10 Superfood untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Anak

Pastikan untuk memasukkan makanan ini sebagai menu makanan anak sehari-hari ya, Ma!

14 Januari 2022

10 Superfood Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Anak
Freepik/Gpointstudio

Sangat umum bagi orangtua untuk melihat anak-anak mereka yang sakit karena kebiasaan makan yang tidak tepat. Sehingga penting bagi anak untuk memiliki pola makan yang seimbang sehingga dapat membantu mencegah anak dari sakit.

Beberapa makanan dikenal sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan menangkal penyakit. Sistem imun atau kekebalan adalah jaringan sel dan jaringan yang bekerja sama untuk melawan penyakit.

Ini adalah sistem bawaan yang melindungi anak dari penyakit berbahaya dan membantunya tetap sehat serta tahan terhadap penyakit. Nah, kira-kira makanan apa saja yang mampu meningkatkan sistem imun anak?

Berikut Popmama.com telah merangkum 10 superfood untuk meningkatkan sistem imun tubuh anak. Simak daftarnya di bawah ini ya Ma!

1. Sayur-sayuran

1. Sayur-sayuran
Pixabay/MabelAmber

Meskipun hampir setiap anak menolak untuk makan sayur-sayuran, sayuran hijau sangat bagus untuk anak-anak karena dapat membantu membangun kekebalan dan melindungi DNA dari penyakit berbahaya.

Tak hanya itu saja, sayur-sayuran juga mengandung nutrisi antioksidan yang dapat membantu melawan kanker. Fenugreek dan bayam adalah sumber zinc, zat besi, dan asam folat yang baik. Sehingga dapat dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat.

2. Makanan dengan sumber protein

2. Makanan sumber protein
Pinterest/blogilates

Untuk membangun kekebalan pada anak, mereka harus mendapatkan sumber protein yang cukup seperti telur dan susu. Misalnya seperti kuning telur yang merupakan sumber dari Vitamin A, mineral, dan antioksidan. Kuning telur juga mengandung nutrisi penting ini untuk membantu melawan infeksi.

Selain itu Mama juga bisa memberikan kacang-kacangan, yang merupakan sumber protein yang bagus untuk anak yang vegetarian. Makanan yang menjadi sumber protein lainnya adalah dada ayam, keju cottage, greek yoghurt, dan kacang almon.

3. Yoghurt

3. Yoghurt
Freepik/Racool_studio

Seperti yang disebutkan di atas, yogurt merupakan sumber protein yang baik dan membantu memperkuat saluran pencernaan pada anak-anak. Menariknya, yoghurt juga bisa dinikmati sebagai camilan sehat yang menyegarkan si Kecil saat cuaca panas.

Bakteri baik dalam yogurt dapat membantu melawan dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat di perut.
Yoghurt tanpa gula tambahan sangat bagus untuk anak-anak, untuk menambah rasa manisnya, Mama dapat menambahkan buah-buahan yang disukai balita.

Yoghurt juga dapat membantu menjaga balita dari infeksi perut.

4. Bawang putih

4. Bawang putih
Freepik/jcomp

Tahukah Mama bahwa memasukkan bawang putih secara teratur dalam makanan balita, dapat membantunya menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit? Hal ini karena bawang putih dikenal memiliki sifat anti-virus dan antibakteri.

Kandungan Allicin dalam bawang putih merupakan antibiotik kuat yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai infeksi. Ini dilepaskan saat bawang putih dihancurkan atau dikunyah.

Tak hanya itu saja, bawang putih juga telah digunakan sebagai agen antiseptik dan antibakteri. Ini dapat membantu tubuh melawan berbagai jenis bakteri penyebab penyakit.

Editors' Picks

5. Oat dan Barley

5. Oat Barley
Pixabay/sunxiaoji

Gandum utuh adalah pilihan yang sehat karena mengandung beta-glukan, yang memiliki sifat antimikroba. Ini juga dapat membantu menjaga usus dan perut tetap bersih.

Secangkir gandum menyediakan sekitar 10 persen dari nilai harian berbagai nutrisi, termasuk zinc, protein, zat besi, dan vitamin B1, yang dapat memicu respons imunologis dalam tubuh dan membantu melawan penyakit.

Ini juga dikenal untuk membantu mencegah masuk angin dengan membantu mencegah bakteri berkembang biak. Serta dapat melindungi sel-sel tubuh balita dari infeksi, inilah sebabnya mengapa zinc harus sering dikonsumsi selama musim dingin.

Selain itu, barley juga kaya akan vitamin B1, yang juga dikenal sebagai tiamin. Kandungan serat tambahan di dalamnya, akan membantu balita dalam menjaga sistem pencernaannya berjalan lancar. 

6. Wortel

6. Wortel
Pexels/mali maeder

Sayuran berwarna oranye yang dikenal dengan Vitamin A ini, juga mengandung Vitamin C yang membantu menyehatkan tubuh dan mengembangkan sistem imunologi. Seperti yang Mama tahu, Vitamin C dapat membantu menyehatkan.

Vitamim C ini juga digunakan untuk mengobati zat besi dan mencegah infeksi. Komponen ini membantu menjaga lapisan lendir di saluran pernapasan dan usus tubuh tetap sehat, serta mencegah bakteri memasuki aliran darah dan menyebabkan penyakit.

7. Jamur

7. Jamur
Freepik/stockking

Jamur sangat baik untuk kekebalan tubuh manusia, karena makanan yang satu ini merupakan sumber zinc yang bagus. Jamur dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi sel darah putih.

Zat ini juga dapat membantu dalam pengembangan kekebalan. Berbagai jenis jamur memiliki sifat anti virus dan anti tumor. Sehingga dapat membantu menangkis pilek dan kasus flu yang umum terjadi pada anak-anak.

Mama bisa mengolah kacang polong jamur menjadi makanan sehat untuk balita dengan menambahkan berbagai sayuran ke dalamnya.

8. Kacang-kacangan

8. Kacang-kacangan
Freepik/8photo

Penting untuk memberikan si Kecil camilan kacang pada jam-jam tertentu, sehingga ia bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Balita juga bisa mendapatkan keuntungan dari nutrisi yang ditemukan dalam kacang.

Seperti yang telah disebutkan di atas, kacang-kacangan penuh nutrisi dan diketahui mengandung berbagai mineral dan protein. Mereka juga dapat digunakan sebagai bahan dalam masakan buatan sendiri.

Dorong anak-anak untuk mencoba berbagai jenis kacang-kacangan, seperti pistachio, almond, dan kenari

9. Buah-buahan

9. Buah-buahan
Freepik/Azerbaijan-stockers

Dengan begitu banyak buah untuk dipilih, inilah saatnya untuk memastikan bahwa si Kecil telah mendapatkan cukup asupan buah setiap harinya. 

Dilansir dari Physicians Committee for Responsible Medicine, mengonsumsi buah dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan juga mengandung nutrisi yang dapat mengurangi stres.

Coba tambahkan buah lain seperti beri, melon, atau bahkan beberapa apel dan pisang dalam menu makanan anak setiap harinya. Selain menjadi camilan yang manis dan segar, buah-buahan dapat membantu meningkatkan kesehatannya.

10. Ikan

10. Ikan
Pexels/Valeria Boltneva
Ikan Salmon

Superfood lainnya yang dapat membantu meningkatkan sistem imun anak adalah ikan. Ikan dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini juga merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang bagus untuk tumbuh kembang anak-anak.

Selain itu, asam ini juga dapat membantu menurunkan peradangan, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kecerdasan di usia awal kehidupan, mengurangi gejala ADHD pada anak, dan masih banyak lagi.

Beberapa ikan yang mengandung lemak Omega-3 adalah Ikan salmon, sarden, makarel atlantik, ikan kod, ikan haring, ikan trout danau, dan tuna.

Nah itulah beberapa superfood untuk meningkatkan sistem imun tubuh anak. Jadikan menu makanan anak menjadi lebih sehat dan lezat, dengan menambahkan makanan penting ini ke dalam makanan si Kecil.

Mengenalkan anak pada makanan sehat sejak dini, dapat membiasakannya untuk hidup sehat hingga usia dewasa nanti.

Semoga informasinya bermanfaat ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.