Sempat Melakukan Kesalahan, Chua Kotak Ajak Raja Quality Time Berdua

Memiliki dua orang anak memang perlu membagi waktu dengan baik nih, Ma!

26 Juni 2019

Sempat Melakukan Kesalahan, Chua Kotak Ajak Raja Quality Time Berdua
Popmama.com/Michael Andrew

Swasti Sabdastantri atau dikenal dengan Chua 'Kotak' pada (17/3) telah resmi memiliki dua orang anak. Shakilla Sabdasakhi Putri Firmansyah beberapa bulan ini telah menghiasi kehidupan Chua sekeluarga. 

Memiliki dua orang anak tak jarang ada banyak suka dan duka, belum lagi kalau ada kecemburuan dari kakak kepada adiknya. Namun, perlu disadari bahwa kondisi tersebut sangat wajar terjadi apalagi di awal-awal memang perlu adanya adaptasi. 

Belum lama ini, Chua Kotak sempat bercerita melalui InstaStory pribadinya kalau Raja masih perlu diberikan penjelasan pelan-pelan mengenai kehadiran sang Adik.

Saya sama mas Raja quality time berduaan aja. Semacam mempererat hubungan kembali setelah kehadirannya dedek Shakilla, jadi beberapa hari belakangan ini mas Raja itu lebih agak emosional. Dapat laporan dari guru di kelasnya kalau mas Raja jadi agak pendiam akhir-akhir ini karena memang saya lagi kejar banget berat badan Shakilla dengan harus nenenin terus-terusan. 

Sepertinya dia masih tersisihkan, biasanya main sama mas sekarang agak berkurang waktu untuk mas. Nah, pas mas Raja lagi agak caper di kondisi saya yang capek banget. Manusiawi, saya lupa diri. Kesalahan saya adalah pernah sekali bentak dia. 

Itu salah saya! Salah besar! Dan saya harus perbaiki ini semua demi kesehatan mental mas Raja supaya menjadi anak yang lebih baik lagi dan sedikit-sedikit sambil saya kasih penjelasan tentang kehadiran adiknya.

Sempat merasa bersalah kepada putra pertamanya, Chua pun sempat memperbaiki hubungan bersama Raja dengan quality time berdua bahkan bisa seharian sampai pulang tengah malam. 

Terkait rasa kecemburan kakak terhadap adiknya seperti yang dirasakan oleh Chua, Popmama.com telah merangkum beberapa tips untuk mengatasi permasalahan ini. 

Wajib disimak ya, Ma!

1. Berusaha untuk membantu anak dalam mengungkapkan perasaannya sendiri

1. Berusaha membantu anak dalam mengungkapkan perasaan sendiri
Unsplash/Edward Cisneros

Setiap orang tentunya memiliki perasaan tersendiri dalam menjalani rutinitas keseharian, begitu juga dengan anak-anak. Ketika sudah menjadi seorang kakak, tak jarang anak mama mulai ada perasaan cemburu apalagi saat semua perhatiaan untuknya menghilang. 

Meskipun ditanya sayang adiknya atau tidak, lalu si Kakak akan mengatakan kalau dirinya sayang. Namun, belum tentu bisa dipastikan kalau ia tidak cemburu terhadap adiknya sendiri.

Bahkan tak jarang Mama pasti akan menemui ketika si Kakak mendadak caper, lalu berusaha bersaing untuk memperebutkan perhatian orangtuanya di rumah. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya orangtua perlu mencari solusi dalam menghalau rasa cemburu yang sedang terjadi. 

Orangtua dapat berdiskusi agar si Kakak mampu mengungkapkan segala perasaannya sendiri selama ini. Ketika akar permasalahan dari kecemburuan sudah diketahui, maka Mama perlu mengarahkan agar perilakunya dapat diubah menjadi pribadi yang lebih baik. 

Berikan pengertian juga kalau perilaku kedua orangtuanya tidak akan berubah, sehingga dirinya tidak perlu khawatir. 

Baca juga: Jelang Persalinan Caesar, Chua Kotak Masih Jemput Anak di Sekolah

Editors' Picks

2. Tetap melibatkan peran kakak dalam menjaga adiknya

2. Tetap melibatkan peran kakak dalam menjaga adiknya
Unsplash/Edward Cisneros

Ketika sudah memiliki dua anak atau lebih, orangtua perlu sekali melibatkan si Kakak dalam menjaga adiknya. Ajaklah dirinya untuk bekerja sama dengan melibatkan momen apapun yang berurusan dengan sang Adik. 

Jika Mama belum terlalu percaya dengan kinerjanya karena belum terbiasa, ada baiknya untuk memberikan contoh seperti cara memperlakukan adiknya dengan baik dan penuh kasih sayang. Mulai dengan cara-cara sederhana seperti meminta si Kakak mengambilkan barang adik barunya yang masih bayi. 

Jika ini rutin dan terbiasa dilakukan, maka si Kakak akan mulai memiliki kepekaan dalam merawat dan menjaga adiknya. 

Baca juga: Chua Kotak Punya Cara Sendiri Saat Biaya Pendidikan Semakin Mahal

3. Pintarlah membagi waktu dengan baik 

3. Pintarlah membagi waktu baik 
siraplimau.com

Membagi waktu secara adil ketika sudah memiliki dua anak tentu tidak mudah ya, Ma. Apalagi kalau anak pertama mulai ada tanda-tanda kecemburuan terhadap adiknya. 

Sebagai orangtua yang ingin berusaha tetap adil, Mama perlu membagi waktu dengan tepat. Berikan juga waktu khusus untuk quality time bersama si Kakak tanpa kehadiran adiknya di waktu-waktu tertentu. 

Jika adiknya sedang tertidur, Mama sebisa mungkin dapat menyempatkan waktu bersama si Kakak untuk bermain, menemaninya beraktivitas hingga bermanja-manja. Walau sederhana, namun kebersamaan ini tentu memberikan kebahagiaan tersendiri untuknya. 

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan Mama untuk mengatasi kecemburuan si Kakak. Semoga bisa membantu ya, Ma! 

Baca juga: Chua Kotak Berusaha Menjadi Orangtua Sekaligus Teman untuk Putranya

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!