnya
theonlinemom.com

Ini harus dijadikan kebiasaan. Menyiapkan segala sesuatunya dari malam sebelumnya. Mungkin akan terasa membosankan bagi anak, tapi ini sangat berguna untuk pembentukan kebiasaan baik.

Pastikan si Kecil telah menyelesaikan tugasnya, memasukkan semua hal yang diperlukan di sekolah, dan seragamnya. Untuk Mama, pastikan untuk menyiapkan bahan sarapan pada malam hari agar paginya tidak terlalu repot. 

Siapkan juga aneka keperluan dukungan seperti bahan untuk bekal dan lainnya. Agak repot di malam hari, namun akan sangat menghemat waktu di pagi harinya.

Editors' Picks

3.  Bagi tugas di pagi hari

3.  Bagi tugas pagi hari
Freepik/Pharmkwan_sj

Jika kebetulan Mama dan Papa bisa berbagi tugas di pagi hari, maksimalkanlah hal tersebut. Berikan urutan kegiatan yang biasa dilakukan di pagi hari. Misal, menyiapkan sarapan, membangunkan si Kecil, mengajak ia mandi, dan lainnya. 

Dari situ, Mama dan Papa bisa berbagi tugas. Siapa melakukan apa. Dengan begitu, tidak semua hal dibebankan pada satu orang. Hal ini juga bisa membuat persiapan lebih cepat selesai. Sehingga si Kecil bisa berangkat ke sekolah lebih cepat dan bebas telat. 

4. Gunakan jemputan sekolah

4. Gunakan jemputan sekolah
zimbio.com

Jika selama ini masalah terlambat si Kecil adalah karena terlalu lama di jalan, mungkin Mama bisa coba menggunakan jasa jemputan sekolah. 

Biasanya jemputan sekolah akan menjemput lebih pagi dari biasanya. Tentu persiapannya akan lebih pagi juga. Namun jika anak bisa sampai ke sekolah dengan tepat waktu, kenapa tidak?

5. Berikan sarapan yang lezat

5. Berikan sarapan lezat
www.etapainfantil.com

Makanan yang disuka anak jadi kunci mereka bisa makan dengan cepat. Jika mereka cepat selesai makan, berarti bisa lebih cepat berangkat ke sekolah. 

Inilah salah satu kunci anti terlambat yang bisa Mama coba lakukan. Pilihlah menu yang memang mereka suka. Sehingga waktu makan bisa terpangkas dan mereka bisa kenyang tanpa harus dipaksa-paksa. 

Kerja sama yang baik antara orangtua dan anak bisa jadi kunci utama kegiatan pagi bisa berjalan dengan lancar.

Semakin baik persiapan yang dibuat, maka semakin cepat persiapan berangkat sekolah bisa selesai. Selamat mencoba ya, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!