TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

20 Inspirasi Dekorasi Kamar Anak Perempuan yang Menggemaskan

Bakal jadi tempat favorit anak di rumah nih!

20 Agustus 2022

20 Inspirasi Dekorasi Kamar Anak Perempuan Menggemaskan
Pinterest.com/The Little Jones | Prints + Printables , ThePinkDream, EtsyUK

Kamar tidur adalah tempat yang menjadi saksi bisu dari setiap perkembangan hidup seorang anak perempuan.

Mulai dari usia bayi atau balita hingga dewasa, kamar tidur harus menjadi tempat yang paling nyaman baginya untuk kembali pulang.

Maka itulah kamar tidur tak boleh hanya sekadar kamar dengan tempat tidur saja, namun dekorasinya juga harus disesuaikan dengan karakteristik anak.

Jika Mama sedang mencari inspirasi dekorasi kamar tidur anak perempuan yang menggemaskan, kali ini Popmama.com telah menyiapkan 20 inspirasinya untuk Mama.

Yuk cari tahu seperti apa kamar impian anak!

1. Dekorasi dengan elemen colorful

1. Dekorasi elemen colorful
Pinterest.com/Joanna Goddard | Cup of Jo

Pelangi rona cerah menyinari ruangan ini dan menyentuh segala sesuatunya, mulai dari bantal hingga dinding. Saat Mama menggunakan palet warna yang kuat, pastikan untuk mengulangi elemen tertentu untuk menciptakan tampilan yang tajam. 

Misalnya jika Mama memilih elemen lingkaran, gunakan bentuk lingkaran pada bantal, wallpaper dinding, permadani, dan karya seni. Pastikan juga untuk menggunakan warna netral, seperti putih, untuk furnitur, agar "melembutkan" warna-warna berani lainnya.

2. Dekorasi fungsional untuk belajar dan bermain

2. Dekorasi fungsional belajar bermain
Pinterest.com

Jika anak mama sudah memasuki usia sekolah, belajar dan mengerjakan PR mungkin merupakan tugas yang menyebalkan, bukan?

Tetapi dengan penataan kamar seperti ini, waktu mengerjakan PR mungkin menjadi sedikit lebih mudah dan menyenangkan. 

Milikilah sebuah meja besar dan kursi yang nyaman, dengan tempat penyimpanan di bawahnya, untuk menciptakan zona belajar. Namun ketika saatnya untuk bersenang-senang, anak memiliki zona bermain yang luas, yaitu karpet dan bantal.

3. Dekorasi selain warna pink

3. Dekorasi selain warna pink
Pinterest.com

Anak perempuan identik dengan warna pink. Padahal mungkin tak semua anak menyukai warna merah muda, apakah anak mama salah satunya?

Jika iya, cobalah untuk bermain dengan nuansa modern dengan warna oranye dan sedikit kejutan dari warna biru pastel.

Kesan feminim kamar ini bisa ditambahkan dengan wallpaper bunga, seprai bunga, dan beberapa lukisan bunga, sesuai dengan desain modern.

4. Dekorasi dinding penuh warna favorit

4. Dekorasi dinding penuh warna favorit
Pinterest.com/Project Nursery

Menentukan warna dinding dapat membingungkan anak, mulai dari warna terang hingga yang gelap. Nah Mama tak perlu khawatir, karena Mama bisa memvariasikan dinding dengan warna solid lho!

Cobalah proyek yang mudah dilakukan sendiri ini. Tandai berbagai ukuran persegi di dinding dengan selotip kertas. Kemudian isi masing-masing persegi dengan tiga hingga empat warna favorit anak. Saat kering, lepaskan selotip.

Kini si Kecil tak perlu lagi bingung pilih warna favoritnya deh!

5. Dekorasi jangka panjang

5. Dekorasi jangka panjang
Pinterest.com/The Little Jones | Prints + Printables

Meskipun kamar yang indah itu penting, kepraktisan juga suatu keharusan. Perabotan putih dapat tetap berada di dalam kamar melalui semua tahap kehidupan, mulai dari masa kanak-kanak bahkan hinggfa dewasa. 

Pilihlah tempat tidur, aksesori, dan warna cat dapat dengan mudah diubah sesuai selera dari gadis kecil hingga remaja. Gunakan pilihan penyimpanan, seperti lemari dan nakas, dapat dengan mudah beralih dari tempat boneka hingga menjadi rias wajah.

6. Dekorasi vintage a la putri kerajaan

6. Dekorasi vintage a la putri kerajaan
Pinterest.com/ThePinkDream

Meskipun diperuntukkan untuk gadis kecil, ruangan ini memiliki banyak dekorasi kamar dewasa, mulai dari kelambu hingga bingkai tempat tidur kayu berukir yang tampak semuanya sangat tradisional.

Namun ini bisa disesuaikan dengan usia anak, misalnya dengan menggunakan wallpaper dinding atau stiker bermotif mahkota, ornamen lampu belajar yang klasik, dan pemilihan warna putih lembut untuk furnitur besar. 

Untuk menciptakan kamar princess sendiri, Mama dapat menggunakan dua palet warna, seperti sage dan mawar.

7. Dekorasi bergaya retro

7. Dekorasi bergaya retro
Pinterest.com

Apakah Mama memiliki tirai atau seprai dengan motif yang penuh warna?

Mama mungkin mengira itu akan ketinggalan jaman, padahal dengan memadukan yang lama dengan yang baru, dapat menciptakan tampilan yang unik di kamar tidur si Kecil!

Tak hanya tirai, perpaduan seprai dengan warna-warna cerah juga memiliki keunggulan untuk menampilkan kesan modern dan kekinian. 

8. Dekorasi dinding berpuisi

8. Dekorasi dinding berpuisi
Pinterest.com/Maunzimadame

Sebuah puisi favorit dapat menjadi seni dinding di kamar anak lho! Dan yup, Mama tidak perlu menjadi seorang seniman untuk membuat seni kata sendiri. 

Cari stensil dan stiker dinding di toko kerajinan atau secara online. Pastikan warna huruf kontras dengan warna dinding untuk memastikan tulisannya akan terbaca dengan jelas dan nyaring.

9. Dekorasi modern polkadot

9. Dekorasi modern polkadot
Pinterest.com/Better Homes and Gardens

Tema polkadot warna-warni mendapat kesan modern ketika dipadukan dengan warna cokelat netral. 

Motif polkadot yang terkesan ceria dapat muncul di tempat tidur dan dinding. Kemudian tambahkan beberapa elemen berwarna cokelat, seperti bantal.

Menariknya lagi, ornamen ini tetap cocok untuk anak perempuan yang tumbuh menjadi remaja.

Editors' Picks

10. Dekorasi yang bermanfaat

10. Dekorasi bermanfaat
Pinterest.com

Jika anak memiliki area kamar yang besar, Mama perlu menentukan setiap area di kamar tidur untuk tujuan tertentu.

Misalnya, letakkan bangku yang nyaman di dekat jendela adalah tempat yang cerah untuk waktu membaca. Keranjang besar untuk tempat mainan dan rak buku di sisi kamar. 

Sebuah meja kecil di tengah ruangan dapat diatur untuk minum teh bersama keluarga atau dapat digunakan sebagai area belajar untuk mengerjakan PR atau belajar.

11. Dekorasi untuk saudari yang berbagi kamar

11. Dekorasi saudari berbagi kamar
Pinterest.com/The Creativity Exchange

Tak dapat dimungkiri jika saudari yang berbagi kamar, bisa menjadi resep pertengkaran. Nah untuk menjaga perdamaian, mintalah masukan mereka untuk keputusan dekorasi. Dengan begitu mereka akan merasa memiliki kepentingan di dalam ruangan. 

Selain itu, tentukan area untuk barang masing-masing anak, sehingga keduanya akan merasa memiliki ruang sendiri. Tips lain, pastikan untuk merencanakan masa depan. 

Saat anak sudah lebih besar, tentu salah satu dari mereka perlu berpindah kamar. Untuk itu, sejak anak masih kecil, pertimbangkan agar menambahkan tempat tidur susun atau tempat tidur beroda yang memudahkan Mama untuk memindahkan furnitur.

12. Dekorasi kelambu modern

12. Dekorasi kelambu modern
Pinterest.com/cboone

Jika tadi sebelumnya kelambu di buat versi vintage, kelambu juga bisa dibuat lebih modern lho Ma! Menariknya Mama tak perlu menyiapkan tiang empat atau dipan penyanggah kelambu.

Cukup ukur selembar kain untuk menggantung di atas tempat tidur, pastikan agar menutupi panjang dan lebar tempat tidur tanpa terputus. Kemudian jahit di sepanjang sudut kain agar lebih rapi dan tidak ada benang keluar. 

Terakhir gantung kelambu di sudut atas tempat tidur dengan kait yang disekrup ke langit-langit. Mudah, bukan?

13. Dekorasi meja rias dari meja tua

13. Dekorasi meja rias dari meja tua
Pinterest.com/eBay

Jika Mama memiliki set meja tua di rumah yang tampak masih bisa digunakan dengan baik, jangan langsung menyimpannya di gudang apalagi dibuang ya Ma, karena ini bisa digunakan di kamar anak lho!

Cukup berikan lapisan cat baru, dan tambahkan cermin untuk membuat "meja rias" instan. Bagian atas meja dapat menampung banyak perlengkapan kecantikan serta buku. Semakin bertambah usia anak, meja ini dapat menampung laptop, dan notebook untuk waktu belajar. 

Tambahkan beberapa sentuhan akhir dengan memperindah kursi menggunakan dekorasi aksen feminin seperti pita atau bantal.

14. Dekorasi blocking color

14. Dekorasi blocking color
Pinterest.com

Pernah terpikir untuk menggunakan dua warna yang kontras dalam satu kamar? Untuk kamar anak-anak, warna blocking color atau perpaduan dua warna kontras ini dapat membuat kamar terlihat lebih berani dan menggemaskan di waktu yang bersamaan.

Misalnya Mama dapat menggunakan warna sapuan aqua, pink yang berani, dan kuning yang cerah, untuk memberikan kesan yang kuat. 

Ingin membuat tampilan kamar lebih berani? Gunakan blok warna yang tajam pada dinding dan seprai, dan tambahkan warna putih di aksesori untuk hasil akhir yang lebih menenangkan.

15. Dekorasi untuk si Kecil yang suka mengubah tampilan kamar

15. Dekorasi si Kecil suka mengubah tampilan kamar
Pinterest.com/Rachael Capaldo

Apakah Mama suka kewalahan dengan si Kecil yang selalu bereksperimen dengan tampilan baru? Mungkin sulit untuk selalu mengikuti keinginannya, namun ada dekorasi alternatif agar Mama tetap hemat nih!

Tawarkan anak seprai warna solid dengan pilihan sarung bantal yang bisa diganti. Mulailah dengan beberapa warna, lalu biarkan anak memilih warna bantal baru untuk dicampur.

Jika ingin mengganti bentuk bantal, carilah beberapa bantal diskon yang terjangkau untuk mengubah tampilan.

16. Dekorasi bernuansa bunga

16. Dekorasi bernuansa bunga
Pinterest.com/Mae She Reign

Bunga telah lama menjadi nuansa yang umum di kamar anak perempuan. Tetap dengan tradisi, tetapi Mama dapat modernisasi tampilan dengan warna-warna cerah dan elemen yang menyenangkan. 

Di sini, Mama dapat memadukan warna putih bercampur dengan nuansa pink yang kalem, serta dinding yang ditempelkan stiker grafis bunga.

Untuk sentuhan modern lainnya, gunakan bantal dan tirai polkadot yang kontras dengan motif bunga feminin.

17. Dekorasi membingkai tempat tidur dengan jendela

17. Dekorasi membingkai tempat tidur jendela
Pinterest.com

Untuk anak yang sudah cukup besar, Mama dapat "membingkai" tempat tidur anak di depan jendela. Dikelilingi oleh tirai warna-warni, tempat tidur dapat menjadi titik fokus ruangan. 

Ditambah lagi anak memiliki cukup pencahayan untuk menerangi ruangan saat bermain di siang hari. Ditambah dengan tirai tebal yang dapat menghalangi cahaya saat tidur siang. 

18. Dekorasi ruang baca yang nyaman

18. Dekorasi ruang baca nyaman
Pinterest.com/Bookroo

Ingin menumbuhkan sikap rajin membaca buku pada anak? Maka mulailah dengan membuat sudut baca yang dilengkapi dengan tenda sudut atau pengaturan kursi/beanbag di kamar anak. 

Membaca adalah landasan kehidupan anak-anak dan memiliki area khusus di kamar untuk proses pendidikan dan perkembangan, adalah hal yang baik untuk dilakukan

Pastikan area ini nyaman dan memungkinkan anak-anak untuk mengundang teman, saudara, dan anggota keluarga untuk membaca dan tumbuh dengan nyaman bersama.

19. Dekorasi kamar yang lembut

19. Dekorasi kamar lembut
Pinterest.com/EtsyUK

Jika umumnya anak-anak identik dengan warna yang cerah dan berani, Mama juga bisa menciptakan kamar anak dengan warna yang lebih lembut.

Ini dapat menciptakan lingkungan yang menenangkan, bukan sesuatu yang terlalu terang dan aktif. Salah satu warna yang bisa digunakan adalah hijau pucat.

Warna ini dapat mengatur suasana kamar anak yang terinspirasi oleh alam, terutama jika dipasangkan dengan boneka binatang atau seni dinding bertema binatang.

20. Dekorasi berwarna netral

20. Dekorasi berwarna netral
Pinterest.com

Mama tentu tak akan pernah salah menggunakan warna netral untuk dekorasi besar di kamar anak.

Selain tidak menimbulkan kesan "ramai" di kamar anak, warna-warna netral ini memberikan jangka waktu yang lebih panjang untuk digunakan. Bahkan bisa digunakan hingga anak remaja atau dewasa.

Di sisi lain, selalu menyenangkan bagi anak-anak kecil untuk menambahkan percikan warna di kamar, baik itu dari mainan, boneka binatang, bantal dan selimut. Warna netral juga membantu membuat ruangan terasa lebih bersih dan lebih bahagia.

Nah itulah 20 inspirasi dekorasi kamar anak perempuan yang menggemaskan. Mendekorasi kamar tidur balita bukanlah hal yang mudah! Karena kamar anak harus menjadi tempat yang patut dihargai anak selama bertahun-tahun sampai ia besar kelak.

Sehingga kunci yang baik untuk mendekor kamar anak perempuan adalah dengan mempertimbangkan minat dan hasratnya yang unik, sambil tetap berpegang pada pendekatan desain dan dekorasi yang jangka panjang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk