Tak Hanya Lezat, 5 Buah Ini Dipercaya Redakan Panas Dalam untuk Balita

Selain mencukupi air putih, berikan bauh juga yuk, Ma

20 Oktober 2020

Tak Ha Lezat, 5 Buah Ini Dipercaya Redakan Panas Dalam Balita
Kapha.ru

Tinggal di negara tropis yang memiliki cuaca cukup panas membuat tubuh rentan akan dehidrasi. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun seringkali merasakan demikian.

Untuk itu, sebagai orangtua kita perlu menjaga asupan cairan yang cukup agar anak terhindar dari dehidrasi serta panas dalam.

Namun perlu diketahui, panas dalam sendiri tak hanya disebabkan karena cuaca sekitar, tetapi juga karena kekurangan serat, vitamin C, bahkan konsumsi makanan berlemak yang terlalu berlebihan.

Selain memberikan anak minum air putih yang banyak, Mama juga bisa menyeimbanginnya dengan asupan buah. Ada beberapa jenis buah yang dipercaya mampu meredakan panas dalam anak usia balita. 

Tak hanya rasanya lezat, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa buah untuk panas dalam pada balita agar buah hati Mama bisa lekas membaik.

1. Kiwi

1. Kiwi
Freepik

Saat panas dalam menghampiri, tenggorokan si Kecil akan terasa kurang nyaman dan membuatnya seringkali kesulitan tidur. Buah kiwi dengan kandungan hormone serotonin dipercaya mampu membuat si Kecil tidur lebih nyenyak, Ma.

Tak hanya vitamin C yang mampu melegakan tenggorokannya, buah yang kaya akan protein ini juga dapat menyingkirkan batuk kering akibat infeksi tenggorokan. Pemulihan radang tenggorokan juga lebih optimal dengan disertai istirahat yang cukup.

Editors' Picks

2. Jeruk

2. Jeruk
Pexels/Pixabay

Kandungan vitamin C pada buah jeruk memang sudah tak diragukan lagi khasiatnya. Selain vitamin C, terdapat zat lain berupa fitonutrien dan flavonoid yang diyakini dapat menyembuhkan panas dalam. 

Jeruk juga dikenal dengan berbagai jenis yang khasiat dan kandungan yang sama yaitu kaya akan vitamin C. Seperti jeruk lemon atau jeruk nipis yang mampu mengatasi radang tenggorokan.

Jika si Kecil bosan dengan mengonsumsi jeruk secara langsung, Mama bisa memberikan satu sendok teh perasan lemon atau jeruk nipis dengan secangkir air hangat untuk melegakan tenggorokannya.

3. Pisang

3. Pisang
Freepik

Pisang menjadi salah satu buah yang juga memiliki rasa lezat serta banyak digemari anak-anak. Teksturnya yang lembut membuat pisang lebih mudah ditelan oleh si Kecil ketika alami panas dalam atau sakit tenggorokan.

Kandungan vitamin B6 dan mineral seperti kalium atau kalsium pada pisang dipercaya mampu meringankan si Kecil karena panas dalam atau sakit tenggorokan. Ditambah lagi Kandungan potasium di dalam pisang merupakan obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan si Kecil, Ma.

4. Belimbing

4. Belimbing
Pixabay/chrisad85

Buah berbentuk bintang ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk proses penyembuhan serta menjaga kekebalan sistem imun si Kecil.

Belimbing dapat membantu mengurangi peradangan dan sensasi panas yang timbul di dalam tenggorokan si Kecil karena kandungan anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat melegakan tenggorokan.

Mama bisa memberikan buah yang bentuknya disukai anak ini secara langsung atau juga disajikan dalam bentuk jus yang akan lebih menyegakan. 

5. Apel

5. Apel
Pixabay/marijana1

Meski kandungan vitamin C pada apel tidak sebanyak buah yang sudah disebutkan sebelumnya, namun kandungan serat dalam buah ini juga mampu mempercepat penyembuhan panas dalam si Kecil, Ma.

Jika si Kecil mulai mengeluhkan tenggorokan yang tidak enak, Mama bisa memberikan buah apel untuk dikonsumsinya secara langsung atau juga dibuatkan jus terlebih dahulu untuk diminumnya.

Nah, itu dia dereta buah untuk panas dalam pada balita yang mampu melegakan tenggorokan si Kecil akibat panas dalam atau radang tenggorokan. Semoga bermanfaat dan mampu meredakan panas dalam yang dialami si Kecil ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.