12 Rekomendasi Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak

Cocok untuk anak yang suka malas atau pilih-pilih makanan

24 Juni 2021

12 Rekomendasi Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak
Freepik/Yanadjana

Setiap anak penting untuk mengonsumssi makanan dan minuman yang bergizi tinggi, sebagai cara yang efektif untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Namun tak jarang, bertambahnya usia anak membuat beberapa anak seringkali pilih-pilih makanan.

Sebagian anak juga memiliki nafsu yang semakin berkurang, padahal kebutuhan nutrisi dan gizi paling dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Hal ini bisa membuat Mama khawatir mengenai kesehatan tubuh anak.

Salah satu cara yang bisa membantu adalah dengan memberikan suplemen untuk meningkatkan nafsu makan anak serta memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizinya yang kurang akibat pilih-pilih makan.

Jika nafsu makan si Kecil bagus, ia akan semangat untuk mengonsumsi berbagai hidangan yang Mama siapkan. Ini baik untuk menjaga imun tubuh anak.

Agar Mama tidak bingung memilih suplemen yang tepat, kali ini Popmama.com akan membahas 12 rekomendasi suplemen penambah nafsu makan anak. Simak daftarnya di bawah ini ya!

1. Apialys

1. Apialys
Doktersehat.com

Apialys merupakan salah satu jenis vitamin penambah nafsu makan anak yang sering direkomendasikan oleh banyak dokter anak. Apialys drop akan membantu anak dalam memenuhi vitamin hariannya,

Tak hanya itu, Apialys juga sekaligus menambah nafsu makan anak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga membantu tumbuh kembangnya agar semakin optimal.

Dalam satu botol kemasan vitamin Apialys terkandung Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D, se;ain itu juga ada kandungan lysine HCL, D-pantothenol, dan I-glutamic acid. Suplemen penambah nafsu makan anak ini juga aman untuk diberikan pada bayi hingga anak-anak.

Namun untuk memberikannya, tentu saja Mama harus mengikuti anjuran pemakaian, atau resep dari dokter.

2. Blackmores Superkids Multi Chewables

2. Blackmores Superkids Multi Chewables
Omnia.asia

Beberapa suplemen anak memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, namun Blackmores Superkids Multi Chewables memberikan solusi dengan 99,5 persen bebas gula. Walaupun bebas gula, produk ini tetap manis dari kandungan Xylitol dan Stevia yang lebih aman untuk metabolisme tubuh anak.

Bagi anak yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, maka produk ini bisa jadi pilihan tepat. Selain itu, produk ini menggunakan pewarna dan perasa alami yang diambil dari stroberi dan jus black carrot.

Tak hanya meningkatkan nafsu makan anak, kandungan vitamin dan mineralnya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang sulit atau pilih-pilih makanan.

Jika Mama tertarik untuk memberikan anak suplemen makanan yang satu ini, Blackmores Superkids Multi Chewables bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp.120.000,- dengan isi 60 tablet kunyah.

3. Curcuma Plus

3. Curcuma Plus
Shopee.co.id

Curcuma Plus ini dikenal sebagai penyelamat bagi Mama yang memiliki anak suka pilih-pilih makanan. Suplemen Curcuma Plus ini terbuat dari temulawak yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak-anak.

Selain itu juga memiliki ekstrak 11 sayuran dan buah-buahan pada vitamin ini, sehingga cocok untuk anak yang suka menolak makan sayur. Produk ini juga dapat diberikan untuk anak dari usia satu tahun ke atas dengan takaran satu kali sehari.

Walaupun memiliki bahan temulawak, Mama tak perlu khawatir anak akan menolaknya, karena vitamin ini hadir dengan rasa jeruk yang disukai anak. Untuk harganya, Curcuma Plus ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp.12.500,-.

4. Curmunos Sirup

4. Curmunos Sirup
Shopee.co.id

Tak hanya orang dewasa, anak juga bisa terserang gangguan terhadap nafsu makan kapanpun, sehingga Mama perlu siap sedia menyiapkan suplemen penambah nafsu makan anak. Salah satunya adalah Curmunos Sirup.

Sesuai namanya, suplemen ini berbentuk sirup yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil yang masih berada di masa pertumbuhan. Pemberian suplemen ini akan mencegah anak mengalami malnutrisi akibat sulit makan.

Produk ini mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti Vitamin A, B1, B2, B6, curcumin, DHA, Echinacea, kolustrum bovine, lysine, HCL, dan Dexpanthotenol. Selain meningkatkan nafsu makan dengan kandungan kurkuma nya, suplemen ini dapat menjaga daya tahan tubuh anak dengan baik.

Curcunos Sirup ini dapat diberikan pada anak mulai dari usia bayi enam bulan hingga anak usia dua tahun ke atas. Mama bisa mendapatkan suplemen penambah nafsu makan ini dengan harga mulai dari Rp.82.250,-

5. Fitkom

5. Fitkom
Gogobli.com

Rekomendasi suplemen penambah nafsu makan anak adalah Fitkom. Fitkom memiliki kandungan DHA, EPA, dan AA yang juga efektif untuk perkembangan otak anak, sehingga efektif dalam merangsang nafsu makan anak semakin bertambah.

Selain itu, Fitkom juga berbentuk vitamin berbentuk tablet hisap dengan rasa buah. Terdapat tiga pilihan rasa yang bisa dipilih sesuai rasa buah favorit anak, yaitu stroberi, jeruk, dan juga anggur. Memiliki rasa manis seperti permen, tentu tak akan sulit memberikannya pada anak secara rutin.

Suplemen makan Fitkom ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau yaitu mulai dari Rp.10.000,- untuk 21 tablet hisap.

Editors' Picks

6. GoVit

6. GoVit
Shopee.co.id

Siapa anak yang tak suka ngemil? Hampir semua anak senang mengisi waktu dengan cemilan. Namun, camilan yang tidak sehat justru meningkatkan berat badan anak dengan cara yang tidak sehat. Sebagai solusinya Mama bisa memberikan anak GoVit.

Tak seperti suplemen lainnya produk ini hadir dalam bentuk bubuk karena terbuat dari sereal sagon yang sehat. Karena bentuknya bubuk, camilan menimbulkan bunyi-bunyian yang menarik anak saat kemasannya dikocok.

GoVit mengandung 11 macam vitamin seperti Vitamin A, B9, dan D, serta empat macam mineral seperti zinc, zat besi, yodium, dan kalsium. Walaupun camilan, makanan ini tergolong rendah kalori karena mengandung 30 kalori per sajinya, dengan pilihan rasa cokelat, stroberi, keju, dan susu.

Harganya pun cukup bervariasi, tergantung kemasan yang dipilih. Jika Mama memilih kemasan karton dengan isi 120pcs maka dibanderol dengan harga mulai dari Rp.48.000an saja, namun jika membeli 10pcs, maka Mama bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp.5.900,-

7. Likurmin Sirup

7. Likurmin Sirup
Shopee.co.id

Likurmin Sirup bisa menjadi alternatif bagi anak yang sedang mengalami gangguan nafsu makan, karena vitamin ini bisa bekerja dengan baik untuk mendorong kemauan anak untuk makan. Mama juga tak perlu khawatir anak mengalami kekurangan nutrisi.

Sebab produk ini memiliki kandungan Vitamin B Kompleks, niacinamide, asam pantotenat, kurkuminoid menjaga keseimbangan nitrogen tubuh, dan asam amino yang mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Selain itu, Likurmin Sirup ini juga menyimpan kandungan berupa Lisin HCI yang merupakan asam amino untuk menunjang fungsi tubuh anak. Jika tertarik dengan manfaat yang diberikan, Mama bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp.52.800,-.

8. Mollers Tran Cod Liver Oil

8. Mollers Tran Cod Liver Oil
Mollers.com

Mollers Tran Cod Liver Oil merupakan suplemen yang berasal dari Norwegia, dan sudah dikenal akan kebaikannya untuk meningkatkan nafsu makan anak. Seperti namanya suplemen satu ini terbuat dari minyak hati ikan kod dari ikan kod segar tanpa melewati proses pengawetan.

Minyak hati ikan kod sendiri merupakan sumber nutrisi Vitamin A, Vitamin D, dan asam lemak omega-3 EPA dan DHA, yang diketahui baik untuk tubuh anak.

Minyak ikan kod dikenal baik untuk beberapa fungsi tubuh, seperti merangsang perkembangan otak, menjaga daya tahan tubuh, dan menambah nafsu makan. Suplemen makanan ini juga bisa dikonsumsi segala usia, bahkan dari anak-anak hingga lansia.

Khususnya untuk anak-anak, Vitamin D yang terdapat di produk ini juga baik untuk menunjang pertumbuhan tulang yang sehat.

Produk ini memiliki tiga pilihan rasa yaitu, natural, lemon, dan juga tutti frutti, dan tersedia dalam dua ukuran yaitu 250ml dan 500ml dengan harga mulai dari Rp.300.000,-

9. Scotts Emulsion

9. Scotts Emulsion
Blibli.com

Nama Scotts Emulsion mungkin sudah tak asing lagi di telinga Mama bukan? Hal ini karena Scotts Emulsion dikenal sebagai vitamin yang efektif untuk anak-anak yang sulit makan. Suplemen untuk anak usia 1-12 tahun ini mengandung minyak ikan kod ini kaya akan kandungan Vitamin A, Vitamin D, Omega-3 DHA dam EPA, serta kalsium.

Selain untuk meningkatkan nafsu makan anak, vitamin ini dipercaya mampu mendukung tumbuh kembang anak, serta menjaga daya tahan tubuh anak dengan baik. Scotts Emulsion juga memiliki dua varian rasa yang bisa dipilih, yaitu rasa jeruk dan rasa original.

Untuk harganya pun cukup terjangkau, Mama bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp.52.000,-

10. VegeBlend 21jr

10. VegeBlend 21jr
Gogobli.com

Sayuran memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak, namun tak jarang anak tidak suka makan sayur. VegeBlend 21jr hadir untuk memberikan solusi bagi si Kecil yang tidak suka makan sayur agar kebutuhan nutrisi dan seratnya tetap terpenuhi dan pencernaannya lancar.

VegeBlend 21jr mengandung 275mg sari sayur alami yang diambil dari 21 jenis sayur, 40mg serat sayur, dan juga berbagai vitamin dan mineral. Selain meningkatkan nafsu makan anak, produk ini juga memenuhi kebutuhan nutrisi sayur dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan otak anak.

Suplemen ini berbentuk kapsul, yang bisa diminum secara langsung atau mencampurkan isi kapsulnya pada makanan dan minuman anak. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Mama bisa memberikan satu kapsul setiap hari pada anak yang berusia satu tahun ke atas.

Jika ingin memenuhi kebutuhan sayur dan buah-buahan anak, Mama bisa membeli VegeBlend 21jr dengan harga mulai dari Rp.120.451,-

11. Vidoran Plus

11. Vidoran Plus
Shopee.co.id

Vidoran Plus adalah suplemen penambah nafsu makan anak yang mengandung Lysine, Curcuma, dan Omega 3. Suplemen ini memiliki varian rasa yang anak disukai anak, seperti rasa jeruk. Sehingga vitamin ini lebih mudah disukai oleh si Kecil karena rasanya yang segar.

Selain itu, vitamin yang menambah nafsu makan ini juga diformulasikan secara lengkap untuk meningkatkan proses belajar anak. Serta memaksimalkan daya tahan tubuh dan merangsang tumbuh kembang.

Vidoran Plus Syrup ini dibanderol dengan harga yang juga terjangkau, yaitu mulai dari harga Rp.14.500,- untuk ukuran 100ml.

12. Vitabumin

12. Vitabumin
Shopee.co.id

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satu manfaatnya yaitu menambah nafsu makan. Kandungan madu dalam Vitabumin telah terbukti baik untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Selain madu, suplemen ini juga mengandung asupan protein dan temulawak. Selain dipercaya untuk menambah nafsu makan, vitamin ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak serta menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit.

Jika tertarik untuk memberikan suplemen makanan Vitabumin pada anak, Mama bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp.40.000,-.

Nah itulah beberapa rekomendasi suplemen penambah nafsu makan anak. Walaupun suplemen memang bisa menjadi solusi mengatasi anak yang malas atau suka pilih-pilih makanan, namun tetnu anak tetap membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi.

Sehingga sebaiknya Mama juga berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi untuk mengetahui asupan makanan serta dosis pemberian suplemen yang tepat sesuai usia dan berat badan anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.