4 Alasan Mengapa Penting Mendengarkan Anak Menurut Psikolog

Yuk, pelan-pelan belajar untuk mendengarkan si Kecil

17 Januari 2022

4 Alasan Mengapa Penting Mendengarkan Anak Menurut Psikolog
Pexels/Ketut Subiyanto

Selayaknya orang dewasa yang perlu diperhatikan ucapannya, anak-anak pun demikian, Ma. Meski membutuhkan usaha yang cukup melelahkan untuk memahami apa yang mereka katakan, namun percayalah bahwa usaha tersebut tak akan sia-sia kok!

Justru, mendengarkan anak sejak dini memiliki beberapa manfaat baik untuk perkembangan mereka. Itulah mengapa para psikolog anak sangat menyarankan para orangtua agar lebih memerhatikan buah hatinya dengan memulai hal kecil seperti mendengarkan.

Mengutip dari unggahan yang dibagikan seorang psikolog klinis anak, Saskhya Aulia Prima pada Instagram-nya, berikut Popmama.com rangkumkan alasan mengapa mendengarkan anak itu penting.

Coba lakukan perlahan pada si Kecil yuk, Ma!

1. Anak layak untuk didengarkan

1. Anak layak didengarkan
Freepik/Karlyukav

Meski usianya mungkin masih terlalu dini, namun orangtua juga perlu mendengarkan pendapat anak. Alasan pertama yang dibagikan Saskhya dari mendengarkan anak adalah mengajarkan pada mereka bahwa anak pun layak untuk didengarkan.

Sama seperti kita orang dewasa, anak-anak juga memiliki hak untuk berbicara dan berpendapat, Ma. Sehingga sebagai orangtua, kita perlu memahami apa isi hati anak dengan belajar mendengarkan mereka.

Editors' Picks

2. Anak belajar bahwa suara mereka juga penting

2. Anak belajar bahwa suara mereka juga penting
Pexels/amber currin

Alasan selanjutnya dari mendengarkan anak adalah mereka belajar bahwa suaranya itujuga tak kalah penting seperti orang dewasa. Walaupun lebih sulit memahami apa yang anak kecil bicarakan, namun dengan memerhatikan mereka saat berbicara maka anak pun merasa lebih dihargai dan menyadari bahwa mereka juga memiliki hak bersuara yang penting disampaikan.

3. Menumbuhkan rasa keberhargaan diri anak

3. Menumbuhkan rasa keberhargaan diri anak
Freepik/Olganosova

Sebagai orangtua, kita perlu menanamkan rasa percaya diri dan keberhargaan diri anak sejak dini. Hal ini bisa dilakukan melalui hal sederhana dengan mendengarkan apa yang anak bicarakan.

Sama seperti orang dewasa yang merasa dihargai saat suaranya didengarkan, anak pun juga merasakan demikian, Ma. Sikap mendengarkan inilah yang akhirnya bisa menumbuhkan rasa keberhargaan diri anak dan penting untuk tumbuh kembangnya kelak nanti.

4. Menjadi lebih terbuka dengan orangtua

4. Menjadi lebih terbuka orangtua
Freepik

Alasan terakhir yang Saskhya bagikan adalah anak akan lebih terbuka pada orangtuanya. Mengapa demikian? Hal ini karena anak merasa bahwa orangtuanya mau mendengarkan dan peduli padanya. Ini menjadi kunci penting untuk meningkatkan bonding antara anak dan orangtua.

Banyak orangtua saat ini yang merasa anaknya semakin tertutup seiring bertambahnya usia mereka. Nah, mendengarkan menjadi salah satu cara mudah agar anak menjadi lebih terbuka dan lebih percaya diri untuk menyuarakan pendapat, Ma.

Itulah beberapa alasan mengapa penting mendengarkan anak menurut psikolog. Dari ulasan yang sudah dirangkumkan di atas, semoga dapat menjadi pemahaman baru bagi seluruh orangtua bahwa anak pun memiliki hak bersuara dan didengarkan.

Yuk, belajar pelan-pelan untuk mau mendengarkan pendapat anak mama!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk