Profil Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Inspirasi bagi Orangtua!

Ini dia, Ma! Komunitas yang berikan inspirasi seputar membacakan dongeng kepada si Kecil!

14 Januari 2022

Profil Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Inspirasi bagi Orangtua
Dok. Ayo Dongeng Indonesia

Mendongeng merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Tak hanya itu, mendongeng pun menjadi salah satu cara untuk membuat anak jadi gemar membaca. 

Sayangnya, mendongeng sekarang sudah sangat jarang didengar oleh anak-anak zaman millenial, karena mereka selalu menghabiskan waktu di depan televisi maupun bermain game di smartphone.

Tak lain, pun orangtua yang seharusnya mendongeng untuk anak juga sudah semakin disibukkan dengan pekerjaan. Atau terkadang Mama masih bingung memulai dari mana ketika ingin mendongengkan untuk si Kecil? 

Karena itulah, ada beberapa komunitas dongeng yang memang dibentuk untuk memberikan inspirasi untuk orangtua seputar membacakan dongeng kepada si Kecil , salah satunya Komunitas Ayo Dongeng Indonesia. 

Muhammad Aryo Farid Zidni alias Aio yang merupakan pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia (AyoDI), mendirikan komunitas ini atas dasar tujuan untuk menghidupkan dongeng kembali dengan menyisipkan pesan tersirat di dalam nya. 

Lantas seperti apa komunitas Ayo Dongeng Indonesia ini? Berikut Popmama.com akan memberikan profil komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Yuk simak!

1. Latar belakang dan sejarah mendirikan komunitas Ayo Dongeng Indonesia

1. Latar belakang sejarah mendirikan komunitas Ayo Dongeng Indonesia
Dok. Ayo Dongeng Indonesia

Ayo Dongeng Indonesia (AyoDI) berdiri pada tahun 2011 di Kota Jakarta. Komunitas ini terbentuk karena memiliki keinginan untuk mengumpulkan para peminat dongeng yang ingin bekerja tulus untuk anak-anak.

Latar belakang komunitas ini pun berniat untuk mengkampanyekan kebiasaan mendongeng sejak dini dan menghidupkan kembali kegiatan mendongeng. 

Mendongeng memang dinilai sebagai salah satu cara yang paling bagus untuk mengajarkan nilai-nilai positif kepada anak sejak usia dini.

2. Tujuan didirikannya komunitas Ayo Dongeng Indonesia

2. Tujuan didirikan komunitas Ayo Dongeng Indonesia
Pexels/Anna Tarazevich
Strategi brand purpose

Tujuan didirikannya komunitas Ayo Dongeng Indonesia ini adalah untuk mengembalikan budaya dongeng ke tengah masyarakat Indonesia.

Komunitas Ayo Dongeng Indonesia ini meyakini bahwa mendongeng adalah kegiatan yang menyenangkan dan sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak. 

Memang benar ya, Ma bahwa selain sebagai media hiburan untuk si Kecil, mendongeng pun menjadi ajang untuk melatih kemampuan anak berkonsentrasi, menambah kosa kata, perbendaharaan kata, berimajinasi serta melatih cara kerja sama untuk anak.

Editors' Picks

3. Lalu, bagaimana bentuk kegiatan komunitas Ayo Dongeng Indonesia ini?

3. Lalu, bagaimana bentuk kegiatan komunitas Ayo Dongeng Indonesia ini
Dok. Ayo Dongeng Indonesia

Ayo Dongeng Indonesia pun memiliki beberapa bentuk kegiatan rutin yang dilakukan seperti: 

  • Dongeng Kejutan, di mana bentuk acara rutin mendongeng ini diselenggarakan secara offline dan online melalui berbagai platform. 
  • Kelas Dongeng, di mana bentuk kegiatan ini adalah tentang berbagi cara-cara mendongeng untuk para peminat dongeng 

  • Adapun program tahunan komunitas ini yaitu, Festival Dongeng Internasional Indonesia, di mana acara ini merupakan kampanye besar untuk menggaungkan ajakan dongeng di tengah masyarakat dan menjadikan dongeng sebagai trend dalam dunia Pendidikan dan hiburan. 

4. Member anggota komunitas Ayo Dongeng Indonesia

4. Member anggota komunitas Ayo Dongeng Indonesia
Pexels/Kampus Production

Hingga sekarang komunitas tersebut telah memiliki 172 anggota. Walaupun awalnya hanya bermula dengan jumlah 4 orang yang terdiri dari pendiri komunitas yaitu Muhammad Aryo Farid Zidni alias Aio beserta teman-temannya. 

5. Prestasi dari komunitas Ayo Dongeng Indonesia

5. Prestasi dari komunitas Ayo Dongeng Indonesia
Dok. Ayo Dongeng Indonesia

Salah satu prestasi yang telah komunitas Ayo Dongeng Indonesia raih adalah keberhasilan dalam menyelenggarakan Festival Dongeng Internasional Indonesia setiap tahunnya. 

Walaupun dalam situasi pandemi tidak menutup kemungkinan untuk komunitas Ayo Dongeng Indonesia melaksanakan kegiatan, salah satunya kegiatan festival dongeng, ataupun bentuk kegiatan lainnya bisa tetap berjalan.

Hanya medianya saja yang berubah ke platform online. 

6. Cara untuk bergabung dalam komunitas Ayo Dongeng Indonesia

6. Cara bergabung dalam komunitas Ayo Dongeng Indonesia
Facebook.com/Ayo Dongeng Indonesia

Jika Mama dan anak ingin bergabung di komunitas ini, sangat bisa ya, Ma. Lalu bagaimana caranya?

Caranya sangat mudah, Mama cukup mengikuti Kelas Dongeng sebanyak 3 kali, setelah itu baru bisa bergabung dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia ini. 

Jika Mama ingin mengikuti kelas tersebut, Mama bisa check melalui akun media sosial milik Ayo Dongeng Indonesia seperti: 

Akun Instagram: @ayodongeng__id atau website-nya https://ayodongengindonesia.com

Nah, itulah tadi profil dari komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Bagaimana, Ma? Apakah semakin tertarik untuk ikut komunitas ini agar bisa mendongengkan anak dengan lebih baik? Yuk, kembali mengajarkan anak hal-hal baik dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Baca Juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.