4 Hari Tertimbun Puing Gempa, Gadis Kecil Ini Berhasil Diselamatkan

Banyak anak yang menjadi korban gempa Turki beberapa waktu lalu

5 November 2020

4 Hari Tertimbun Puing Gempa, Gadis Kecil Ini Berhasil Diselamatkan
Apnews.com

Sebagai negara yang dilintasi garis patahan dan rawan gempa bumi, Turki kembali alami gempa bumi pada pekan lalu. Jika pada 2011 di kota Timur Van ada lebih dari 500 orang tewas, Januari 2020 lalu tercatat sebanyak 41 orang tewas di porpinsi Timur Elzaig akibat bencana alam ini.

Sementara untuk gempa yang menggunag Laut Aegea, Turki beberapa waktu lalu itu sampai sekarang masih dalam proses pencarian korban. Sebab pada Selasa (03/11) kemarin, tim penyelamat berhasil menyelamatkan korban yang tertimbun puing selama beberapa hari.

Korban yang berhasil diselamatkan banyak terdiri dari anak-anak usia balita. Seperti Ayda Gezgin dan Elif Perincek, dua dari gadis kecil yang berhasil selamat setelah berhari-hari tertimbun puing gempa.

Editors' Picks

1. Elif berhasil selamat setelah 3 hari setelah gempa

1. Elif berhasil selamat setelah 3 hari setelah gempa
Theguardian.com

Setelah pekan lalu wilayah Aegea diguncang gempa besar, tim penyelamat terus menyusur lokas yang tersebut guna mencari para korban. Baik korban yang sudah tewas tertimpa puing, atau korban yang masih bsia diselamatkan.

Tim penyelamat dikejutkan dengan penemuan gadis kecil bernama Elif Perincek, gadis berusia tiga tahun ini berhasil diselamatkan setelah 65 jam gempa berkekuatan 7,0 melanda Turki dan Yunani.

Media lokal menyebutkan bahwa Elif merupakan orang ke 106 yang ditarik hidup-hidup dari runtuhan bangunan di Bayrakil, wilayah yang paling parah terdampak bencana gempa.

Lain Elif, lain pula sang Mama dan ketiga saudaranya yang berhasil diselamatkan lebih dulu pada sehari sebelumnya. Meski Elif dan keluarga berhasil selamat, namun sayangnya salah satu saudaranya meninggal dunia ketika dilarikan ke rumah sakit.

2. Ayda berhasil selamat setelah 4 hari tertimbun puing

2. Ayda berhasil selamat setelah 4 hari tertimbun puing
Theguardian.com

Setelah Elif, ada Ayda Gezgin yang berhasil terselamatkan dari runtuhan gedung akibat gempa bumi yang melanda kota Izmir, Turki Barat. Ayda berhasil ditemukan dalam keadaan hidup pada Selasa (03/11) atau lebih dari 90 jam setelah gempa mengguncang Laut Aegea.

Media lokal menyebutkan, tim penyelamat yang tengah menyusur bangunan yang runtuh mendengar jeritan Ayda dari bawah runtuhan. Setelah beberapa jam, tim penyelamat berhasil menarik gadis kecil itu keluar dari runtuhan.

Sang Papa yang berhasil selamat lebih dulu sangat bersyukur dan senang ketika sang anak berhasil selamat meski sudah 4 hari lamanya bertahan di bawah runtuhan puing bangunan.

3. Jumlah korban gempa turki terus bertambah

3. Jumlah korban gempa turki terus bertambah
Theguardian.com

Setelah berhasil menyelamatkan beberapa korban, namun sampai dengan kemarin Selasa (03/11) jumlah korban tewas yang terjadi akibat gempa bumi yaitu sebanyak 104 orang. Jumlah itu pun akan bertambah seiring proses pencarian yang masih dilakukan.

Meski demikian, para tim penyelamat merasa haru ketika berhasil menarik orang secara hidup-hidup dari runtuhan puing akibat gempa bumi yang melanda Laut Aegea tersebut.

Seperti pada cuplikan video media lokal, ketika para tim penyelamat berhasil mengeluarkan korban gadis kecil dari bawah runtuhan, seluruh tim bertepuk tangan bahagia sekaligus haru lantaran para gadis kecil ini berhasil bertahan setelah berhari tertimbun puin.

Itu dia informasi mengenai gempa besar yang melanda Turki Barat pada Jumat pekan lalu. Mari kita doakan semoga seluruh korban dapat segera ditemukan ya, Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.