8 Fungsi Orangtua dalam Kehidupan Anak yang Harus Dipahami

Tak hanya mencari uang, namun ada fungsi penting lainnya

19 Oktober 2020

8 Fungsi Orangtua dalam Kehidupan Anak Harus Dipahami
Freepik/pressfoto

Keluarga adalah kelompok terkecil dalam lingkungan masyarakat, serta tempat bagi seluruh anggotanya seperti Mama, Papa, Anak, untuk berlindung dan mendapatkan berbagai hal-hal positif lainnya. Dalam sebuah keluarga, Mama dan Papa tentunya memiliki peran yang penting bagi tumbuh kembang anak.

Penting untuk diketahui bahwa peran orangtua tidak hanya mencari nafkah atau melakukan pekerjaan rumah, namun ada fungsi lainnya yang harus dilakukan demi perkembangan masa depan anak dan menjaga keutuhan keluarga.

Lantas Ma, apa saja fungsi orangtua dalam kehidupan anak?

Kali ini Popmama.com akan menjelaskan 8 fungsi orangtua dalam kehidupan anak yang harus dipahami. Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Fungsi keagamaan

1. Fungsi keagamaan
Freepik/Paansaeng

Keluarga adalah tempat bagi anak untuk mendapatkan identitas keagamaannya. Mama dan Papa harus dapat mengajarkan pada anak tentang keberadaan Sang Pencipta serta nilai-nilai yang diajarkan-Nya.

Nilai-nilai keagamaan ini harus mulai diberikan, diajarkan, dan dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari anak di lingkungan keluarga sedini mungkin, agar anak menjadi lebih terbiasa dalam menerapkannya.

Kemudian, anak juga akan mempunya fondasi keimanan kepada Sang Pecipta. Fondasi inilah yang bisa membangun anak untuk terbiasa memiliki sikap menghargai antar umat beragama, sehingga dapat tercipta kehidupan sosial yang rukun dan harmonis.

2. Fungsi sosial budaya

2. Fungsi sosial budaya
Freepik/Rawpixel-com

Sebagai anak yang hidup di Indonesia yang kaya akan keberagaman sosial budayanya, anak juga perlu memahami berbagai aturan sosial dan kebudayaan yang berlaku, sebagai panduan bagaimana seharusnya anak berperilaku dan berinteraksi dengan orang lain di lingkungannya.

Mama juga perlu menanamkan etika, sopan santun, dan budi pekerti pada anak sejak dini, sehingga anak dapat memahami betul norma-norma yang berlaku, cara bersosialisasi, cara menghargai orang lain, serta bagaimana melestarikan kebudaannya

3. Fungsi cinta dan kasih

3. Fungsi cinta kasih
Freepik

Mama dan Papa juga harus dapat menumbuhkan rasa cinta kasih pada semua anggota keluarga. Tak jarang banyak anak-anak yang terjerumus dalam tindakan negatif seperti narkoba, pergaulan bebas, kecanduan alkohol, karena merasa tak mendapatkan perhatian dan cinta kasih dari orangtuanya.

Kebutuhan cinta kasih ini seharusnya dipenuhi orangtua ketika anak masih berada dalam kandungan. Berikan perhatian, sentuhan fisik, dan pemberian motivasi dapat menjadi bentuk adanya cinta kasih dalam keluarga.

Hal ini juga akan mempengaruhi sikap anak dalam berperilaku di lingkungan yang lebih luas, yaitu anak akan tumbuh menjadi pribadi yang penyayang kepada sesama.

Editors' Picks

4. Fungsi perlindungan dan kenyamanan

4. Fungsi perlindungan kenyamanan
Freepik

Anak sangat membutuhkan perasaan aman dan nyaman ketika berada di rumah. Sikap yang saling melindungi perlu dijalankan dalam setiap kondisi dan situasi.

Mama dan Papa harus memastikan bahwa anak maupun anggota keluarga lainnya tidak mendapatkan perilaku diskriminatif, kekerasan, dan pemaksaan kehendak.

Persaan cemas, takut, dan tertutup yang ada pada anak dapat disebabkan karena anak merasa belum mendapatkan rasa aman dan nyaman dari orangtua.

5. Fungsi ekonomi

5. Fungsi ekonomi
Freepik/Howtogoto

Tak dapat dipungkiri bahwa kematangan finansial keluarga juga memperngaruhi keharmonitas dan keutuhan keluarga. Sehingga orangtua juga harus jeli dalam mencari sumber-sumber pemasukan untuk mencukupi berbagai kebutuhan setiap anggota keluarga.

Tabungan masa depan juga harus menjadi perhatian orangtua untuk mempersiapkan kehidupan yang lebih baik seperti membeli hunian yang layak, pendidikan anak, atau untuk rekreasi.

Mama juga bisa mengajari anak cara menabung sejak dini agar anak bisa belajar terbiasa berhemat dan mengumpulkan uangnya sendiri untuk kebutuhan dan keinginannya di kemudian hari.

6. Fungsi pendidikan

6. Fungsi pendidikan
Freepik/jcomp

Tidak hanya di sekolah saja, namun keluarga juga merupakan tempat pertama dan utama bagi anak untuk memperoleh ilmu pengetahuan, pendidikan, komunikasi, yang bersifat mendidik secara akademik dan non akademik dan harus dilakukan dengan intens.

Dengan membiasakan berkomunikasi yang positif bersama anak, anak juga akan menjadi lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

7. Fungsi lingkungan

7. Fungsi lingkungan
Freepik/prostooleh

Kecerdasan ekologis dan spasial tidak boleh dilupakan oleh Mama dan Papa untuk diajari pada anak-anak. Untuk mengenalkan pada anak, Mama bisa mulai dari membacakan cerita atau dongeng, atau juga menonton film yang bertemakan tentang lingkungan, alam, dan binatang.

Selain itu, ajak anak praktikan di dunia nyata dengan hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik dengan membawa tempat minum sendiri, serta membawa bekal makan untuk makan siang saat di sekolah atau berwisata.

8. Fungsi reproduksi

8. Fungsi reproduksi
Freepik

Keluarga juga merupakan jalan untuk memperoleh keturunan. Setiap orangtua tentunya menginginkan seorang anak yang melanjutkan keturunannya sebagai generasi penerus bangsa.

Dengan fungsi reproduksi ini, orangtua tidak akan kehilangan momen mengandung, melahirkan, menyusui, membesarkan, dan merawat anak hingga memiliki sikap mandiri dan menentukan keputusannya sendiri.

Nah itu dia Ma, 8 fungsi orangtua dalam keluarga. Sudah mulai paham kan dengan peran orangtua dalam kehidupan anak?

Yuk pastikan anak-anak Mama mendapatkan berbagai hal positifnya agar mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berguna bagi keluarga, lingkungan, dan negara!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.