5 Cara Sederhana Membuat Origami Menjadi Berbagai Jenis Burung

Dari selembar kertas origami, Mama bisa membuat berbagai jenis burung

29 April 2019

5 Cara Sederhana Membuat Origami Menjadi Berbagai Jenis Burung
Pixabay/ennelise

Hari ini Mama sudah meluangkan waktu untuk bermain bersama si Kecil belum nih? Jika anak mama sudah mulai bosan bermain dengan mainan yang dimilikinya. Mama bisa mengajaknya untuk berkreasi lebih jauh hanya dengan sebuah kertas origami. 

Seperti yang sudah Mama ketahui bahwa origami merupakan seni lipat kertas, sehingga menciptaka berbagai bentuk menarik. Seni melipat ini sudah ada sejak dulu dan semakin berkembang hingga sekarang. 

Saat si Kecil sudah masuk usia TK bahkan tingkat SD, ada juga pelajaran kesenian yang menggunakan origami untuk berkreasi. 

Untuk Mama yang ingin meluangkan waktu untuk berkreasi bersama si Kecil, kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa cara sederhana untuk membuat berbagai jenis burung menggunakan kertas origami. 

1. Origami berbentuk burung merpati

1. Origami berbentuk burung merpati
Pinterest.com/BIBI LA BRICOLE

Untuk Mama yang ingin membuat sebuah origami berbentuk burung merpati, cobalah untuk mengambil satu buah kertas origami. Lalu lipat kertas menjadi segitiga. 

Jika sudah berbentuk segitiga, Mama bisa menarik ujung segitiga ke bagian bawah melewati garis yang sudah dilipat. Kemudian lipat lagi tepat pada garis tegah, buka ujung lipatan dan tekuk menjadi lipatan yang lebih simetris. 

Tarik setiap ujung sisi kertas origami dengan garis agak miring. Setelah itu, tekan ujung sisi agak lebar ke dalam agar bisa terlihat seperti sayap dari burung merpati. 

Jika burung merpati dari origami sudah setelah dibuat, Mama bisa mengambarkan mata burung dengan menggunakan pensil atau spidol. 

Baca juga: Cara Membuat Slime dengan 5 Bahan Sederhana di Rumah

2. Origami berbentuk burung bangau

2. Origami berbentuk burung bangau
origami-resource-center.com

Untuk membentuk sebuah burung bangau dari selembar kertas origami. Satu lembar kertas origami yang sudah dipilih warnanya bisa langsung dilipat menjadi bentuk segitiga. 

Setelah terlipat menjadi segitiga, buka kembali lalu dilipat secara vertikal dan horizontal hingga membentuk sebuah pola garis yang nanti bisa lebih memudahkan proses pembuatan. 

Kemudian lipatlah menjadi segitiga lagi, namun lakukan berlawanan arah dari sebelumnya. Lalu tarik tiap ujung segitiga ke bagian dalam hingga berbentuk seperti bujur sangkar. 

Jika sudah melakukan tahapan tersebut, Mama bisa menarik setiap sisi ke dalam dan tarik ke bagian luar dari tiap sisinya. Perhatikan kertas origaminya dan lipat ujung ke bagian titik perpotongan. 

Lipat kembali sisi-sisinya ke dalam, kemudian buka lipatan secara berlawanan. Tarik ujung kertas yang akan membentuk sebuah sayap, lalu tarik satu ujung ke dalam untuk membuat sebuah paruh.

Jika tahap ini sudah berhasil dibuat, maka burung bangau hasil kreasi Mama telah selesai. 

Editors' Picks

3. Origami berbentuk burung kecil

3. Origami berbentuk burung kecil
Pinterest.com/Origami Instruction

Burung termasuk salah satu jenis hewan yang biasanya dibuat origami oleh para orangtua untuk anak-anaknya. 

Untuk membuat sebuah origami berbentuk burung kecil, langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu melipat kertas menjadi segitiga. Kemudian lipat dua sisi sampai bertemu pada sebuah perpotongan garis. 

Lipatlah ke dalam bila ada ujung yang masih tersisa. Setelah itu tarik kedua sisi diagonal hingga bertemu pada perpotongan garis. Tariklah kedua sisi ke luar liputan. 

Pastikan untuk menekan sedikit ujung bagian yang sudah ditarik ke luar. Lipatlah sesuai perpotongan garis, lalu tarik ujung panjang ke dalam kemudian sedikit ke luar lagi. Jika sudah, tarik lagi ujung lainnya ke dalam.

Bagaimana cukup mudah untuk membuat origami berbentuk burung kecil ya, Ma? 

4. Origami berbentuk burung walet

4. Origami berbentuk burung walet
Pinterest.com/Bram Wayne

Jika Mama pernah membuat pesawat dari origami, maka pasti juga mampu berkreasi dengan origami untuk membentuk burung walet. 

Ambillah satu kertaas origami dan lipatlah secara diagonal. Lipat ujungnya hingga membentuk sebuah layangan. 

Kemudian lipat salah satu sisi ke bagian tengah, lalu tarik ke luar lipatan yang sudah dibuat. Jika sudah, Mama bisa melanjutkan untuk melipat sisi lainnya dengan sebuah teknik lipat bernama tirai. 

Mama perlu membuka lipatan sesuai perpotongan tengah sayap, lalu tarik ujungnya ke bagian atas. Kemudian buka lipat badannya menjadi dua bagian secara simetris. Tariklah ujung yang lebih panjang agar bisa lebih ke bawah. 

Lipat, tekan dan lebarkan 2 ekor agar bisa menyerupai burung walet. Lalu bagian ujung pendeknya ditekan ke dalam agar bisa terlihat seperti paruh.  

Jika Mama membuat origami ini lebih banyak, maka bisa dijadikan sebuah hiasan dinding yang menarik. Kira-kira mau coba di rumah bersama si Kecil nggak nih, Ma?

5. Origami berbentuk burung beo

5. Origami berbentuk burung beo
Pinterest.com/Laura Bobadilla

Burung beo termasuk salah satu jenis burung yang cukup terkenal dan digemari oleh banyak orang. Apaagi burung beo cukup cerdas ketika sudah dilatih untuk berbicara. 

Jika si Kecil menyukai burung beo, Mama juga bisa membuatnya dalam bentuk origami. Ambillah salah satu warna origami yang paling disukai anak mama. 

Lipatlah menyerupai sebuah lipatan ketika ingin membuat ikan. Lipat lalu tekanlah beberapa sisi perpotongan ke tengah titik temu. Lalu lipatlah menjadi dua titik bagian. 

Kemudian buka lipatan dari origami secara berlawanan arah, tarilah bagian ujung bawah ke atas. Jika sudah, Mama perlu membuka lipatan kecil yang terbentuk pada bagian tengah. Lalu tarik ke dalam dua kali agar bisa membentuk sebuah paruh buruk. 

Saat lipatan terakhir sudah selesai, Mama bisa menambahkan sebuah mata dengan menggunakan spidol atau pensil.

Itulah beberapa cara membuat berbagai jenis burung menggunakan kertas origami. Dari beberapa jenis burung, kira-kira Mama ingin mengajari si Kecil bentuk yang mana nih?

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!