9 Efek Baik dan Buruk Kalau Anak Dibiarkan Pakai Gadget Sejak Kecil

Biarkan anak pakai gadget sejak kecil bisa membawa efek buruk dan baik lho, Ma. Lalu apa saja itu?

12 Januari 2022

9 Efek Baik Buruk Kalau Anak Dibiarkan Pakai Gadget Sejak Kecil
Freepik.com/@freepik

Gadget memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan manusia, demikian pula terhadap anak-anak. Dari segi psikologis, masa kanak-kanak adalah masa keemasan dimana ia belajar mengetahui apa yang belum diketahuinya 

Di zaman yang terus berkembang dan canggih seperti sekarang ini, bisa dibilang bahwa mengenalkan anak dengan gadget perlu dilakukan oleh orangtua.

Alasan dari mengenalkan gadget ini salah satunya adalah takut anaknya tertinggal perkembangan teknologi dan demi kebaikannya di masa depan supaya tidak asing dengan teknologi.

Akan tetapi, pengenalan gadget yang terlau cepat dikhawatirkan akan memberikan efek kepada anak usia dini. Baik itu dapat berupa efek baik maupun efek buruk seperti kecanduan dan terganggunya perkembangan sosial dan emosional menurut penelitian di Bristol University.

Tetapi di satu sisi, ini bagus supaya anak tidak tertinggal perkembangan era digital melalui gadget.

Untuk lebih jelasnya, kali ini Popmama.com akan memberikan pembahasan mengenai apa saja efek baik dan buruk kalau anak dibiarkan pakai gadget sejak kecil. Yuk simak di bawah ini ya, Ma!

1. Efek buruk pada perkembangan mentalnya

1. Efek buruk perkembangan mentalnya
Freepik.com/@freepik

Efek buruk yang pertama kalau membiarkan anak pakai gadget sejak kecil ialah dapat berpengaruh pada perkembangan mentalnya. Yang mana anak yang kecanduan gadget biasanya memiliki mental yang lemah.

Seperti mudah tersinggung dan ketika mencoba untuk mendapatkan sesuatu, ia mudah marah, mudah menyerah, dan tidak berusaha lebih keras. Belum lagi jika sampai masuk ke dunia internet yang negatif, yang bisa membuat stres bahkan depresi tanpa sepengetahuan orangtua.

2. Efek buruk karena terlalu banyak tahu tentang dunia melalui internet

2. Efek buruk karena terlalu banyak tahu tentang dunia melalui internet
Freepik/rawpixel.com

Memperkenalkan gadget pada anak adalah hal yang baik, namun kalau terlalu sering  dan kecanduan sejak dini bisa berakibat buruk lho, Ma. Ini berarti dia jadi tahu terlalu banyak  tentang dunia melalui internet dan kita semua tahu bahwa tidak semua yang beredar di internet itu baik untuk si Kecil.

Peran orang tua sangat diperlukan di sini untuk mengontrol penggunaan gadget oleh anak-anak. Supaya ia tidak terlalu mengekspos dunia hingga mengetahui hal-hal negatif atau juga timbul rasa penasaran untuk mencoba melakukan hal buruk yang si Kecil lihat dari internet.

3. Efek buruk menyebabkan gangguan tidur

3. Efek buruk menyebabkan gangguan tidur
Freepik.com/@freepik

Efek buruk selanjutnya kalau anak dibiarkan pakai gadget sejak kecil adalah terganggunya jam tidur anak.

Penggunaan gadget yang tidak dibatasi dapat menyebabkan anak-anak begadang, baik itu untuk main game, melihat video di sosial media ataupun bercengkrama dengan teman-temannya.

Jika kondisi ini terus berlanjut, kesehatan fisik anak bisa terganggu. Ia bisa menjadi lebih mudah lelah, merasa letih seharian, mudah lupa, hingga sulit untuk belajar.

Editors' Picks

4. Efek buruk minimnya kemampuan dalam bersosialiasasi

4. Efek buruk minim kemampuan dalam bersosialiasasi
Freepik.com/@master1305

Sisi buruk selanjutnya kalau membiarkan anak bermain gadget sejak kecil ialah kemampuannya dalam bersosial jadi menurun. Kenapa seperti itu? Karena dengan sering menggunakan gadget tentu anak akan betah di rumah dan membuatnya jarang bergaul.

Kalau sudah terbiasa seperti itu, maka bisa membentuk pribadinya menjadi tertutup dari orang sekitar. Lebih suka sendiri dan dampak terparahnya adalah membuat anak jadi anti sosial. Hal ini sangat tidak baik untuk perkembangan masa depan anak ketika ia harus dapat beradaptasi di lingkungannya dan berkolaborasi dengan orang-orang di sekitarnya.

5. Efek buruk mengganggu imunitas anak

5. Efek buruk mengganggu imunitas anak
Pexels/cottonbro

Salah satu potensi efek buruk akibat anak sering dibiarkan pakai gadget sejak kecil adalah mengganggu imunitas anak. Sebuah studi dari The London School of Hygiene & Tropical Medicine pada 2011 menjelaskan bahwa 92 persen HP telah menjadi tempat berkembang biak bakteri, 16 persen di antaranya meliputi Escherichia coli (E. Coli).

Berbagai macam bakteri yang hinggap di gadget dapat bertahan hidup selama beberapa jam. Saat si Kecil terpapar dengan bakteri tersebut, kemungkinan ia dapat jatuh sakit karena imunitas tubuh yang terganggu.

Efek buruk penggunaan gadget bagi anak ini tentunya perlu diwaspadai orangtua karena dapat mengancam kesehatan si Kecil.

6. Efek baik dalam mengasah kreativitas dengan melihat banyak hal unik di internet

6. Efek baik dalam mengasah kreativitas melihat banyak hal unik internet
Freepik.com/@pch.vector

Tentu jika berbicara tentang gadget tidak selalu berdampak buruk bagi si Kecil, ada juga efek baiknya.  Dengan kata lain, ketika melihat banyak hal unik di Internet hal itu bisa mengasah kreativitas anak. Karena, seperti yang kita ketahui, banyak sekali hal positif di Internet yang dapat menginspirasi anak-anak untuk melihat Internet.

Mulai dari bagaimana cara menggambar dan melukis, cara membuat mainan sendiri, belajar sains, hingga pengetahuan lainnya yang dapat mengembangkan kreativitas dan daya pikir anak. Dengan kata lain, kecanduan gadget juga bisa berdampak baik jika yang dilihat hal-hal positif. Bahkan tidak sedikit anak yang menemukan bakatnya dari belajar melalui internet lho, Ma!

7. Efek baik dapat membantu masa depannya karena paham perkembangan teknologi

7. Efek baik dapat membantu masa depan karena paham perkembangan teknologi
Freepik.com/@DCStudio

Selain itu, memberikan kesempatan kepada anak untuk menggunakan gadget adalah hal yang positif dan sangat baik untuk perkembangannya. Karena ketika si Kecil sudah mudah memahami teknologi, maka pengetahuan anak akan menjadi lebih luas. Ia sudah tidak asing lagi deh dengan kemajuan teknologi yang akan terus berkembang.

Saat bersekolah pun sebenarnya akan terbantu karena ada masanya anak harus menggunakan gadget untuk mengerjakan tugas atau bahkan ujian yang dilaksanakan secara online.

8. Efek baik dapat melatih sikap mental siap bersaing

8. Efek baik dapat melatih sikap mental siap bersaing
Pexels/Marta Wave

Ketika si Kecil sedang bermain game, ia akan mengenali menang dan kalah. Kegiatan ini dapat memperkenalkannya pada sebuah perjuangan dan usaha. Anak-anak akan lebih semangat dan antusias untuk mendapatkan hasil yang mereka inginkan.

9. Efek baik untuk latihan fisik motorik anak

9. Efek baik latihan fisik motorik anak
Freepik.com/@drobotdean

Efek baik yang terakhir dalam penggunaan gadget dapat dijadikan sebagai latihan keterampilan fisik motorik halus pada anak usia dini.  Keterampilan motorik halus ini merupakan keterampilan yang berhubungan dengan otot-otot kecil seperti pergelangan tangan, jari tangan, jari kaki, bibir dan lidah. 

Ketika anak usia dini bermain gadget, mereka akan belajar mengoordinasikan gerakan jari dan menggunakan tangan mereka lebih cepat dan menjadi efisien dalam waktu singkat.

Nah, Itulah tadi 9 efek baik dan buruk kalau anak dibiarkan pakai gadget sejak kecil. Mulai sekarang sebaiknya Mama bisa mengatur waktu penggunaan gadget pada si Kecil secara bijak ya, Ma. 

Baca Juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.