Dongeng Anak: Si Kancil dan Siput, Simak Pelajaran dari Ceritanya

Mengajarkan untuk tidak boleh sombong dan merendahkan makhluk hidup lainnya

29 September 2020

Dongeng Anak Si Kancil Siput, Simak Pelajaran dari Ceritanya
Educatudio.com

Mengisi waktu di rumah bersama anak, dapat diisi dengan membacakan dongeng. Dengan membacakan dongeng anak, secara tak langsung Mama telah mengajarkan pada anak nilai moral yang di dapatkan dari cerita tersebut.

Dongeng juga biasanya disampaikan sebelum anak pergi tidur. Ini bisa jadi bonding time antara orangtua dan anak. 

Bercerita tentang dongeng anak juga menjadi bentuk stimulasi agar anak semakin pintar berbahasa.

Terdapat berbagai macam dongeng yang bisa Mama pilih, salah satunya adalah dongeng berjenis fabel yang menceritakan tentang kehidupan binatang-binatang.

Dongeng fabel dapat membantu Mama untuk memperkenalkan anak pada jenis-jenis binatang, dapat meningkatkan imajinasi anak dan meningkatkan kemampuan berbahasanya.

Jadi yuk mulai membacakan dongeng kancil pada anak sejak dini! Salah satu dongeng anak cerita Kancil dan Siput yang Popmama.com telah rangkum di bawah ini.

1. Di dalam hutan, Si Kancil yang terkenal licik berjalan-jalan untuk minum di tepi sungai

1. dalam hutan, Si Kancil terkenal licik berjalan-jalan minum tepi sungai
Youtube.com/Pagguci

Di suatu hari yang cerah, terdapat seekor binatang yang terkenal sangat licik di dalam hutan, yaitu adalah Si Kancil. Pada hari itu, Kancil sedang bersantai di bawah pohon besar dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang membuat Kancil menjadi mengantuk.

Untuk mengusir rasa kantuknya, ia akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan menelusuri hutan. Sambil berjalan, Kancil membusungkan dadanya dan berkata,

"Siapa di hutan ini yang tidak mengenalku. Si pintar, si cerdik yang banyak akal. Setiap masalah pasti dapat ku selesaikan dengan mudah,” kata Si Kancil.

Setelah berjalan cukup jauh, akhirnya ia sampai di tepi sungai. Kancil pun segera minum untuk menghilangkan rasa hausnya sambil terus berkata-kata memuji dirinya sendiri.

2. Kancil bertemu dengan seekor Siput, ia pun mengatakan Siput memiliki tubuh yang kecil dan lelet

2. Kancil bertemu seekor Siput, ia pun mengatakan Siput memiliki tubuh kecil lelet
Youtube.com/Pagguci

Tanpa Kancil sadari, ternyata ia sedang diperhatikan oleh seekor Siput yang sedang duduk di balik sebuah batu besar pinggir sungai. Karena mendengar ucapan Kancil Siput itu pun berkata,

"Hei Kancil, asyik sekali kau ku lihat berbicara sendiri, ada apa? Apa kamu sedang bergembira ya?" tanya Siput pada Kancil.

Kancil pun mendengar suara Siput dan mencari-cari asal suara tersebut, ia pun menjawab,

“Oh hai! ternyata kau Siput, sudah lama ya kau memperhatikanku ternyata? Sedang apa kau disana Siput? Meratapi dirimu yang kecil dan lelet ya? Hahahahaha," jawabnya.

3. Karena tak terima dengan ucapannya, Siput menantang Kancil untuk lomba adu lari

3. Karena tak terima ucapannya, Siput menantang Kancil lomba adu lari
Youtube.com/Pagguci

Siput pun terkejut dengan jawaban Kancil yang menghinanya dan membuatnya marah. Lalu Siput pun membalas ucapan Kancil.

“"Hai Kancil! Aku tahu, kau memang terkenal binatang yang sangat cerdik dan cepat sedangkan diriku terkenal binatang yang sangat lambat berjalannya. Tapi kali ini aku sangat marah mendengar perkataanmu tadi dan aku menantangmu untuk lomba adu lari," ujar Siput.

Mendengar tantangan dari Siput, Kancil pun menerima tantangannya karena ia tahu Siput tak akan mungkin mengalahkan dirinya. Hingga akhirnya mereka setuju lomba tersebut diadakan keesokan harinya.

Editors' Picks

4. Siput meminta tolong teman-temannya untuk mengelabui Si Kancil saat perlombaan esok harinya

4. Siput meminta tolong teman-teman mengelabui Si Kancil saat perlombaan esok harinya
Youtube.com/Liliy Erlinda

Di tempat lain, Siput sadar bahwa dirinya tak mampu mengalahkan Kancil. Siput akhirnya meminta tolong teman-temannya untuk membantunya dengan sebuah cara. Saat lomba dimulai, semua teman-teman Siput agar bersembunyi di jalur lomba yang akan mereka lalui.

Teman-teman Siput harus muncul ketika mendengar suara Si Kancil dari kejauhan, sehingga Kancil akan mengira Siput akan selalu berada di depannya.

Hari perlombaan pun tiba!

Seluruh penghuni hutan menyaksikan perlobaan tersebut sampai suasananya pun sangat ramai. Mereka semua ingin mengetahui apakah Siput dapat mengalahkan Si Kancil yang terkenal cerdik dan sombong itu?

5. Dengan angkuhnya Si Kancil berlari dengan cepat, namun ternyata sudah ada Siput di depannya

5. angkuh Si Kancil berlari cepat, namun ternyata sudah ada Siput depannya
Youtube.com/Pagguci

Saat lomba dimulai, dengan angkuhnya Kancil langsung berlari dengan sangat cepat, ia pun tertawa sambil berkata:

"Hahahahaha selamat tinggal Siput lelet, aku tunggu kau di garis finish nanti," ucapnya dengan sombong.

Setelah ia berlari meninggalkan Siput cukup jauh di belakangnya, Kancil justru sangat terkejut karena ia melihat di depannya ada Siput yang sedang berjalan dengan santai.

Yang sebenarnya itu adalah teman-teman Si Siput yang telah mendengar suara Kancil dari kejauhan dan mereka keluar dari persembunyiannya guna mengelabui Si Kancil.

6. Kancil dengan cepat melewatinya, tetapi selalu ada Siput di depannya hingga membuat Kancil kewalahan

6. Kancil cepat melewatinya, tetapi selalu ada Siput depan hingga membuat Kancil kewalahan
Youtube.com/Pagguci

Karena merasa dikalahkan, Kancil pun dengan cepat melewati Siput tersebut, dan kejadian itu terus berulang hingga membuat Si Kancil menjadi kewalahan dan kelelahan karena Siput selalu berada beberapa Langkah di depan Kancil.

Ketika Si Kancil hampir tiba di garis finish, ternyata Siput sudah mendekati garis finish terlebih dahulu dan membuat Si Kancil berpikir.

Mengapa Siput yang seharusnya sudah ia tinggalkan jauh di belakang, tapi Siput itu malah terus berada di depannya dan sampai ke garis finish terlebih dahulu.

Kancil terkejut dirinya kalah dengan Siput.

7. Kancil tidak menerima kekelahannya

7. Kancil tidak menerima kekelahannya
Youtube.com/Pagguci

Lalu sesampainya di garis finish Kancil pun berkata,

"Tidak Mungkin! Bagaimana bisa kau lebih dulu sampai, padahal aku berlari sangat kencang meninggalkan kau jauh dibelakangku," ujar Si Kancil yang tak menerima kekalahannya.

 Kancil tidak mau kalah dengan seekor Siput yang kemarin ia ejek di sungai.

"Sudahlah Kancil akui saja kekalahan dirimu," jawab Siput dengan santai.

Si Kancil menjadi heran dan masih belum dapat percaya kalau dirinya berhasil dikalahkan oleh hewan yang sering ia ejek "kecil dan lelet" tersebut.

8. Siput memberikan pesan pada Si Kancil hingga membuat Kancil merasa menyesal dan malu

8. Siput memberikan pesan Si Kancil hingga membuat Kancil merasa menyesal malu
Youtube.com/Liliy Erlinda

Si Kancil yang masih terheran-heran hingga tidak bisa mengucapkan apa pun, lalu tiba-tiba Siput pun berkata,

"Sudahlah Kancil, tidak usah sedih. Aku tidak ingin hadiah apa-apa dari kamu. Aku hanya ingin kau tahu, janganlah menjadi sombong dengan kelebihan yang kau miliki. Semua makhluk hidup mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi jangan suka menghina dan menyepelekan makhluk hidup yang lainnya," ujar Siput.

Setelah menyelesaikan ucapannya Siput pun pergi menyelam kedalam sungai dan tinggalah Si Kancil yang menyesal dan malu karena kalah dalam lomba lari dengan Siput.

Sejak saat itu Kancil berjanji tidak akan menganggap remeh makhluk hidup lainnya.

Dongeng anak kisah Si Kancil dan Siput ini mengajarkan anak untuk jangan menjadi orang yang sombong dengan menghina dan merendahkan makhluk hidup lainnya. Karena setiap makhluk hidup mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti apa yang dikatakan oleh Siput. Kita harus menghargai perbedaan dari dongeng kancil ini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.