Eksklusif: Sedang LDR, Ini Cara Nina Zatulini Mengasuh Anak dalam Kondisi Hamil

Nina Zatulini anggap saat sedang kerja, anak itu seperti obat hati

20 Oktober 2020

Eksklusif Sedang LDR, Ini Cara Nina Zatulini Mengasuh Anak dalam Kondisi Hamil
Dok. Pribadi/Nina Zatulini

Kesibukan dan pandemi membuat Nina Zatulini harus menjalani long distance relationship (LDR) bersama suaminya, Chanda Tauphan.

Saat ini, Nina berada di Jakarta bersama kedua anaknya, sedangkan sang suami sedang berada di Makassar. Kondisi ini pun menciptakan berbagai cerita seru yang dialami oleh Nina Zatulini saat menjalani peran Mama yang sedang mengandung anak ketiga.

Penasaran seperti apa Nina Zatulini mengasuh dua anak dan tengah mengandung anak ketiga? Yuk, simak wawancara eksklusif Popmama.com dengan Nina Zatulini di bawah ini Ma!

1. Cara Nina Zatulini menemani kesibukan anak selama di rumah saja

1. Cara Nina Zatulini menemani kesibukan anak selama rumah saja
Dok. Pribadi/Nina Zatulini
nina zatulini

Pandemi memang merubah kebiasan hidup semua orang, termasuk Nina Zatulini dan keluarga. Mau tak mau, aktivitas luar rumah harus dibatasi demi kesehatan dan keselamatan bersama. Namun, ternyata waktu di rumah saja yang berkepanjangan sudah mulai memengaruhi anak pertama Nina Zatulini, yaitu Kenzie Naratama Chandra. 

Nina bercerita bahwa Kenzie mulai bertanya kenapa dirinya kini mulai jarang pergi ke luar rumah. “Anak saya bilang, Mama kok Kenzie nggak pernah keluar? Kan kenzie bosen. Mama kok Kenzie nggak pernah diajak pergi?,” kata Nina. 

Oleh karena itu, Nina pun harus putar otak untuk mencari cara agar anaknya tidak cepat bosan selama di rumah. Mulai dari mengajak jalan-jalan sebentar, sampai membelikan permainan sensory play. Wah, Mama bisa coba tiru apa yang dilakukan oleh Nina Zatulini agar anak-anak tak merasa bosan saat di rumah saja.

2. Nina Zatulini sempat kewalahan menghadapi kehebohan dua anak di tengah kehamilan

2. Nina Zatulini sempat kewalahan menghadapi kehebohan dua anak tengah kehamilan
Dok. Pribadi/Nina Zatulini
nina zatulini

Mengurus dua anak yang masih balita sambil mengandung tentu tak mudah. Apalagi Nina juga saat ini sedang menjalani LDR bersama suaminya. Tak bisa dipungkiri, rasa lelah itu pasti ada. “Apalagi dengan anak yang jeda umurnya dikit-dikit nih. Itu kesabaran sih yang diuji banget,” kata Nina. Pastinya Mama juga pernah merasakan hal yang sama, bukan? 

Inilah pentingnya komunikasi antara Mama dan si Kecil. Jika Mama mulai merasa kewalahan dengan kehebohan si Kecil, tak ada salahnya lho untuk memberikan pengertian kepada anak. Cara ini bahkan juga dilakukan oleh Nina Zatulini kepada anak-anaknya. “Jadi anak tuh sebenernya bisa paham kalau kita bisa ngomongin,” kata Nina.

Editors' Picks

3. Nina Zatulini mengundang guru les private untuk mengisi kegiatan anak

3. Nina Zatulini mengundang guru les private mengisi kegiatan anak
Dok. Pribadi/Nina Zatulini
nina zatulini

Cara ini dilakukan oleh Nina Zatulini agar anak-anaknya bisa tetap berkegiatan selama di rumah. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Menurut Nina, anak-anaknya kurang cocok untuk belajar secara online, sehingga perlu adanya interaksi langsung dengan pengajar atau pembimbing untuk belajar yang lebih intensif. 

“Jadi tetap ada guru lesnya di rumah. Belajar mengaji, belajar baca, belajar menulis. Di sisi lain, saya mendampinginya dengan mengulangi lagi pelajarannya. Jadi tetap dapat intensifnya dari guru, kita sebagai orangtua tinggal mengulangi lagi saja sih. Jadi belajarnya kalau sama kita lebih santai, dan mereka jadi lebih tahu,” kata Nina. 

4. Senang dan susah yang dirasakan Nina Zatulini sebagai ibu hamil dengan dua anak selama pandemi

4. Senang susah dirasakan Nina Zatulini sebagai ibu hamil dua anak selama pandemi
Dok. Pribadi/Nina Zatulini
nina zatulini

Kepada Popmama.com, Nina bercerita tentang rasa senang dan juga tantangan menjadi ibu hamil yang mengasuh dua anak di tengah. “Kalau senangnya karena sebenarnya karena anak lagi lucu lucunya, jadi ibaratnya kalau lagi capek kerja, kalau ngeliat anak tuh kayak bawaannya seperti obat hati,” Kata Nina. 

Tingkah lucu kedua anaknya ini juga sering Nina unggah ke media sosialnya, contohnya seperti saat Kenzie belajar wudhu dan berdoa. Melihat anak-anaknya tumbuh sehat dan pintar juga membuat Nina Zatulini jadi lebih banyak bersyukur. “Alhamdulillah dikasih kepercayaan, dikasih anak, dan sehat-sehat,” ucap Nina. 

Selain rasa senang, tentu saja ada tantangan dan cobaan yang harus dihadapi. Cobaan cobaan sebagai ibu seperti anak susah makan, sudah mulai tantrum, mudah marah, dan lain sebagainya pun sering dihadapi. Tak jarang, hal ini juga membuat Nina merasa sedikit down. “Kadang-kadang merasa belum jadi ibu yang baik buat anak-anak saya,” kata Nina.

5. Bagaimana cara Nina menjaga kehamilan agar tetap sehat?

5. Bagaimana cara Nina menjaga kehamilan agar tetap sehat
Dok. Pribadi/Nina Zatulini
nina zatulini

Menjaga kesehatan kehamilan selama pandemi tentunya jadi prioritas utama Nina Zatulini. Hanya saja, ada sedikit perbedaan rutinitas yang dilalui. Ia bercerita, bahwa saat kehamilan anak pertamanya dulu, Nina rutin jalan pagi hingga mengikuti senam hamil. Namun, di tengah pandemik ini, rutinitas ini tak lagi bisa ia lakukan.

Saat ini Nina fokus mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, vitamin hamil, dan berjemur di pagi hari sambil olahraga kecil di teras rumahnya. Hanya dengan jalan mengelilingi teras rumah saja sudah cukup, karena yang penting sudah berkeringat. “Jadi, workout-nya ringan banget. Memaksimalkan yang ada di rumah aja,” kata Nina. 

Nah, buat Mama yang sedang mengandung, olahraga sederhana seperti yang dilakukan Nina Zatulini mungkin bisa menjadi inspirasi. Selain itu, Mama juga masih bisa mengikuti kelas senam hamil virtual lho. Apa pun pilihan olahraga Mama, yang penting harus tetap aktif bergerak meski di rumah saja ya Ma!

Selain itu, sebaiknya Mama juga sudah mulai mempersiapkan kebutuhan persalinan beberapa minggu sebelum HPL. Mulai dari menjaga kesehatan diri, riset tentang prosedur melahirkan di tengah pandemik, hingga mencari tahu apakah akan melahirkan secara normal atau caesar. Nah, kalau yang terakhir ini, Mama bisa dengan mudah melakukannya lho, yaitu dengan mengikut Tes Potensi Caesar di Nutriclub.

Caranya mudah kok Ma, yaitu hanya dengan klik di sini. Kemudian, isi data-data yang diperlukan, jawab beberapa pertanyaan, dan voila hasilnya pun langsung keluar. Tak perlu ragu Ma, karena Tes Potensi Caesar di Nutriclub ini sudah berdasarkan literature review oleh Dr. dr. Rima Irwinda, SpOG(K) kok. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk ikui Tes Potensi Caesar di Nutriclub untuk persiapan melahirkan yang lebih baik! Psst, Nina Zatulini juga sudah mengikuti tes ini lho Ma!

6. Hal yang membuat Nina Zatulini merasa spesial setelah menjadi Mama

6. Hal membuat Nina Zatulini merasa spesial setelah menjadi Mama
Dok. Pribadi/Nina Zatulini
nina zatulini

Tak mudah bagi seorang Mama dengan dua anak untuk tetap bisa berkarya dan Nina Zatulini pun sempat merasakannya. Namun, dengan perkembangan media sosial yang semakin cepat, Nina masih bisa berkarya dan menghasilkan dari rumah. “Saya dulu mikirnya ketika sudah berkeluarga, saya akan nggak produktif. Ternyata Alhamdulillah masih bisa menghasilkan untuk diri sendiri dan anak-anak tetap terurus,” kata Nina. 

Tetap bisa menjadi produktif tanpa harus mengorbankan waktu bersama anak adalah salah satu hal yang paling Nina Zatulini syukuri setelah menjadi ibu. Berkat kesempatan ini, Nina benar-benar merasa beruntung. “Itu blessing sih menurut saya,” sambung Nina. 

Apalagi ketika suaminya datang ke Jakarta, sehingga keluarganya bisa berkumpul dan bercanda bersama lagi. Tak jarang, Nina juga mengajak kedua anaknya untuk memikirkan siapa nama anak ketiga yang masih dalam kandungan. “Menurut saya, kebersamaan bersama keluarga itu sih yang Masya Allah saya syukuri,” tutup Nina. 

Itu dia Ma cerita Nina Zatulini yang menjalani proses kehamilan jauh dari suami sekaligus mengurus kedua anaknya. Salut banget dengan Mama Nina Zatulini yang tetap produktif di tengah kehamilannya! Meski tak mudah, namun rasa bahagia yang dirasakan sebagai seorang Mama tetap membuat Nina Zatulini bersyukur. Nah, Mama jangan mau kalah nih, yuk tetap semangat menemani dan membimbing si Kecil saat di rumah!

#MillennialMama of the Month Edisi Oktober 2020 – Nina Zatulini

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Content Writer – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah, Karsa Adiguna
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Baskoro Bayu Harymurti 

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Nina Zatulini
Millennial Mama

Nina Zatulini

"Pilihan persalinan caesar atau normal, saya berharap yang terbaik untuk saya dan si Kecil"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.