Profil Komunitas Kreasa, Bersama Kembangkan Bakat dan Potensi Anak

Mama kesulitan bagaimana menemukan bakat,minat dan potensi anak? simak profil komunitas ini yuk!

22 Januari 2022

Profil Komunitas Kreasa, Bersama Kembangkan Bakat Potensi Anak
Freepik/pressfoto

Komunitas telah menjadi kumpulan yang sudah tidak asing lagi bagi siapapun. Bukan hanya komunitas yang terbentuk dari kalangan muda, melainkan para orangtua pun kini banyak sekali yang tergabung dalam sebuah komunitas dengan berbagai fokus.

Salah satunya fokus terhadap bagaimana sebagai orangtua mengetahui dan mengembangkan potensi anak sejak dini. 

Mengenali potensi pada anak bisa saja mulai timbul sejak dini, namun biasanya baru mulai dapat dikenali lebih jelas pada usia 2 tahun sampai 4 tahun.

Oleh karena itu, sebagai orangtua harus bertanggung jawab untuk menggali, mengasah, dan membantu anak  mengembangkan potensi bakatnya.

Seringkali kita menemukan banyak orangtua yang kesulitan ataupun bingung bagaimana cara yang harus dilakukan untuk mengetahui minat, bakat maupun potensi anak dari sejak dini.

Oleh karena itu, tenang ya, Ma jangan risau, sekarang banyak sekali komunitas yang akan bisa membantu Mama dan Papa sebagai orangtua dalam hal untuk mengenal potensi anak, salah satunya komunitas Kreasa. Mama penasaran dengan komunitas ini?

Berikut Popmama.com akan merangkum profil komunitas Kreasa. Yuk simak!

1. Latar belakang didirikan komunitas Kreasa

1. Latar belakang didirikan komunitas Kreasa
Freepik/freepik

Menurut J. P. Chaplin, dalam Kamus Lengkap Psikologi, bakat (talent) merupakan satu bentuk kemampuan khusus, seperti kemampuan musikal atau menggambar, yang diwarisi dari orangtua, dan memungkinkan seseorang memperoleh keuntungan dari hasil pelatihannya sampai satu tingkat yang tinggi. Jadi, meski bisa saja diturunkan oleh orang tua, bakat tetap harus dilatih dan diasah.

Potensi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kemampuan manusia termasuk anak. Setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda. Namun, ternyata banyak sekali orangtua yang belum menyadari hal tersebut dan bahkan cenderung kesulitan dalam menemukan bakat, minat maupun potensi yang ada pada si Anak.

Dari keresahan yang dialami oleh Founder dari Kreasa yaitu Miranti yaitu bagaimana ia melihat sulitnya orangtua dalam mengetahui minat, bakat dan potensi anak sejak dini. Hal inilah yang menggerakannya untuk mendirikan komunitas Kreasa ini sebagai bentuk membantu para orangtua untuk menyadari hal tersebut.

2. Tujuan didirikannya komunitas Kreasa

2. Tujuan didirikan komunitas Kreasa
Freepik/mdjaff

Tujuan didirikannya komunitas ini adalah untuk menjadi pusat kreativitas anak dalam menggali minat, bakat dan potensinya. Kreasa adalah sekolah kreativitas berbasis online dengan system fun learning yang menyediakan berbagai program belajar bagi anak-anak. 

Tersedia 13 program belajar, yaitu Animation, Design, Comic, STEAM, Writing, Baking, Tahfidz, Arabic, English, French, Montessori, Public Speaking, Waste Management.

Kreasa didirikan dan dikelola oleh tenaga professional serta berpengalaman di bidang pendidikan dan teknologi. Melalui tagline‘’Where Kid’s Creativity Will Be Born’’, Kreasa menjadi tempat dalam menumbuhkan fitrah kreatif dan inovatif anak-anak Indonesia sesuai perkembangan zaman.

Editors' Picks

3. Lalu bagaimana dengan bentuk kegiatan dari komunitas Kreasa ini?

3. Lalu bagaimana bentuk kegiatan dari komunitas Kreasa ini
Freepik/user18526052

Kreasa saat ini masih dalam bentuk komunitas, belum menjadi komunitas yang berbadan hukum. Tetapi, bentuk-bentuk dari kwgiatan kreasa di sini dengan memberikannya beberapa pilihan program dengan kurikulum non formal dengan cara yang menyenangkan. Agar minat, bakat, dan kreativitas anak-anak juga terus tumbuh dan terasah melalui materi komperehensuf yang teritegrasi digital secara fleksibel dan personal.

Adapun program-program yang disediakan oleh komunitas Kreasa, yaitu:

  • Animation:  Di mana bentuk program ini adalah non regular, kelas belajar yang membuat animasi atau gambar bergerak menjadi sebuah cerita petualangan atau game melalui coding yang menyenangkan.
  • Design: Jenis program non regular, di mana bentuk program ini seperti kelas belajar yang membuat desain atau ilustrasi gambar dengan menggunakan berbagai teknik menarik.
  • Comic: Jenis program belajar regular, di mana bentuk program ini seperti kelas belajar untuk membuat sebuah karya komik dari mulai ide cerita, karakter hingga menjadi sebuah cerita bergambar yang utuh.
  • Steam: Program non regular, di mana bentuk program ini seperti kelas belajar yang mengajari berbagai macam ilmu pengetahuan seperti Science, Technology, Engieering, Art dan Mathematics dengan pendekatan berbagai metode pendidikan.
  • Writing: Program non regular, di mana bentuk program ini adalah kelas belajar yang membuat sebuah karya tulis berupa cerita panjang yang sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar.
  • Montessori: Jenis program regular, di mana bentuk program ini adalah kelas untuk anak usia dini dengan aktivitas pembelajaran menggunakan pendekatan metode Montessori.
  • Dan masih banyak lagi untuk beberapa programnya, Mama bisa visit ke laman ini ya Program | KREASA

4. Member dari komunitas Kreasa

4. Member dari komunitas Kreasa
Dok. Kreasa

Untuk saat ini, anggota dari komunitas Kreasa ini ada lebih dari 100 anak. 

5. Prestasi yang telah dicapai oleh komunitas Kreasa

5. Prestasi telah dicapai oleh komunitas Kreasa
Freepik

Prestasi yang telah dicapai oleh komunitas Kreasa ini sejak berdiri tahun 2020 dengan menarik 100 anak yang telah bergabung dalam komunitas ini. Untuk kedepannya harapannya semoga akan terus berkembang dan terus menjadi partner terbaik bagi orangtua.

6. Kemudian, bagaimana cara untuk bergabung dalam komunitas ini?

6. Kemudian, bagaimana cara bergabung dalam komunitas ini
Freepik/master1305

Jika Mama ingin mengikuti komunitas untuk mengembangkan minat, bakat dan potensi anak sejak dini. Mama bisa langsung kunjungi laman KREASA | School of Creativity. Setelah mengunjungi website dari komunitas Kreasa ini, Mama bisa langsung isi form atau registrasi, jika Mama ingin mengetahui lebih lanjut atau pendaftaran ini pun bisa menghubungi admin melalui WA 08159774559. Selamat bergabung, Ma! 

Baca Juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk