5 Cara Mendidik Anak agar Berani Berpendapat dan Berkreasi

Melatihnya dengan diskusi hal sederhana sejak anak masih kecil

4 Agustus 2020

5 Cara Mendidik Anak agar Berani Berpendapat Berkreasi
Freepik/Racool_studio

Berani menyampaikan pendapat atau berkreasi merupakan contoh soft skills yang berguna bagi masa depan anak, mulai dari bersekolah hingga dewasa.

Setiap orangtua tentunya memiliki harapan besar pada sang anak agar pintar dan sukses, hal ini tentu bisa diraih dari didikannya sejak kecil.

Memberikan kebebasan dalam berkreasi dan berpikir positif dapat memudahkan anak untuk mengembangkan soft skills yang satu ini.

Jika anak selalu dibatasi dan dibuat tertekan untuk berpikir, ia pun menjadi sulit untuk berkembang yang berdampak pada takut untuk beropini dan melakukan sesuatu.

Agar itu tidak terjadi, berikut ini Popmama.com akan memberikan 5 tips di bawah ini untuk mendidik anak agar berani bebas beropini dan berkreasi dalam hal positif.

1. Berikan kebebasan pada anak untuk beropini dan berkreasi dalam melakukan sesuatu

1. Berikan kebebasan anak beropini berkreasi dalam melakukan sesuatu
Freepik

Pertama, jika Mama ingin memiliki anak yang berani beropini dan bebas berkreasi adalah dengan membebaskannya berkreasi sejak kecil. Mama dapat bertanya pada anak, hal apa yang ia sukai terlebih dahulu, atau hal apa yang ingin ia pelajari.

Jangan batasi dengan memarahi atau melarang anak saat ingin membuat kreativitas, walaupun hal ini mungkin membuat Mama mengeluarkan biaya untuk membeli peralatan dan perlengkapannya, namun percayalah bahwa ini merupakan proses pembelajaran bagi anak yang mungkin akan jadi passion nya saat dewasa.

Editors' Picks

2. Tidak membatasi anak namun cukup arahkan agar tetap pada jalur yang benar

2. Tidak membatasi anak namun cukup arahkan agar tetap jalur benar
Freepik/javi_indy

Kemudian, berikan masukan dan cukup arahkan imajinasinya agar tetap positif dan pada jalur yang benar. Di sini Mama juga bisa mengajarkan pada anak, agar pendapat bisa diterima oleh orang lain, maka ia pun juga harus menerima pendapat orang lain.

Setelah itu anak yang sudah terbiasa berpikir bebas sejak kecil biasanya imajinatif dan mudah untuk menciptakan ide-ide baru.

Bukankah hal ini sangat dibutuhkan untuk kesuksesannya di masa depan?

3. Selalu berikan dukungan dan motivasi pada anak

3. Selalu berikan dukungan motivasi anak
Freepik

Lalu jangan lupa untuk memberikan dukungan pada anak untuk mengembangkan kemampuannya. Entah itu kemampuan dalam berbicara, bermusik, melukis, menari, atau kemampuan dan bakat lainnya yang bisa membuat anak meraih prestasi secara akademik dan non-akademik.

Selama anak melakukan hal yang positif demi masa depannya, penting untuk memberikan dukungan dan motivasi pada anak, karena dukungan Mama dalam hal ini sangatlah penting untuk memberi semangat pada anak.

4. Berikan apresiasi atau pujian ketika anak mencapai suatu pencapaian

4. Berikan apresiasi atau pujian ketika anak mencapai suatu pencapaian
Freepik

Setelah itu, berilah apresiasi atau pujian ketika anak meraih suatu pencapaian. Apresiasi ini juga penting saat anak berada dalam sebuah kompetisi, baik menang ataupun kalah, apresiasi dapat memicu semangat anak untuk tetap berkreasi.

Terlepas dari apakah pencapaian itu untuk hal kecil atau besar, namun tetap tunjukkan rasa kebangaan Mama pada anak. Dengan begitu anak tidak akan berkecil hati dan semangat untuk berjuang lebih keras.

5. Sering ajak anak untuk berdiskusi tentang berbagai hal sejak ia masih kecil

5. Sering ajak anak berdiskusi tentang berbagai hal sejak ia masih kecil
Pexels/Andrea Piacquadio

Yang tak kalah pentingnya, jika Mama ingin memiliki anak yang bebas beropini dan kreatif dalam hal positif, maka sering-seringlah ajak anak diskusi tentang berbagai hal. Tak perlu menunggunya dewasa untuk melakukan hal ini.

Namun mulai sejak anak kecil, Mama bisa mendiskusikan hal-hal sederhana yang membuatnya berani mengeluarkan opini sendiri.

Mendidik anak memang bukanlah suatu hal yang mudah, namun jangan lupa kalau semua itu ada prosesnya. Seperti beberapa tips di atas yang bisa Mama terapkan untuk mendidika anak agar berani beropini dan berkreasi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.