Ajarkan Anak Sejarah Islam dari Bacaan Surat Al-Fil dan Arti

Cerita pasuka gajah yang menyerang Ka'bah

18 September 2020

Ajarkan Anak Sejarah Islam dari Bacaan Surat Al-Fil Arti
Youtube/kastari sentra

Tak hanya pelajaran formal dari sekolah, mengajarkan anak untuk mengamalkan bacaan dalam Al-Quran juga memiliki banyak manfaat bagi hidupnya, Ma.

Selain mendapatkan pahala yang dijanjikan Allah SWT, anak juga akan menambah ilmu pengetahuan seputar agama, serta memupuk keimanan serta kecintaan terhadap agama Islam. 

Di usianya yang maish dini, Mama bisa mengenalkan dan mengajarkan anak surat-surat pendek terlebih dahulu. Hal ini agar anak lebih mudah memahami dan terbiasa untuk diajarkan bacaan lainnya kelak.

Salah satu yang bisa Mama ajarkan adalah surat Al-Fil yang terdiri dari 5 ayat sehingga lebih mudah dilafalkan dan dingat oleh anak.

Menceritakan tentang kegagalan Abrahah dan pasukan gajah yang ingin menghancurkan Ka'bah. Berikut Popmama.com jelaskan mengenai bacaan, arti, beserta sejarah yang tertulis dalam surat Al-Fil.

1. Bacaan surat Al-Fil

1. Bacaan surat Al-Fil
Freepik

Terdiri dari 5 ayat, berikut adalah bacaan surat Al-Fil dalam bahasa arab, latin, dan artinya:

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَٰبِ ٱلْفِيلِ

a lam tara kaifa fa'ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl

1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?

أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِى تَضْلِيلٍ

a lam yaj'al kaidahum fī taḍlīl

2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?

وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ

wa arsala 'alaihim ṭairan abābīl

3. dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,

تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ

tarmīhim biḥijāratim min sijjīl

4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍۭ

fa ja'alahum ka'aṣfim ma`kụl

5. lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).
 

Editors' Picks

2. Surat Al-Fil dikenal dengan Tahun Gajah

2. Surat Al-Fil dikenal Tahun Gajah
Freepik/rawpixel.com

Surat yang terdiri dari 5 ayat ini termasuk dalam surat Makkiyah yang mana surat ini merupakan surat ke 105 dalam Al-Quran. 

Surat ini berarti gajah yang mana menceritakan tentang kegagalan Abrahah dan pasukan gajah yang akan menghancurkan Ka'bah. Abrahah sendiri merupakan Gubernur Yaman yang gagal merebut Ka'bah di Mekah pada sekitar tahun 570 Masehi.

Dengan izin Allah SWT, pasukan gajah yang dipimpin Abrahah dikalahkan oleh burung Ababil. Karena itulah, peristiwa itu dikenal juga dengan Tahun Gajah.

3. Sejarah Al-Fil: Kisah pasukan gajah yang menyerah Ka'Bah

3. Sejarah Al-Fil Kisah pasukan gajah menyerah Ka'Bah
Youtube/kastari sentra

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam surat ini menceritakan bagaimana pasukan gjah yang ingin menghancurkan rumah Allah SWT (Ka'bah).

Abrahah dan pasukannya telah mempersiapkan diri untuk menghancurkan Ka’bah tersebut. Ia dan pasuannya mempersiapkan gajah untuk menghancurkannya. T

Saat Abrahah dan pasukannya mendatangi Makkah, orang disekitar yang tak memiliki persiapan apapun untuk mengadang mereka justru tak berani keluar lantaran takut dengan serangan pasukan gajah tersebut.

Namun atas kehendak Allah, diturunkanlah burung yang terpencar-pencar, artinya datang kelompok demi kelompok. Itulah yang dimaksud “thoiron ababil” sebagaimana kata Ibnu Taimiyah. Burung-burung yang didatangkan Allah tersebut membawa batu untuk mempertahankan Ka’bah.

Seperti tafsiran Ibnu ‘Abbas, batu-batu itu berasal dari lumpur (thin) yang dibentuk menjadi batu. Ada juga yang menafsirkan bahwa batu tersebut adalah batu yang dibakar (matbukh).

Burung-burung tersebut kemudian melemparkan batu kepada pasukan gajah yang berusaha menyerang Ka'bah. Lantaran tak kuat dengan banyaknya burung yang menyerang mereka, akhirnya pasukan gajah hancur seperti daun-daun yang dimakan dan diinjak-injak oleh hewan. 

Kisah ini mengingatkan orang Quraisy tentang pertolongan Allah yang telah menghancurkan pasukan gajah dan juga menunjukkan bagaimana Allah telah mengatur makhluk dan membinasakan musuh-musuh-Nya. 

4. Alasan Abrahah menyerang Ka'bah

4. Alasan Abrahah menyerang Ka'bah
Youtube/kastari sentra

Bukan tanpa alasan tentunya Abrahah dan pasukan gajah menyerang Ka'bah. Dijelaskan oleh Ibnu Taimiyah, “Kisah ini adalah dari kisah raja Abrahah yang membangun kanisah (gereja) di negeri Yaman. Ia ingin agar haji yang ada di Arab dipindahkan ke sana. Abrahah ini adalah raja dari negeri Habasyah (berpenduduk Nashrani kala itu) yang telah menguasai Yaman. Kala itu diceritakan ada orang Arab yang menjelek-jelekkan kanisah (gereja) orang Nashrani sehingga membuat raja Abrahah marah. Lalu ia pun berniat menghancurkan Ka’bah.” (Majmu’atul Fatawa karya Ibnu Taimiyah, 27: 355-356).

Dari rasa penasaran Abrahah karena banyak orang yang berbondong-bondong setiap hari menuju Ka'bah, itulah yang membuat dirinya membuat bangunan serupa seperti Ka'bah. Alasannya adalah, jika banyak orang yang mengunjungi maka saat mereka berjualan dapat meningkatkan penghasilan mereka.

Namun bangunan yang dibuat Abrahah tak sebanding dengan rumah Allah SWT, Ka'bah. Abrahah pun marah lalu memerintahkan dan memimpin pasukan gajah untuk melakukan penghancuran Ka'bah.

5. Keistimewaan surat Al-Fil

5. Keistimewaan surat Al-Fil
Freepik/rawpixel

Setelah mengetahui arti serta sejarah dibalik surat Al-Fil, berikut beberapa manfaat atau keutamaan mengajarkan anak bacaan surat yang terdiri dari 5 ayat ini. Beberapa diantaranya ialah:

  • Apabila surat Al-Fil dibaca dalam pertempuran, Allah akan mempermudah dengan membuat musuh lari dengan sendirinya karena dibayang-bayangi oleh perasaan takut yang mencekam. 
  • Apabila dibaca 20 kali selama 7 hari akan disampaikan hajat yang pelik dan ganjil. Apabila dibaca 1000 kali selama 40 hari akan dimurahkan rezeki dan disampaikan hajat.
  • Apabila dibaca 1000 kali selama 10 hari jika selama hidupnya dibenci orang nescaya akan dikasihi.
  • Apabila dibaca 170 kali pada makanan atau gula-gula atau minyak wangi diberi pada perempuan  atau isteri dengan izin Allah SWT dikasihi dan disayangi.

Nah, itu dia sejarah diturunkannya surat Al-Fil beserta arti dan keutamannya. Semoga dapat mempermudah para orangtua dalam mengajarkannya pada anak di rumah, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.