Alasan Pentingnya Asupan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Kesehatan Anak

Penerapan pola makan sehat si Kecil sejak dini

10 Juli 2020

Alasan Penting Asupan 4 Sehat 5 Sempurna Kesehatan Anak
Freepik

Menjaga kesehatan anak sejak kecil, dapat dimulai dari pola makan yang sehat. Kampanye makan 4 sehat dan 5 sempurna adalah pola makan yang diperkenalkan oleh pemerintah ke masyarakat sejak era 1950an.

Tujuan dari kampanye ini agar nutrisi anak lebih terpenuhi dan sehingga dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan kuat. Inti dari makanan 4 sehat dan 5 sempurna adalah terpenuhinya nutrisi penting bagi tubuh yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral dan multivitamin.

Agar Mama lebih mudah mengatur makanan sehat bagi si Kecil, Popmama.com akan memberikan panduan nutrisi 4 sehat dan 5 sempurna berdasarkan dr. Irma Lidia sebagai Konsultan Kesehatan Jovee.

1. Makanan Pokok

1. Makanan Pokok
Freepik

Ada berbagai jenis makanan pokok yang bisa diberikan sebagai makanan anak. Selain nasi yang Sudah lama dikenal, Mama juga bisa memberikan si Kecil gandum, jagung, sagu, dan juga singkong atau jenis umbi-umbian lainnya.

Nasi putih yang biasa diberikan, juga bisa diganti dengan nasi merah. Nasi merah memiliki keunggulan berupa kandungan serat tinggi sehingga dapat memperlancar saluran pencernaan anak.

2. Lauk Pauk

2. Lauk Pauk
Freepik/yuliyafurman

Pada masa pertumbuhannya, si Kecil perlu mendapatkan asupan nutrisi seimbang dan bergizi, termasuk protein. Protein yang diberikan juga harus seimbang, yaitu berasal dari protein hewani dan juga protein nabati.

Pemberian protein juga bisa diselang-seling, misalnya besok protein nabati, sementara untuk hari lusa diberikan protein hewani.

Protein nabati yang bisa diberikan seperti tempe dan juga tahu. Selanjutnya bisa juga diberikan daging-dagingan, baik itu daging dari ikan laut, ikan air tawar dan juga daging unggas serta daging merah. Namun, untuk jenis daging unggas seperti ayam tidak boleh terlalu sering setiap harinya.

Editors' Picks

3. Sayur-sayuran

3. Sayur-sayuran
Dok. Jovee

Melengkapi gizi anak tentu juga harus diimbangi dengan pemberian sayur-sayuran segar. Walaupun banyak anak yang tak menyukainya, namun pemberian sayur tetaplah penting.

Hal ini disebabkan karena sayur mengandung multivitamin, mineral, dan zat gizi yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh anak.

Ada berbagai jenis sayur yang bisa diberikan pada si Kecil, baik itu sayuran berdaun hijau, sayuran brokoli, kubis, dan juga wortel.

4. Buah-buahan

4. Buah-buahan
Freepik

Selain sayur-sayuran, berikan juga anak buah-buahan segar agar kebutuhan multivitamin dan mineralnya dapat terpenuhi. Mama juga bisa mengelola buah agar lebih disukai anak, misalnya dibuat menjadi jus buah-buahan yang dicampur susu.

Ada empat jenis buah berdasarkan warnanya, yakni buah bewarna kuning, hijau, merah, dan ungu. Untuk menjaga kesehatan mata anak, Mama bisa memberikan buah berwarna kuning karena memiliki kandungan beta karoten.

5. Susu

5. Susu
Freepik

Agar nutrisi yang diterima oleh anak lebih sempurna, berikan si Kecil asupan protein hewani dari susu. Susu diketahui memiliki manfaat untuk menambah sumber energi dan meningkatkan pertumbuhan tulang.

Hanya saja pemberian susu harus disesuai dengan kondisi anak. Apabila ia kelebihan berat badan, maka berikan susu rendah lemak dan glukosa.

Ada banyak jenis susu yang bisa diberikan pada anak. Untuk susu dari protein hewani, bisa pilih susu sapi atau susu kambing. Susu kambing juga dikenal memiliki kelebihan lkarena bersifat anti alergi.

Ada banyak jenis susu yang bisa diberikan kepada si kecil. Untuk susu dari protein hewani bisa dipilih susu sapi ataupun susu kambing. Susu kambing dikenal memiliki kelebihan karena bersifat anti alergi.

Menurut dr. Irma Lidia, anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna mirip dengan rekomendasi yang beredar saat ini di US Myplate, di mana satu piring terbagi oleh 4 porsi karbohidrat (grains) 30%, sayuran 40%, protein 20%, buah 10%

Serta didampingi dengan segelas susu atau yogurt. Diharapkan Mama selalu memberi anak makan porsi yang tepat dan ragam jenis makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Di bawah ini, terdapat manfaat penting makan 4 sehat 5 sempurna:

Manfaat Penting Memberikan Asupan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Anak

Manfaat Penting Memberikan Asupan 4 Sehat 5 Sempurna Anak
Freepik

Alasan pentingnya memberikan asupan 4 sehat 5 sempurna untuk anak adalah karena terdapat banyak manfaat yang bisa diperoleh si Kecil.

Apabila Mama menerapkan pedoman 4 sehat 5 sempurna, akan lebih mudah untuk menjaga kesehatan si Kecil. Pemberian nutrisi yang baik harus dimulai sejak anak mulai mengonsumsi makanan pendamping. Berikut adalah manfaatnya:

Mencegah Anak Kekurangan Gizi

Salah satu masalah utama yang dihadapi orangtua dan anak di Indonesia adalah terkait dengan pemenuhan gizi. Beberapa daerah di Indonesia bahkan ditemukan kejadian stunting akibat anak yang kekurangan gizi.

Tentunya hal ini adalah ancaman serius bagi pertumbuhan anak akibat kekurangan gizi yang berpengaruh pada pertumbuhan jasmani hingga psikis, termasuk juga kecerdasan anak.

Mencegah Kondisi Kelebihan Berat Badan

Masalah nutrisi anak Indonesia, tak hanya disebabkan oleh kekurangan gizi saja, namun juga kelebihan berat badan. Mama perlu sangat memperhatikan nutrisi apa saja yang harus dipenuhi oleh si Kecil dan jangan memfokuskan pada satu jenis makanan saja.

Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Tubuh Anak       

Pertumbuhan fisik seperti tulang dan gigi membutuhkan dukungan nutrisi yang baik dan optimal. Pastikan bahwa nutrisi penting bagi anak terdiri dari multivitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak dapat terpenuhi.

Mendukung Pertumbuhan Otak Anak

Nutrisi yang baik juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang daya pikir si Kecil.

Kampanye makan 4 sehat 5 sempurna kini bergeser menjadi pedoman gizi yang seimbang, intinya pedoman gizi seimbang lebih memvariasikan ragam makanan. Selain itu, pada pilar pedoman gizi seimbang juga terdapat anjuran untuk melakukan aktivitas fisik, hidup bersih, dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.