Sering Menjadi Ancaman, ini 5 Manfaat Internet untuk Anak

Seringkali menjadi "ancaman", internet sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk anak

10 Mei 2021

Sering Menjadi Ancaman, ini 5 Manfaat Internet Anak
Freepik/Fwstudio

Mungkin Mama sering membaca dampak buruk internet bagi kehidupan balita karena dapat merusak kesehatan serta pikiran anak. Hal ini membuat orangtua membatasi anak dalam penggunaan media, baik ponsel, tablet, laptop, dan lain-lain.

Terlalu banyak bermain video game di TV atau bermain ponsel sampai larut malam secara berlebihan tentu saja berbahaya. Namun, sama seperti lainnya, ada dua sisi koin. Internet juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk perkembangan anak prasekolah.

Strategi yang dipikirkan dengan matang untuk anak bisa bermanfaat untuk mengembangkan keterampilannya. Berikut Popmama.com telah merangkum daftar 11 manfaat internet untuk anak prasekolah yang perlu Mama tahu!

1. Mendorong literasi komputer

1. Mendorong literasi komputer
Freepik

Karena perkembangan teknologi di dunia saat ini, melek komputer sama pentingnya dengan belajar membaca dan menulis. Bahkan memasuki sekolah dasar, anak telah dikenalkan dengan mata pelajaran komputer.

Menjauh dari ponsel, komputer, atau laptop sama sekali bukan hal yang mudah untuk anak, dan semakin dini anak-anak mempelajari berbagai aspek pengoperasian perangkat tersebut, maka semakin baik anak untuk menggunakannya dengan bijak.

2. Mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus

2. Mengembangkan keterampilan motorik kasar halus
Freepik

Untuk balita, ada beberapa permainan di internet yang mengharuskannya untuk menggerakkan jari dengan cepat di atas keyboard atau menggunakan mouse dengan cekatan.

Semua ini membantunya untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Permainan video bisa sangat membantu mengembangkan koordinasi tangan-mata, terutama pada anak-anak yang lebih besar.

Namun pastikan untuk memiliki pembatasan waktu layar serta menjauhi anak dari permainan yang mengandung kekerasan.

3. Membantu dalam proyek sekolah

3. Membantu dalam proyek sekolah
Freepik/Ake1150sb

Saat sekolah nanti, anak mungkin akan ditemukan dengna tugas-tugas yang membutuhkan internet. Dibalik sisi engatifnya, iInternet bisa sangat membantu sebagai asisten kelas. Anak nantinya tak akan punya masalah lagi dengan tugas sekolah.

Ia akan mendapatkan banyak ide secara online. Bahkan anak mama nantinya bisa belajar bagaimana membuat model tata surya, misalnya dengan mendaur ulang bahan-bahan yang ada di sekitar rumah. Jadi, anak akan mendapatkan keterampilan kerajinan, pengetahuan sains, dan sumber daya bersama-sama!

4. Menjawab rasa penasaran

4. Menjawab rasa penasaran
Freepik/Zinkevych

Semua orang tahu betapa penasarannya anak balita. Mama tidak perlu membiarkan rasa ingin tahunya hilang, dengan tidak menjawab pertanyaan anak atau menyuruhnya untuk tidak menanyakan hal-hal yang tidak diketahui.

Sebaiknya, gunakan saja internet untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Ini juga akan mendorong anak untuk mengajukan lebih banyak pertanyaan, yang menjadi dasar pembelajaran.

Editors' Picks

5. Mengembangkan minat

5. Mengembangkan minat
Pexels/Elly Fairytale

Kebanyakan anak prasekolah sangat tertarik pada sesuatu atau yang lain, dan beberapa darinya yang terus seperti itu sampai remaja. Internet dapat sangat membantu dalam mengembangkan minat ini dan menyediakan informasi yang ia cari.

Misalnya, wilayah tempat tinggal anak mungkin tidak memiliki tempat wisata seperti museum luar angkasa untuk dikunjungi, jadi Mama dapat menunjukkan kepadanya dokumenter TV atau video YouTube yang terkait dengan luar angkasa

6. Memberikan inspirasi

6. Memberikan inspirasi
Freepik/Alexander-safonov

Jika Mama mencarinya, seringkali ada tayangan di internet yang membahas tentang orang-orang terkenal dan inspiratif yang dapat mempengaruhi si Kecil dengan cara yang positif. Beberapa film yang ditayangkan secara online juga bisa berhasil, terutama jika anak mengidolakan karakter di dalamnya.

Misalnya, anak mama adalah seseorang yang pemalu, mungkin ia menikmati dan terinspirasi oleh film yang menampilkan karakter serupa untuk mengatasi rasa malunya. Kemudian anak dapat mengikuti caranya atau menemukan cara sendiri untuk menghilangkan rasa malu dalam dirinya.

7. Memberikan eksposur pada seni

7. Memberikan eksposur seni
Freepik/Khromkrathok

Tidak semua anak memiliki akses untuk menyaksikan pagelaran seni atau konser, sehingga internet menjadi cara yang tepat untuk mengenalkan anak pada berbagai bentuk seni. Salah satunya dari film atau series tentang seni, baik bernyanyi, menari, melukis, dan lain-lain.

Melihat karya yang disajikan dengan menarik, dapat menginspirasi si Kecil untuk mencoba versinya sendiri juga. Mama dapat menemukan berbagai acara TV yang mengajarkan anak-anak tentang banyak kegiatan seni dan kerajinan.

8. Meningkatkan ikatan keluarga

8. Meningkatkan ikatan keluarga
Freepik

Tidak ada yang lebih baik daripada menyaksikan film lucu untuk membuat seluruh keluarga tertawa bersama di akhir pekan. Saat ini, tak sedikit keluarga yang sangat sibuk, dengan setiap anggota memiliki hari-hari yang padat sepanjang minggu.

Penggunaan internet juga dapat meningkatkan peluang ikatan yang tepat, ketika seluruh keluarga berkumpul di penghujung hari atau di Hari Minggu untuk menonton film bertema keluarga atau tayangan streaming yang bagus.

9. Meningkatkan kesadaran

9. Meningkatkan kesadaran
Freepik/Angel.nt

Anak-anak, terutama remaja seringkali terkena banyak pengaruh negatif di sekolah dan di lingkungan luar rumah. Salah satu cara tepat untuk membantu anak memahami benar dan salah adalah menyadarkannya sejak usia muda.

Dengan adanya internet, Mama dapat memberi tahu anak apa saja bahaya dari tindakan negatif, seperti narkoba, pergaulan bebas, minuman keras, dan lain-lain. Serta memberi tahunya dampak yang terjadi jika melakukan hal tersebut.

10. Mendorong rasa toleransi perbedaan

10. Mendorong rasa toleransi perbedaan
Freepik/Racool-studio

Media baik online atau media massa lainnya memiliki kekuatan untuk memberikan informasi kepada anak-anak ke bagian lain dunia, tanpa harus benar-benar pergi ke sana.

Melihat bagaimana orang lain makan, berpakaian, dan hidup di negara lain dapat sangat memperluas perspektif seorang anak dan mengajarinya tentang budaya yang berbeda.

Anak-anak juga dapat belajar menghargai kenyataan bahwa terlepas dari perbedaan lahiriah, ekonomi, dan latar belakang kehiduoan, manusia itu semua sama.

11. Walaupun banyak manfaat, tetap hindari penggunaan berlebihan

11. Walaupun banyak manfaat, tetap hindari penggunaan berlebihan
Freepik/Nitayuko

Tidak berlebihan adalah kuncinya. Batasi waktu layar menjadi sekitar satu jam sehari untuk balita dan dua jam untuk anak prasekolah. Pastikan waktu ini dibagi menjadi interval setengah jam sepanjang hari untuk menghindari pemborosan.

Setel pengaturan anak di TV dan instal perangkat lunak yang aman untuk anak di komputer. Yang terbaik adalah menyimpan komputer di ruang terbuka, di tempat yang dapat dengan mudah dipantau.

Nah itulah beberapa manfaat dari internet yang bisa anak dapatkan. Walaupun seringkali menjadi ancaman untuk anak-anak, dengan beberapa tindakan pencegahan sederhana, Mama dan anak dapat memanfaatkan semua yang ditawarkan oleh media modern untuk menambah ilmu pengetahuan dan kegiatan yang menyenangkan untuk keluarga.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.