Anak Ringgo Agus dan Sabai Main Skateboard, Ini Manfaat Positifnya

Anak-anak yang bermain skateboard tidak hanya terlihat keren, melainkan memiliki beragam manfaat

24 Agustus 2020

Anak Ringgo Agus Sabai Main Skateboard, Ini Manfaat Positifnya
Instagram.com/ringgoagus

Bjorka Dieter Morscheck, putra pertama dari pasangan Ringgo Agus Rahman dan Sabai sedang senang bermain skateboard. Ada beberapa foto dari Bjorka yang diunggah oleh kedua orangnya ketika sedang memperlihatkan aksinya ketika sedang bermain papan seluncur. 

"Perjalanan Bjorka dalam memudahkan mencari jodoh masa depan nantinya, skill tambahan dalam ketangkasan selain skill speak-speak nantinya," tulis Ringgo dalam unggahannya di Instagram. 

Menurut Ringgo, skill ketangkasan saat bermain skateboard dapat menjadi sebuah kemampuan baru yang bisa dimiliki oleh anak seusia Bjorka. Mengingat bermain skateboard dapat meningkatkan perkembangan fisik dan mental anak. 

Jika ingin mengetahui beberapa manfaat lain ketika anak konsisten bermain skateboard, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Disimak yuk, Ma!

1. Meningkatkan ketahanan fisik anak 

1. Meningkatkan ketahanan fisik anak 
Instagram.com/ringgoagus

Ma, permainan skateboard yang dilakukan oleh anak-anak dapat memberikan banyak manfaat positif termasuk ketahanan fisik. 

Saat bermain skateboard, anak mama tidak hanya meluncur depan papannya saja. Si Kecil akan melatih dan meningkatkan ketahanan fisiknya.   

Semua bagian tubuh akan bergerak ketika anak-anak bermain skateboard. Mengingat salah satu olahraga aksi ini mengunakan lengan tangan untuk menyeimbangkan serta seringkali berpose memutar tubuh saat bermain skateboard.

Banyaknya pergerakan selama berada di atas papan seluncur membantu fisik anak semakin kuat. 

Editors' Picks

2. Memperkenalkan anak untuk tidak mudah menyerah ketika ingin mencapai sebuah tujuan 

2. Memperkenalkan anak tidak mudah menyerah ketika ingin mencapai sebuah tujuan 
Instagram.com/ringgoagus

Ketika anak dibiarkan untuk bermain skateboard, orangtua tidak perlu khawatir dan cobalah untuk membiarkannya bereksplorasi. 

Perlu diketahui bahwa permainan skateboard akan mengajarkan anak mama terhadap kedinamisan gerak yang variatif serta berpola. Ketika terus berlatih, maka si Kecil akan terbiasa terhadap sebuah tantangan baru terutama ketika sedang berusaha mengendalikan papan seluncurnya. 

Semakin terbiasa anak-anak terhadap tantangan membuat mereka terlatih untuk mencapai tujuan. Walau terjatuh saat bermain skateboard, itu bukan menjadi penghalang untuk kembali bangkit dan bermain lagi. 

Bermain skateboard akan membantu anak belajar tidak mudah menyerah ketika ingin mencapai tujuan tertentu. 

3. Menjaga keseimbangan dan melatih koordinasi anggota tubuh 

3. Menjaga keseimbangan melatih koordinasi anggota tubuh 
Instagram.com/ringgoagus

Bukan hanya bisa menciptakan waktu luang yang menyenangkan saja, namun anak-anak yang bermain skateboard dapat melatih koordinasi anggota tubuhnya. 

Ketika anak mama sedang berdiri di atas papan seluncur, dirinya akan berlatih untuk mengoordinasikan mata, lengan, tangan hingga bagian kaki. Anggota tubuh akan saling berkoordinasi satu sama lain, sehingga membantu si Kecil tidak terjatuh saat bermain skateboard. 

Saat bermain skateboard akan membantu anak melatih keseimbangan tubuhnya, terutama saat sedang berdiri dan meluncur menggunakan papan.

Pergelangan kaki juga akan dilatih untuk tetap fleksibel, begitu juga dengan tubuh anak yang diharuskan tetap lentur selama berseluncur.

4. Mampu membakar kalori di dalam tubuh

4. Mampu membakar kalori dalam tubuh
Instagram.com/sabaidieter

Saat anak bermain skateboard, maka perlahan-lahan akan membuat kalori dalam tubuhnya juga akan terbakar. Apalagi jika olahraga dengan beragam aksi ini dilakukan secara konsisten. 

Perlu Mama ketahui bahwa banyaknya kalori yang terbakar selama bermain skateboard tergantung terhadap berapa lama intensitas anak saat sedang berselancar. Menurut penelitian, satu jam bermain skateboard akan membakar sekitar 150-500 kalori.

Cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh ya, Ma.

5. Mengurangi dan menghilangkan stres 

5. Mengurangi menghilangkan stres 
Pixabay/Free-Photos

Anak-anak yang senang bermain skateboard tidak hanya meningkatkan metabolisme tubuhnya saja karena mampu menjaga keseimbangan kadar gula dan lemak dalam darah. 

Mama harus tahu kalau olahraga ini akan menurunkan risiko serta menghilangkan rasa stres yang dimiliki oleh anak. Hal ini dikarenakan permainan skateboard memberikan kebahagiaan tersendiri untuk anak. 

Saat bermain, pikiran anak akan mengarah untuk tetap menjaga keseimbangannya selama berada di papan seluncur. Tanpa disadari, kebiasaan positif ini mampu membuat si Kecil mengutamakan kebahagiaan selama bermain skateboard tanpa memikirkan perasaan negatif yang sedang dirasakannya. 

Nah, demikianlah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh anak ketika aktif bermain skateboard. 

Jika anak mama sama seperti Bjorka yang sedang senang melakukan olahraga ini, maka ada baiknya didukung karena ada beragam manfaat positif yang dapat dirasakan oleh si Kecil. 

Yuk Ma, dukung minat dan bakat anak-anak!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.