Yuk Coba! 5 Kerajinan Bertema Alam yang Bisa Anak Buat di Rumah

Alam dapat memberikan inspirasi agar anak menjadi lebih kreatif dan percaya diri

5 Juli 2021

Yuk Coba 5 Kerajinan Bertema Alam Bisa Anak Buat Rumah
Freepik/Marketlan

Menghabiskan waktu di luar ruangan, dapat membantu meningkatkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan kepercayaan diri si Kecil.

Walaupun saat ini anak harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah,  tetap penting untuk membiarkan ia keluar, seperti ke halaman belakang atau teras depan rumah, dan mengambil inspirasi dari alam.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan anak-anak di luar ruangan, dan ini bisa menjadi ide-ide baru untuk kerajinan alam. Dengan imajinasi, tanah, kerang, daun, bunga, dan ranting, ini bisa disulap menjadi karya seni.

Karya seni apa saja yang dapat si Kecil coba? Popmama.com telah membuat daftar beberapa kerajinan alam mudah yang dapat dicoba oleh balita. Simak beberapa inspirasinya di bawah ini!

1. Lukisan daun

1. Lukisan daun
cedarwoodschool.org

Lukisan daun ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk balita dan juga untuk Mama, karena Mama memiliki dekorasi baru yang bisa dipajang di rumah. Cara membuatnya pun mudah, pilih sebanyak mungkin daun kering dari halaman.

Biarkan si Kecil terlibat dalam prosesnya, dengan membiarkannya memilih berbagai ukuran daun yang bisa ditemukan. Berikan anak kuas dan cat air, dan biarkan ia mewarnai atau melukis di daun-daun yang telah dikumpulkannya.

Lalu tempelkan daun yang diwarnai tersebut ke selembar kertas menggunakan lem. Agar lebih awet, Mama bisa menggunakan bingkai foto sebelum menggantungnya di dinding.

Editors' Picks

2. Mewarnai kerang

2. Mewarnai kerang
Pinterest.com/Debra Hartman

Memiliki kerang-kerang yang dikumpulkan dari pantai? Kini, Mama dan balita bisa kerang tersebut menjadi lebih menarik. Ada banyak hal yang bisa dilakukan balita dengan kerang. Misalnya Mama bisa membiarkannya mewarnai cangkang menggunakan warna berbeda.

Lalu biarkan anak memasang kerang tersebut untuk dipajang sesukanya. Ukuran kerang yang lebih kecil dapat direkatkan di sepanjang tepi bingkai foto sebagai hiasan.

3. Ubah foto menjadi karya seni

3. Ubah foto menjadi karya seni
bakerross.co.uk

Temukan foto full body anak yang memiliki latar belakang polos. Pastikan itu adalah foto yang besar, sehingga memudahkan anak membuat karya ini.

Lalu Minta anak untuk mengumpulkan dekorasi dari alam, seperti bunga kering, daun, ranting, dan kulit dari halaman rumah. Bersama anak, susun dekorasi alam tersebut di atas foto yang dipilih.

Misalnya, anak bisa meletakkan daun di kakinya agar terlihat seperti sedang memakai rok dari daun. Tempatkan kulit kayu di sekitar tepi foto untuk membuat bingkai.

Mama dapat memilih untuk merekatkan dekorasi tersebut pada foto, atau jika tidak ingin merusak foto aslinya, Mama bisa hanya mengaturnya dan kemudian mengambil foto karya seni tersebut, dan kemudian dicetak dan dibingkai.

4. Pembatas buku dari daun

4. Pembatas buku dari daun
aberlehome.com

Memiliki pembatas buku dari daun buatan sendiri dapat meningkatkan motivasi anak untuk membaca buku favoritnya. Pertama, anak dapat memilih berbagai daun dan bunga dengan warna, ukuran, dan bentuk yang berbeda.

Lalu ambil selembar kertas karton kecil dan potong menjadi bentuk persegi panjang. Dengan menggunakan lem, tempelkan bunga dan daun pada karton.

Tempatkan karton di tengah buku besar dan tekan di sana sampai semua bunga dan daun rata di atas karton. Anak dapat menggunakan sedikit pita untuk menghias tepi pembatas buku. Pembatas buku ini juga dapat diberikan kepada anggota keluarga atau teman lain sebagai hadiah.

5. Kincir dari daun

5. Kincir dari daun
mothernatured.com

Setiap anak tentu senang bermain kincir angin bukan? Perpaduan warna kincir yang menarik akan membuatnya semakin indah saat tertiup angin. Untuk membuatnya, ambil beberapa daun kering besar dan bantu anak untuk membentuknya menjadi bentuk baling-baling kincir kecil.

Kemudian ambil tongkat besar dan sematkan kincir di bagian atas. Pastikan kincir dapat dengan mudah bergerak saat tertiup angin. Mama dapat menggunakan ini untuk menghias halaman atau membiarkan anak bermain dengannya.

Nah itulah beberapa pilihan kerajinan bertema alam yang bisa Mama lakukan bersama si Kecil di rumah. Pilih kerajinan yang tidak terlalu rumit untuk anak agar ia tidak frustrasi. Membiarkan balitamembuat kerajinan alam adalah cara yang tepat untuk mengajarinya menjadi kreatif.

Lalu, hindari untuk terlalu terlibat dalam kerajinan ini dan hanya membantu ketika anak meminta bantuan atau ketika harus menggunakan peralatan yang memerlukan pengawasan orang dewasa. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.