TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Ikan Nila untuk Tumbuh Kembang Anak

Wah banyak sekali manfaatnya ya, Ma.

25 September 2022

7 Manfaat Ikan Nila Tumbuh Kembang Anak
Freepik/topntp26

Banyak sekali jenis ikan yang bisa Mama dapatkan di pasar, salah satunya adalah ikan nila. Selain mudah didapat tentu rasanya pun enak, Ma.

Mungkin banyak yang belum tahu kandungan apa saja yang ada pada ikan nila. Ikan nila merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Karena di dalam ikan nila terdapat vitamin B3, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium yang penting.

Selain itu, dilansir dari laman Healthline.com, ikan nila termasuk jenis ikan air tawar yang menjadi sumber protein potensial untuk kesehatan anak hingga orang dewasa.

Dalam 100 gram ikan nila mengandung 26 gram protein, 128 kalori, 3 gram lemak, dan 0 gram karbohidrat.

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan nila, tentu saja banyak juga manfaatnya bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Berikut Popmama.com rangkum 7 manfaat ikan nila untuk tumbuh kembang anak.

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Freepik/lifeforstock

Selain protein yang terkandung didalamnya yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh, ikan nila juga mengandung selenium yang berperan dalam meningkatkan fungsi kognitif dan kesuburan.

Penting sekali untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar anak terhidar dari infeksi akibat bakteri dan virus.

2. Menjaga Kesehatan Otak

2. Menjaga Kesehatan Otak
Freepik/jcomp
Ilustrasi

Ikan nila mengandung asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Seperti dalam penelitian Journal Nutrients, National Cancer Institute menyebutkan bahwa asam lemak omega 3 dan selenium dalam ikan nila mampu memperkuat sel untuk mencegah munculnya risiko penyakit pada otak yang bisa berbahaya di masa mendatang.

Selain itu, kandungan kalium juga nggak kalah penting untuk menjaga kesehatan otak anak agar dapat menyerap informasi dengan lebih baik lho, Ma.

Editors' Picks

3. Membantu Mencegah Kanker

3. Membantu Mencegah Kanker
Freepik/kjpargeter
Ilustrasi

Ternyata kandungan selenium dalam ikan nila juga bisa berperan sebagai antibodi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Manfaat ikan nila dari kandungan nutrisi ini bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan sel yang bisa menjadi pemicu kanker.

Seperti dilansir pada laman Medicalnewstoday.com, ikan nila disebut juga ikan tilapia yang rendah lemak dan sodium, serta tidak mengandung nitrat yang berpotensi menyebabkan kanker.

4. Sumber Protein

4. Sumber Protein
Freepik/topntp26

Protein yang terdapat dalam ikan nila akan dipecah dalam tubuh menjadi 9 asam amino esensial atau 9AAE. 9 asam amino esensial (9AAE) ini penting untuk mendukung potensi tumbuh kembang anak.

Selain itu, kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) ini harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin.

Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam masa pertumbuhan anak, 9 asam amino esensial (9AAE) berperan dalam banyak aspek, di antaranya dapat membangun dan memelihara jaringan tubuh, membantu meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf, membentuk antibodi, sebagai sumber energi, hingga bisa mengangkut zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Menambah nafsu makan anak

5. Menambah nafsu makan anak
Freepik/rawpixel.com

Ikan nila dapat menambah nafsu makan anak diolah dengan tepat. Ketahui selera yang disukai oleh anak. 

Jika anak mama lebih suka makanan kering maka ikan nila bisa digoreng hingga garing. Lalu jika anak suka makanan berkuah, Mama bisa olah dengan bumbu kuning berkuah yang tidak pedas.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

6. Menjaga Kesehatan Tulang
Freepik/brgfx

Dengan adanya kandungan kalsium pada ikan nila, ini dapat bermanfaat untuk proses pembekuan darah dan kesehatan otot dalam tubuh.

Selain itu kalsium juga sangat penting untuk pertumbuhan serta memperkuat tulang. Dengan memenuhi kebutuhan kalsium, anak bisa terhindar dari risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis di kemudian hari lho, Ma.

Itulah kenapa asupan kalsium penting dikonsumsi sejak dini dan ternyata juga bisa didapat dari olahan ikan nila.

7. Mengandung Asam Lemak yang Baik Untuk Tubuh

7. Mengandung Asam Lemak Baik Tubuh
Freepik/topntp26

Manfaat ikan nila yang satu ini bisa membantu tubuh untuk menjaga kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, serta imunitas tubuh anak.

Kandungan asam lemak pada ikan nila memang tidak sebanyak ikan salmon, namun Mama tidak perlu khawatir karena asam lemak ikan nila cukup untuk menambah nutrisi harian anak.

Nah itulah 7 manfaat ikna nila untuk tumbuh kembang anak. Apakah Mama semakin yakin untuk mengolah ikan nila untuk menu harian anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk