Kurangi Makan Gorengan! 5 Camilan Sehat ini Bisa Dikonsumsi Anak-Anak

Berikan segala asupan yang sehat untuk anak sedari kecil yuk, Ma!

2 Oktober 2019

Kurangi Makan Gorengan 5 Camilan Sehat ini Bisa Dikonsumsi Anak-Anak
Freepik/jat306

Menjaga kesehatan anak secara fisik dan psikologis tentu menjadi tanggung jawab orangtua. Bila menginginkan tubuh si Kecil terus sehat, maka Mama perlu sekali memerhatikan segala asupan makanan yang masih ke dalam tubuhnya. 

Selain makanan utama yang perlu diperhatikan kandungan gizi serta porsinya, camilan pun tak bisa disepelekan apalagi jika selalu mengonsumsi gorengan atau sesuatu yang masuk ke kategori makanan cepat saji. 

Menurut seorang ahli gizi bernama Lily Soutter, dirinya mengatakan bahwa setiap orang termasuk anak-anak yang ingin melakukan hidup sehat perlu melakukan 30 persen olahraga dan 70 persen bersumber dari asupan makanan. 

Nutrisi yang baik masuk ke dalam tubuh merupakan bagian penting dalam menjalani gaya hidup lebih sehat. Jika digabung dengan aktivitas fisik yang baik, maka asupan makanan bisa membantu untuk mempertahankan berat badan sehat, mengurangi risiko terkena penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Selain olahraga dan asupan makanan utama, demi meningkatkan hidup sehat ada baiknya tidak dilupakan yaitu camilan. Camilan boleh saja dikonsumsi anak-anak, namun perlu diperhatikan juga kandungan serta porsi asupannya.  

Jika Mama ingin mengurangi berbagai jenis makanan tak sehat, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa alternatif camilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak. 

Semoga ini bisa menjadi pertimbangan untuk selalu memberikan camilan sehat ya, Ma.

1. Buah-buahan memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh

1. Buah-buahan memiliki nutrisi baik tubuh
Freepik/Lifeforstock

Buah-buahan menjadi salah satu pilihan camilan sehat untuk si Kecil. Perlu diketahui bahwa serat yang ada ditemukan dalam buah berperan penting untuk kesehatan sistem pencernaan anak. 

Tak hanya itu, serat yang ada di dalam buah mampu melancarkan buang air besar terlebih untuk anak-anak sangat rentan mengalami sembelit sehingga membuat daya tubuhnya semakin menurun. 

Buah yang dikonsumsi secara rutin dapat memberikan nutrisi baik seperti vitamin, kalium, serat dan asam folat. Selain itu, buah juga rendah dalam lemak, sodium dan kalori serta tidak menumpuk kolestrol di dalam tubuh. 

Anak-anak yang mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan sehat tentu akan memberikan banyak manfaat positif seperti memperlancar pencernaan, menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Jenis buah sebagai camilan yang baik dikonsumsi oleh tubuh, antara lain: 

  • Mangga dapat membantu dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit, menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan mata.
  • Leci dapat membantu mencegah kanker, memperbaiki pencernaan dan menguatkan tulang anak-anak. 
  • Peach atau buah persik dapat memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kecantikan kulit.
  • Raspberry dapat mencegah degenerasi makula mata, membantu melawan kanker, memperkuat daya ingat serta mengobati diabetes.
  • Beri menjadi camilan sehat yang memiliki sifat antibakteri, mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat meredakan sakit kepala.

Baca juga: Konsumsi Setiap Hari, 7 Jus Buah Ini Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak

Editors' Picks

2. Kacang-kacangan menjadi camilan ideal dan mengenyangkan

2. Kacang-kacangan menjadi camilan ideal mengenyangkan
Freepik/Gdolgikh

Kacang-kacangan bisa menjadi salah satu sumber nutrisi alami sebagai salah satu camilan sehat. Sebagai camilan bergizi yang ideal ini, kacang-kacangan memberikan manfaat positif seperti mengurangi risiko penyakit jantung hingga membantu mencegah kanker. 

Perlu diketahui bahwa kacang memiliki kandungan lemak baik yang cukup tinggi, sehingga membuat camilan sehat ini mengenyangkan saat dikonsumsi. Bahkan mengonsumsi kacang dalam jumlah yang wajar dapat membantu menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. 

Kacang yang membantu perut lebih cepat kenyang, ada baiknya perlu dibatasi agar si Kecil pun mendapatkan berbagai nutrisi di dalam makanan utama. 

Baca juga: 

3. Keju menjadi sumber kalsium untuk anak 

3. Keju menjadi sumber kalsium anak 
Pexels/Tabitha Mort

Dilansir dari Livestrong, keju bisa menjadi sumber kalsium yang baik karena menyediakan banyak protein. Keju juga memiliki sejumlah vitamin dan mineral penting untuk tubuh, sehingga bisa menjadi salah satu camilan sehat. 

Selain rasanya yang gurih, keju olahan dari susu sapi segar menjadi sumber kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Penggunaan keju sebagai bahan olahan makanan juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan otak.

Keju mengandung zat yang disebut dengan CLA (Conjugated Linoleic Acid). Senyawa ini merupakan bentuk modifikasi dari asam lemak omega-3 dan asam linoleat yang bisa dijadikan sebagai nutrisi tambahan dalam menjaga kesehatan dan menunjang pertumbuhan anak-anak. 

Sebagai produk hasil fermentasi, keju juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di perut yang memiliki efek baik untuk kolesterol darah.

Baca juga: 5 Manfaat Konsumsi Keju untuk Proses Tumbuh Kembang Anak Balita

4. Dark chocolate membantu memperlancar aliran darah 

4. Dark chocolate membantu memperlancar aliran darah 
Unsplash/Monique Carrati

Dark chocolate atau coklat dengan lebih dari 70 persen kakao menjadi salah satu camilan yang baik untuk kesehatan si Kecil bila dikonsumsi sesuai porsinya.  

Dark chocolate memiliki tinggi serat, zat besi dan magnesium. Perlu Mama ketahui bahwa dark chocolate juga mengandung jumlah antioksidan yang lebih dibanding makanan lainnya, bahkan mengonsumsi dark chocolate dapat memperlancar aliran darah serta menurunkan tekanan darah.

Baca juga: 5 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Anak-Anak

5. Yogurt meningkatkan kelancaran sistem pencernaan 

5. Yogurt meningkatkan kelancaran sistem pencernaan 
Pixabay/Neupaddy

Yogurt bisa menjadi salah satu camilan yang sehat. Sebagai produk yang terbuat dari susu yang baik, maka yogurt sangat baik untuk kesehatan. 

Perlu diketahui bahwa yogurt yang terbuat dari susu segar mengandung protein dan kalsium yang baik untuk otot dan tulang. Sebagai produk hasil fermentasi susu, yogurt mengandung bakteri baik serta vitamin B6, B12, kalium dan magnesium sehingga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. 

Untuk memenuhi kebutuhan camilan sehat masyarakat Indonesia, Greenfields Yogurt yang terbuat dari 100 persen susu sapi segar melalui proses di peternakan dan pabrik terintegrasi telah menghadirkan varian baru. 

Greenfields Yogurt diperkaya dengan buah-buahan asli dan mengandung bakteri baik yang masih hidup yaitu Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus delbruecki subsp. Bulgaricus serta mengandung serat pangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi sistem pencernaan. 

Telah hadir 3 varian rasa baru yang masing-masing merupakan campuran dari dua atau lebih buah-buahan bergizi, di antaranya raspberry dan leci, mangga dan peach serta yogurt mixed berries.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.