Selain "I Love You", Ini 11 Cara Mengungkapkan Rasa Cinta pada Anak

Tak hanya dari kata-kata, tindakan Mama juga dapat menunjukkan rasa cinta pada anak lho!

29 Juli 2021

Selain "I Love You", Ini 11 Cara Mengungkapkan Rasa Cinta Anak
Freepik/Prostooleh

Hadiah paling mendasar yang dapat orangtua berikan kepada anaknya adalah penerimaan, stabilitas, dan yang paling penting, cinta. Tentu saja setiap orangtua menyayangi anaknya, namun cinta bukanlah kata benda, itu kata kerja yang perlu ditunjukkan pada anak.

Menunjukkan cinta kepada anak, terkadang bisa menjadi rumit, tetapi ada cara-cara kecil untuk mengungkapkan cinta Mama kepada anak sehingga ia mampu merasakannya, dan perasaan cinta orangtua dapat meningkatkan setiap aspek kehidupan anak.

Bagaimana cara menunjukkan rasa cinta pada anak selain mengucapkan kata " i love you"?

Simak 11 cara mengungkapkan rasa cinta untuk anak yang telah Popmama.com tulis di bawah ini.

1. Selalu mendengarkan anak mama

1. Selalu mendengarkan anak mama
Freepik/Gpointstudio

Anak ingin tahu bahwa dirinya penting bagi Mama dan bagaimana cara yang baik untuk melakukan itu? Pastikan anak tahu bahwa Mama tertarik dengan pemikirannya.

"Letakkan barang elektronik dan tunjukkan minat yang tulus pada apa yang dikatakan anak. Bicaralah dengannya, minta pendapatnya tentang berbagai subjek di dunia nyata, dan tunjukkan bahwa pemikiran dan idenya adalah sesuatu yang menarik dan penting." menurut Amy Morin, seorang psikoterapis, yang dilansir dari Parents.

2. Bermain bersama

2. Bermain bersama
Freepik/freepik

Tidak perlu menjadikan semuanya sebagai aktivitas belajar atau tantangan. Mama dapat menemukan cara untuk bersenang-senang bersama.

Mulai dari bermain permainan bersama, menjadi konyol, dan memasuki dunia anak-anak.

"Biarkan waktu yang tidak terstruktur hanya untuk bersama. Ini adalah cara terbaik untuk menjalin ikatan dengan anak dan menunjukkan kepadanya bahwa Mama menghargainya untuk menciptakan waktu yang dapat dihabiskan bersama." ujar Morin

3. Berikan anak pelukan yang banyak

3. Berikan anak pelukan banyak
Freepik/Pch.vector

Mengatakan "Aku mencintaimu" kepada anak memang sangat penting, tetapi jangan meremehkan kekuatan sentuhan fisik dalam memperkuat ikatan cinta dengan anak di setiap usianya.

"Khususnya bagi anak yang usia lebih besar dan remaja, yang tidak lagi berlari meminta, namun mereka masih membutuhkan sentuhan fisik sama seperti orang dewasa. Berusahalah untuk memeluknya setiap hari sebanyak mungkin," kata Peg Sadie, seorang psikoterapis dan pelatih perawatan diri.

4. Tunjukkan dengan gerakan-gerakan kecil

4. Tunjukkan gerakan-gerakan kecil
Freepik/lookstudio

Ketika Mama atau anak bukan tipe-tipe orang yang berani menunjukkan rasa cinta atau bermanja-manjaan, Mama masih bisa menunjukkan rasa cinta pada anak dengan gerakan kecil.

Misalnya, Morin menyarankan agar Mama menulis catatan dan memasukkannya ke dalam makan siang anak, kemudian Mama juga bisa memberikan pujian, mengajak tos, mengatakan hal-hal baik tentang anak di depan orang lain.

"Tindakan Mama berbicara banyak tentang seberapa besar Mama peduli pada anak. Anak akan merasa dicintai ketika Mama melakukan hal-hal kecil ekstra untukmnya atau ketika Mama mengatakan hal-hal baik tentangnya." tambah Morin.

Editors' Picks

5. Buatlah rutinitas khusus bersama

5. Buatlah rutinitas khusus bersama
Freepik

Rutinitas ini harus rumit atau mahal. Karena hal yang perlu diberikan kepada anak adalah waktu Mama. Ini bisa Mama lakukan secara sederhana, seperti ucapan atau rutinitas sebelum tidur yang menyenangkan, atau membuat kue favorit bersama di hari Minggu.

Apapun itu, Mama dapat melakukannya secara rutin, dan buatlah setiap rutinitas menjadi hal yang unik dan spesial untuk anak.

6. Sertakan anak dalam keputusan keluarga

6. Sertakan anak dalam keputusan keluarga
Freepik/Yanalya

Meminta masukan anak apakah ia ingin menikmati makan di rumah atau di restoran, atau sesuatu yang lebih besar seperti apa yang anak pikirkan tentang liburan di akhir semester.

Dengan menunjukkan sikap Mama yang mengakui bahwa apa yang anak katakan penting dan bahwa Mama menghargai pendapatnya, dapat meningkatkan rasa memiliki dan juga rasa aman baginya di dalam keluarga.

7. Pertahankan rutinitas anak sehari-hari

7. Pertahankan rutinitas anak sehari-hari
Freepik/Fwstudio

Anak-anak berkembang dengan konsistensi, sehingga penting bagi Mama untuk memertahankan kebiasaan anak selama di rumah.

"Pertahankan waktu tidur anak, waktu makan, waktu bangun, jadwal pekerjaan rumah, dan kegiatan ekstra kurikuler. Semakin stabil kehidupan dan rutinitas anak, maka akan akan semakin merasa aman dan dicintai, dan semakin sedikit kecemasan yang mungkin anak rasakan." ujar Fran Walfish, Psy.D., psikoterapis keluarga dan hubungan, yang dilansir dari Parents. 

8. Perhatikan semua anak secara adil

8. Perhatikan semua anak secara adil
Pexels/Ketut Subiyanto

Jika Mama memiliki dua atau lebih, membuat masing-masing anak merasa dicintai, aman, dan penting membutuhkan lebih banyak perencanaan dan pemikiran. Sehingga bagaimana cara melakukannya?

Pertama, Mama perlu menghormati individualitas mereka. Jangan bandingkan anak-anak dan dukung semua bakat dan usaha mereka.

Jika satu anak ingin menjadi pemain sepak bola dan yang lain ingin menjadi pemain musik, tunjukkan bahwa Mama menghargai minat mereka, bahkan ketika itu bukan hal yang Mama mengerti.

Kedua, menghabiskan waktu masing-masing untuk setiap anak. Tentu setiap anak ingin dan perlu merasa penting. Maka Luangkan setidaknya 10 hingga 15 menit setiap hari untuk memberikan perhatian anak satu per satu saat melakukan aktivitas yang disukai mereka.

Tentunya ini adalah waktu lain ketika Mama juga harus mematikan telepon dan hanya fokus pada masing-masing anak.

9. Sadari bahwa dinamika keluarga itu adalah hal penting

9. Sadari bahwa dinamika keluarga itu adalah hal penting
Freepik

Mama mungkin tidak menyadari bahwa dinamika keluarga memengaruhi anak, namun sebenarnya lingkungan anak dapat berperan dalam membuatnya merasakan cinta kasih dari orangtua.

Anak dapat belajar banyak tentang hubungan dengan melihat bagaimana orangtuanya berinteraksi.

"Orangtua yang menunjukkan kasih sayang dan cinta satu sama lain mengajari anak-anak bagaimana memperlakukan anggota keluarga," kata Morin.

Menjadi panutan yang baik sangatlah penting karena anak memerhatikan semua yang orangtuanya lakukan.

10. Pahami bahwa materi tidak setara dengan rasa cinta

10. Pahami bahwa materi tidak setara rasa cinta
Freepik/Prostooleh

Ini mungkin terdengar klise, tetapi anak mama akan lebih menyukai kehadiran Mama daripada hadiah dari Mama. Mama dapat membayangkan kembali masa kecil Mama dan mempertimbangkan apa yang paling diingat.

"Mama mungkin akan ingat melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama orangtua dan justru tidak ingat apa yang didapatkan untuk ulang tahun yang ke 10 tahun," ujar Morin.

Dengan mengingat hal itu, penting untuk memikirkan pelajaran hidup yang Mama ingin anak pelajari dan jenis kenangan yang ingin Mama ciptakan bersamanya.

11. Dukung anak bahkan pada saat ia melakukan kesalahan

11. Dukung anak bahkan saat ia melakukan kesalahan
Freepik/Gpointstudio

Anak perlu tahu bahwa ia dicintai bahkan jika melakukan kesalahan. Beri tahu bahwa Mama bangga padanya karena mengambil tanggung jawab dan kemudian menggunakannya sebagai kesempatan belajar untuk masa depan.

Ketika anak melakukan kesalahan, coba untuk mendiskusikan situasi dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini, "apa yang kamu pelajari? Apa yang akan kamu lakukan secara berbeda lain kali?"

Ini dapat memberi anak pesan bahwa ia tidak apa-apa jika tidak selalu sempurna, karena sewajarnya tidak ada manusia yang sempurna. Tetapi Mama meyakinkan anak bahwa ia akan mengetahuinya dan mampu untuk mengelola perilakunya agar lebih baik.

Pada saat yang sama, Mama juga membangun kepercayaan diri anak karena telah membantunya menemukan cara untuk memperbaiki kesalahannya alih-alih turun tangan secara langsung saat anak mengalami masalah. 

Wah ternyata ada banyak cara ya untuk menunjukkan rasa cinta pada anak selain dari ucapan "I Love You" . Kalau Mama sendiri, bagaimana cara untuk menunjukkan rasa cinta pada anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.