TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Catat! 7 Obat yang Ampuh Mengatasi Biduran pada Anak

Obat dapat menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi gatal akibat biduran

31 Juli 2022

Catat 7 Obat Ampuh Mengatasi Biduran Anak
toplinemd.com

Biduran atau urtikaria merupakan kondisi kulit yang umum bagi bayi dan anak-anak. Biduran adalah kondisi di mana muncul bentol-bentol merah pada kulit.

Bentol-bentol akibat biduran ini umumnya muncul beberapa dan ukurannya bisa bervariasi satu sama lain. Biduran memang bisa muncul di area kulit tertentu, tetapi bisa juga terjadi di seluruh tubuh. 

Biduran bisa menyebabkan rasa gatal yang luar biasa, dan bisa sangat mengganggu hingga membuat si Kecil tak nyaman seharian.

Namun Mama tak perlu khawatir, karena ada beberapa obat yang ampuh mengatasi biduran pada anak, mulai dari pengobatan rumahan hingga obat yang bisa dibeli di apotek.

Sebelum masuk ke daftar obatnya, Popmama.com juga telah menyiapkan informasi seputar apa saja yang menyebabkan biduran pada anak. Yuk simak di bawah ini!

Apa Penyebab Biduran pada Anak?

Apa Penyebab Biduran Anak
Huffingtonpost.ca

Biduran atau urtikaria dalam dunia medis, merupakan kondisi yang terjadi akibat reaksi alergen (zat penyebab alergi) tertentu pada tubuh. Kondisi ini umumnya ditandai dengan pembengkakan pada kulit seperti bentolan merah.

Bentol merah ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja, dengan tampilan seperti bintik-bintik kecil, bercak, maupun benjolan besar. Biduran dapat menimbulkan rasa gatal luar biasa, sehingga membuat anak menjadi tidak nyaman.

Dilansir dari Kids Health, beberapa reaksi alergi dapat menyebabkan biduran pada bayi, anak, dan orang dewasa. Misalnya seperti:

  • Suhu ekstrem
  • Stres
  • Infeksi
  • Beberapa penyakit (Lupus hingga hepatitis)
  • Makanan, terutama kerang, kacang tanah dan kacang pohon, susu, dan buah
  • Obat-obatan (antibiotik) dan suntikan alergi
  • Bulu hewan peliharaan dan hewan lainnya
  • Serbuk sari
  • Gigitan dan sengatan serangga

Tapi terkadang biduran juga tidak ada hubungannya dengan alergi. Penyebab lainnya termasuk:

  • Infeksi, termasuk virus
  • Olahraga
  • Kecemasan atau stres
  • Paparan sinar matahari
  • Paparan dingin, seperti air dingin atau salju
  • Kontak dengan bahan kimia
  • Menggaruk (dermatografi)
  • Memberi tekanan pada kulit, seperti duduk terlalu lama atau membawa ransel berat di atas bahu

Inilah mengapa, terkadang sulit bagi orangtua untuk mengetahui apa yang menyebabkan biduran pada anak, meskipun kadang-kadang dikaitkan dengan obat-obatan, makanan, serangga, atau infeksi.

Namun di lain waktu biduran bisa disebabkan oleh penyakit sistem kekebalan, seperti lupus.

Cara Mengatasi Biduran pada Anak

Dalam banyak kasus, biduran yang ringan biasanya tidak memerlukan pengobatan karena dapat hilang dengan sendirinya. Namun rasa gatal yang ditimbulkan bisa sangat mengganggu dan tidak nyaman, sehingga menyebabkan anak jadi rewel.

Untuk itu, ada beberapa obat yang bisa Mama berikan pada anak sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi gatal akibat biduran.

Berikut 7 obat yang ampuh mengatasi biduran pada anak:

1. Es batu

1. Es batu
Freepik.com/@racool_studio

Ketika anak mengalami biduran, pastikan untuk tidak mengompres kulit dengan kompres panas.

Karena selain menambah rasa gatal yang dialami, mengompres kulit yang terkena biduran dengan air panas bisa meningkatkan risiko iritasi pada kulit.

Sebaliknya, gunakan es batu yang dibalut dengan kain atau gunakan kompres air dingin pada bagian kulit yang mengalami biduran untuk menurunkan gejala yang dialami.

Editors' Picks

2. Lidah Buaya

2. Lidah Buaya
Freepik/jcomp

Mama mungkin sudah mengenal manfaat lidah buaya pada kulit sebagai anti-inflamasi.

Inilah mengapa lidah buaya juga menjadi salah satu menjadi bahan alami yang cukup efektif untuk mengatasi bagian kulit yang mengalami biduran.

Untuk mengaplikasikannya, Mama hanya perlu menggunakan bagian daging lidah buaya dan oleskan langsung pada bagian kulit si Kecil yang alami biduran. Lakukan ini secara rutin setiap hari hingga rasa gatal menghilang.

3. Oatmeal

3. Oatmeal
Pixabay/sunxiaoji

Dilansir dari WebMD, Mama juga dapat menggunakan oatmeal dalam mengatasi rasa gatal yang muncul akibat biduran.

Caranya, Mama bisa menggunakan oatmeal sebagai masker tubuh saat anak mandi. Usapkan campuran oatmeal dan air secara perlahan pada bagian-bagian tubuh anak yang mengalami biduran.

Sama seperti lidah buaya, kandungan anti-inflamasi dalam oatmeal dapat membantu mengurangi gatal yang dirasakan akibat biduran.

Pastikan Mama membilas tubuh anak dengan air yang tidak terlalu panas, karena dapat meningkatkan kembali rasa gatal pada kulit.

4. Minyak kelapa

4. Minyak kelapa
Freepik/jcomp

Pengobatan alami selanjutnya yang bisa Mama terapkan untuk mengatasi biduran pada anak adalah minyak kelapa.

Dilansir dari Allergy and Asthma Clinical Center, minyak kelapa mengandung pelembab dan anti bakteri yang efektif digunakan untuk mengatasi biduran 

Mama dapat mencoba mengolesi bagian kulit si Kecil yang gatal dan bengkak akibat biduran dengan minyak kelapa. Gunakan minyak kelapa secara rutin sampai rasa gatal hilang.

5. Antihistamin

5. Antihistamin
Freepik/user18526052

Ketika anak mengalami biduran karena reaksi alergi, tubuhnya melepaskan zat kimia bernama histamin yang menyebabkan munculnya gatal-gatal.

Sehingga, cara menghentikan produksi histamin untuk mengobati biduran pada anak, bisa dengan memberikan obat anti-histamin.

Berikut beberapa contoh obat antihistamin, yaitu:

  • Obat semprot hidung Azelastine (Astelin, Astepro)
  • Desloratadine (Clarinex)
  • Hydroxyzine (Atarax, Vistaril)

6. Mengoleskan lotion yang mengandung calamine

6. Mengoleskan lotion mengandung calamine
Healthline.com

Untuk mengatasi sakit, gatal, dan rasa tidak nyaman akibat ruam pada kulit, Mama juga bisa memberikan si Kecil lotion yang mengandung calamine. Mama dapat mengoleskan lotion ini pada kulit anak yang bentol dan kemerahan.

Namun sebelum mengoleskan lotion obat biduran, pastikan Mama telah membersihkan bagian tubuh anak yang terkena biduran sampai bersih. Setelah dioleskan, tunggu krim sampai benar-benar kering.

7. Mengoleskan krim topikal yang mengandung hydrocortisone

7. Mengoleskan krim topikal mengandung hydrocortisone
Healthline.com

Jika lotion dengan kandungan calamine tidak ampuh untuk mengatasi rasa gatal akibat biduran pada anak, dokter juga biasanya akan meresepkan obat krim topical 1% hydrocortisone.

Krim ini berfungsi untuk mengurangi bengkak, gatal, dan kemerahan akibat biduran.

Cara penggunaannya pun mudah, yaitu hanya mengoleskan krim ini pada area yang bentol di tubuh anak sesuai petunjuk dari dokter.

Nah itulah 7 obat yang ampuh mengatasi biduran pada anak. Perlu dicatat bahwa tidak semua orang cocok dengan obat yang sama. Jadi, penting untuk mencari tahu obat biduran apa yang paling sesuai dengan kondisi anak, untuk meredakan kondisi yang dialaminya.

Jika gejala tidak berkurang atau semakin bertambah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk