Bikin Pusing? Ini 5 Tips Mengatasi Anak Ngambek saat di Perjalanan

Jangan emosi saat menghadapi anak ya, Ma

24 Oktober 2021

Bikin Pusing Ini 5 Tips Mengatasi Anak Ngambek saat Perjalanan
Freepik/freepik

Anak mama pernah ngambek saat di perjalanan nggak, Ma?

Sikap anak yang sering ngambek di situasi apapun membuat orangtua bingung dan pusing untuk menghadapinya. Anak ngambek bisa disebabkan karena sedang di kondisi yang menurutnya kurang nyaman.

Perlu Mama ketahui bahwa anak yang sedang ngambek merupakan proses tumbuh kembang untuk mengetahui perasaan diri sendiri maupun orang lain, sehingga anak belum mampu mengarahkan tindakan yang dilakukan.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum terkait cara mengatasi anak yang ngambek saat di perjalanan. Ini sering terjadi lho, Ma.

1. Ciptakan suasana yang nyaman

1. Ciptakan suasana nyaman
Freepik/user18526052

Saat di perjalanan tentunya akan merasakan gerah. Tak hanya orang dewasa yang merasakan kondisi kurang nyaman. Tentunya si Kecil juga akan merasakan tidak nyaman dan akhirnya anak akan ngambek di perjalanan.

Untuk mengatasinya, Mama bisa mengubah posisi menjadi nyaman. Jika menggunakan transportasi umum, pilihlah yang membuat anak nyaman. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Mama bisa memberi bantal dan mendinginkan AC agar anak menjadi tenang.

Editors' Picks

2. Jangan menenangkan si Kecil

2. Jangan menenangkan si Kecil
Freepik/bearfotos

Ketika si Kecil sedang ngambek, usahakan Mama jangan menangkan dirinya. Biarkan dahulu tenang, asalkan aktivitas yang dilakukan tidak membahayakan dirinya.

Mama juga bisa melakukan cara untuk memberikan waktu sendiri pada si Kecil untuk menyadarkan dirinya akan kelakuannya. Namun, Mama harus tetap memantau segala aktivitas yang dilakukan.

3. Mengajak bicara dengan halus

3. Mengajak bicara halus
Freepik/karlyukav

Sering kali ketika si Kecil sedang ngambek akan berteriak-teriak. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya Mama jangan ikutan teriak.

Mama bisa mengajaknya berbicara secara halus dengan topik yang membuat si Kecil nyaman. Setelah kondisinya cukup tenang, Mama dapat menanyakan tentang penyebab anak ngambek.

4. Memberikan pelukan yang hangat

4. Memberikan pelukan hangat
Freepik/jcomp

Ketika si Kecil sedang ngambek, memang memeluk dirinya cukup sulit karena anak akan memberontak. Namun, Mama harus mengetahui bahwa pelukan yang erat dapat memberikan rasa nyaman dan kepercayaan untuk si Kecil.

5. Memberikan hal yang disukai oleh si Kecil

5. Memberikan hal disukai oleh si Kecil
Freepik/jcomp

Bagi sebagian orangtua, cara yang satu ini kurang disukai karena dapat membuat anak semakin manja. Namun, jika dilakukan dengan baik, hasil yang didapatkan juga baik.

Mama bisa memberikan si kecil makanan yang disukai dirinya agar lebih tenang dan dapat mengingatkan hadiah yang akan diberikan saat tiba ditujuannya.

Itulah beberapa tips yang bisa Mama lakukan ketika anak ngambek di perjalanan. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.