Jadi Alternatif Bonding Time, Alice Norin Ajak Alita Bermain Makeup

Ini manfaat yang bisa anak dapat dari bermain makeup bersama

15 April 2021

Jadi Alternatif Bonding Time, Alice Norin Ajak Alita Bermain Makeup
Instagram.com/alicenorin

Alita Naora Lawi, putri pertama pasangan selebriti Alice Norin dan Alvin Yudhapatria yang kerap kali menjadi perhatian publik lantaran penampilannya yang selalu menggemaskan.

Bersama sang Mama, gadis berusia 4 tahun yang biasa disapa Alita ini selalu berhasil mencuri perhatian netizen ketika sang Mama mengunggah berbagai konten bersamanya.

Salah satunya unggahan video IG TV Mama Alice beberapa waktu lalu yang sempat ramai dikalangan aunty dan uncle online.

Dalam video tersebut, Mama Alice mengisi waktu luang sekaligus melakukan bonding time dengan bermain makeup bersama Alita.

Kegiatan makeup yang dilakukannya bersama Alita ini nggak sekedar bermain dengan produk kecantikan saja, Ma.

Bermain makeup juga bisa menjadi alternatif dalam bonding time bersama anak-anak perempuan mama seperti yang dilakukan Mama Alice dan Alita.

Seperti apa keseruan Mama Alice dan Alita saat bermain makeup bersama? Berikut Popmama.com telah merangkumnya. Simak juga tips dan manfaat bonding bersama anak yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Alternatif bonding time

1. Alternatif bonding time
Freepik/Karlyukav

Perlu diketahui bahwa bonding time sendiri penting dilakukan untuk membantu pertumbuhan anak baik dari segi motorik serta emosional.

Ada berbagai kegiatan yang bisa Mama lakukan untuk bonding time dengan si Kecil. Salah satunya bermain makeup seperti Mama Alice dan Alita.

Dari mengajak anak bermain makeup, Mama bisa memiliki waktu luang untuk dihabiskan bersama buah hati, serta mendapat pembelajaran baru untuk tumbuh kembang mereka, Ma.

Salah satunya adalah anak belajar melatih motoriknya dengan mengenal ragam bentuk dan warna dari produk kecantikan yang biasa Mama gunakan. Selain itu, anak pun akan memiliki rasa ingin tahu dan meniru apa yang Mama lakukan dengan makeup.

Untuk itu, Mama bisa mencoba menjadi kanvas untuk anak meluapkan rasa keingin tahuannya dengan makeup. Sehingga selain membebaskan diri anak dengan eksperimen terbarunya, Mama juga memiliki waktu lebih banyak bersama buah hati.

2. Manfaat bermain makeup untuk anak

2. Manfaat bermain makeup anak
Freepik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bermain makeup tak hanya bisa dijadikan alternatif dalam bonding time dengan anak, tetapi juga memiliki ragam manfaat untuk tumbuh kembangnya, Ma. Diantaranya adalah:

  • Melatih kemampuan motorik halus. Melalui eyeshadow yang Mama miliki, anak bisa terangsang perkembangan motorik serta mengasah kognitifnya untuk belajar memadukan warna-warna yang ada.
  • Dapat merawat penampilannya sejak dini. Sejak usia 3 tahun ke atas, anak umumnya mulai meniru apa yang ia lihat dari orang sekitarnya. Termasuk melihat Mama saat makeup. Mulai dari menirukan penggunaan brush, bermain dengan lipstik, dan lain sebagainya. Sehingga ini bisa menjadi ajang melatih anak untuk berpenampilan menarik sejak dini. Namun, pastikan makeup yang digunakan aman untuk anak-anak ya, Ma.
  • Mengajarkan budaya bersih-bersih. Selain merawat penampilan dengan menggunakan makeup sebagai penunjang, anak juga akan belajar budaya bersih-bersih lho, Ma. Mengapa demikian? Sebab saat selesai menggunakan makeup, anak juga akan belajar membersihkan makeup yang menempel di wajahnya.

3. Tips yang perlu diperhatikan saat anak bermain makeup

3. Tips perlu diperhatikan saat anak bermain makeup
Freepik

Meski bermanfaat, tetapi Mama juga perlu memerhatikan hal-hal berikut sebelum mengajak anak bermain makeup. Diantaranya adalah:

  • Gunakan produk yang aman untuk anak

Saat ini sudah ada beberapa merek kecantikan yang menyediakan makeup untuk digunakan anak-anak, sehingga akan lebih aman saat anak menggunakannya.

Jika ingin menggunakan makeup yang ada, Mama perlu memastikan bahwa makeup tersebut sudah terdaftar BPOM atau lembaga pengawasan lainnya seperti FDA. 

Mama bisa memilih produk yang hanya mengandung sedikit sekali bahan berbahaya atau bahkan tidak ada sama sekali. Mama juga bisa memeriksa keamanan bahan baku yang ada dalam kemasan produk kecantikan di situs berikut: www.ewg.org/skindeep/ 

  • Mulailah dengan makeup yang mudah dan sederhana

Tak perlu menirukan apa yang biasa Mama lakukan, ajak anak untuk melakukannya secara sederhana lebih dulu, Ma. Jika anak merasa tertarik, Mama bisa melanjutkannya dengan tahap yang lebih serius, namun tetap memerhatikan produk yang digunakan ya, Ma.

  • Perhatikan apakah terjadi iritasi setelahnya

Jika setelah menggunakan produk kecantikan membuat kulit anak iritasi, maka hentikan penggunaan produk tersebut dan beri tahu anak dengan perlahan dan tegas agar mereka memahami alasannya.

  • Rutin bersihkan wajah setelah bermain makeup

Guna membersihkan wajahnya dari sisa makeup yang masih menempel, Mama bisa membersihkan wajah anak dengan sabun yang ringan untuk kulitnya. Hindari juga penggunaan sabun antibakteri dan produk pengelupasan kulit agar kulit anak tidak mudah iritasi.

Itu dia informasi seputar Mama Alice dan Alita yang melakukan bonding time malalui makeup. Mama juga bisa lho melakukan hal yang sama. Pastinya dengan memerhatikan tips-tips yang sudah disebutkan di atas ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.