6 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Berat Badan Anak Kurang Ideal

Cukup minum air putih mmebantu membuat berat badan anak menjadi ideal lho

2 Agustus 2020

6 Hal Perlu Dilakukan Jika Berat Badan Anak Kurang Ideal
Pexels/Gustavo Fring

Anak yang gemuk terlihat mengemaskan ya, Ma? Tapi perlu berhati-hati juga. Apakah berat yang dimiliki anak saat ini masih dalam angka yang aman atau tidak.

Daripada khawatir karena takut si Kecil obesitas, lebih baik Mama mulai menjaga berat badannya sesuai dengan usia pertumbuhannya.

Begitu juga sebaliknya, anak yang terlalu kurus bisa membuat kita khawatir karena mungkin saja ada gizi yang tidak terpenuhi.

Nah, bagi Mama yang sedang mengalami hal tersebut, Mama tidak perlu berkecil hati. Selama berat badannya masih masuk dalam grafik perkembangan anak secara aman, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan.

Untuk tumbuh optimal, anak membutuhkan energi (kalori).

Jika anak kekurangan berat badan, mereka mungkin tidak mendapatkan cukup kalori.

Tapi jangan khawatir ya, Ma. Ada cara untuk membuat berat badan anak menjadi ideal lho, seperti yang sudah dirangkum Popmama.com  Yuk, kita simak!

1. Rutin olahraga

1. Rutin olahraga
Pexels/Valeria Ushakova

Sama seperti orang dewasa, si Kecil juga harus rutin berolahraga untuk menjaga berat badannya agar ideal. Tapi tidak harus sekeras olahraga orang dewasa ya, Ma. Mama bisa membawa anak untuk jalan santai dipagi hari, atau bersepeda di sore hari.

Aktivitas tersebut akan membuat perkembangan si Anak juga jadi lebih baik lho, Ma. Kalau Mama takut dengan keadaan hari ini, Mama bisa juga lho mengajak anak untuk ikut aktif dirumah, seperti meminta pertolongan kepada si Kecil untuk membantu beberapa hal yang sedang Mama kerjakan.

2. Penuhi kebutuhan cairan 6-8 gelas sehari

2. Penuhi kebutuhan cairan 6-8 gelas sehari
Pexels/ Ksenia Chernaya

Tentunya kewajiban untuk minum 6-8 gelas dalam sehari bukan hanya untuk orang yang sudah dewasa lho. Mama juga harus memastikan si Kecil terpenuhi kebutuhan cairannya.

Apabila porsi makanan dan air yang masuk kedalam tubuh seimbang, tentunya berat badan anak bisa menjadi ideal lho, Ma!

Selain itu, rutin minum air 6-8 gelas sehari mampu melancarkan pencernaan juga lho, Ma! Jadi jangan khawatir anak susah buang air kalau cairannya terpenuhi!

Editors' Picks

3. Kurangi screen time

3. Kurangi screen time
Pexels/Andrea Piacquadio

Anak yang sering menghabiskan waktunya untuk bermain gadget  tentunya beresiko memiliki berat badan yang berlebih. Mengapa demikian? Saat bermain tentunya anak akan sangat fokus dengan apa yang sedang ia mainkan, bahkan sanggup untuk berada didepan layar selama berjam-jam.

Badan anak jadi tidak bergerak dalam waktu yang lama dan itulah salah satu penyebab berat badan menjadi tidak ideal. Selain itu, tentunya bisa merusak mata lho, Ma. Sebaiknya Mama mulai melakukan pembatasan bermain gadget untuk si Kecil ya!

4. Tetap mengatur pola makan si kecil

4. Tetap mengatur pola makan si kecil
Pexels/cottonbro

Jangan biarkan anak makan dengan porsi yang berlebihan ya, Ma! Mungkin, sebagian orang tua akan menganggap itu adalah hal yang menggemaskan ketika melihat anak lahap makan,dan tentunya berpikir akan cepat membantu pertumbuhannya.

Tapi, tentu saja hal yang berlebihan itu tidak baik ya. Usahakan si Kecil mendapatkan nutrisi sesuai dengan yang dia butuhkan ya, Ma.

Jadi walaupun dipikiran Mama dia masih kecil, Tapi mama juga tetap harus mengontrol pola makannya, agar berat badan si Kecil tetap ideal.

5. Makan buah dan sayur setiap hari

5. Makan buah sayur setiap hari
Pexels/Jill Wellington

Memang tidak mudah untuk membuat anak suka makan sayur dan buah. Rasanya sudah banyak cara yang dilakukan tapi tetap saja sang anak tidak mau atau tetap tidak suka.

Tapi yang harus Mama tau, sayur dan buah sangat berperan penting untuk menjaga kestabilan berat badan anak lho, Ma. Banyak cara yang masih bisa Mama lakukan, seperti mencampurkan sayuran kedalam makanan kesukaannya.

Kalau Mama bosan memakai cara itu dan terkesan ribet, Mama juga bisa lho mengajak anak makan sayur bersama. Biasanya anak akan mengikuti secara pelan-pelan apa yang kita lakukan, lho!

6. Jangan melewatkan sarapan

6. Jangan melewatkan sarapan
Pexels/Streetwindy

Biasakan anak untuk rutin sarapan ya, Ma! Sarapan sangat baik untuk pencernaan dan akan membuat berat badan anak tetap stabil dan ideal. Selain itu, sarapan juga memberi anak energi yang banyak untuk melakukan aktivitasnya sepanjang hari lho, Ma!

Bagaimana? Kiat mana nih yang belum Mama lakukan? Yuk, dicoba dan semoga berhasil ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.