Buah yang Perlu Dibatasi untuk Anak dengan Golongan Darah O

Cek ragam buah apa saja yang harus dibatasi demi kesehatan anak ya Ma

28 Mei 2020

Buah Perlu Dibatasi Anak Golongan Darah O
Freepik

Buah dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh baik orang dewasa maupun anak-anak. Terlebih pada anak yang membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk tumbuh kembangnya.

Buah juga mengandung sumber serat, vitamin dan mineral alami yang bisa menjadi pilihan makanan mengenyangkan dan alami. Sebagian orang dewasa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi lebih banyak buah-buahan daripada makanan pokok seperti pasta, roti, maupun nasi.

Jika anak lebih menyukai mengonsumsi buah dibanding pasta, roti, maupun nasi, maka sistem pencernaannya akan bekerja lebih baik dan membantu mengurangi berat badannya.

Namun kenyataannya, tak semua buah bisa cocok dikonsumsi oleh setiap anak.

Misalnya pada anak dengan golongan darah O. Seperti yang dilansir pada Buku Diet Sehat Golongan Darah O (2015) oleh Wied Harry Apriadji, terdapat ragam buah yang kurang cocok atau harus dibatasi pada golongan darah O.

Sebab anak dengan golongan darah O memiliki sistem pencernaan yang sangat asam, sehingga tidak dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung asam untuk mengurangi risiko gangguan lambung dan iritasi dinding lambung.

Untuk itu Mama perlu memerhatikan deretan buah yang sebaiknya dibatasi pemberiannya pada anak dengan golongan darah O. Apa saja buah-buahannya? Yuk, simak jawabannya berikut ini!

1. Jeruk

1. Jeruk
Freepik

Buah jeruk dikenal memiliki tingkat keasaman tinggi untuk pemilik golongan darah O. Berikut deretan jeruk yang sebaiknya dibatasi pada anak dengan golongan darah O karena tingkat keasamannya yang kurang bersahabat:

  • Jeruk garut
  • Jeruk pontianak
  • Jeruk medan
  • Jeruk orange
  • Jeruk keprok

Editors' Picks

2. Strawberry dan blackberry

2. Strawberry blackberry
Freepik

Selain jeruk, strawberry dan blackberry menjadi buah lain yang harus dibatasi. Hal ini karena buah tersebut memiliki kandungan lektin yang dapat mengganggu sistem pencernaan anak dengan golongan darah O.

Oleh karenanya, Mama sebaiknya membatasi pemberian buah yang memiliki warna khas merah ini kepada anak agar terhindari sistem pencernaan yang bermasalah. Sebagai gantinya, Mama bisa memberikan buah jenis berry seperti ciplukan atau gooseberry yang lebih aman dikonsumsi.

3. Melon

3. Melon
Freepik

Jika anak Mama memiliki golongan darah O, sebaiknya lebih berikan buah-buahan pembentuk basa guna menghindari masalah kesehatan yang terjadi kadar asam berlebih. Namun tak semua buah dengan kadar basa bisa dinikmati, salah satu yang harus dihindari adalah melon.

Melon terbukti memiliki sifat basa yang mengandung cukup banyak jamur. Sedangkan anak dengan golongan darah O sangat sensitif terhadap jamur, sehingga Mama bisa memberikan buah melon dan semangka secukupnya saja.

Hal penting lainnya yang perlu Mama perhatikan adalah melon jenis honeydew dan blewah sebaiknya dihindari sama sekali karena kandungan jamurnya sangat tinggi dan tidak baik bagi anak dengan golongan darah O.
 

4. Alpukat

4. Alpukat
Freepik/Bearfotos

Alpukat juga menjadi buah yang perlu dibatasi penggunaannya pada anak golongan darah O. Hal ini dikarenakan kandungan lemak tinggi yang tidak baik untuk pemilik golongan darah O. 

Selain buah-buah yang sudah disebutkan, Mama bisa memberikan nanas yang bisa membantu mencegah dan mengatasi retensi air dan perut kembung dalam mengatasi kegemukan pada anak pemilik golongan darah O.

Nah, itu dia deretan buah yang perlu dibatasi pada anak golongan darah O. Namun meski demikian, Mama tetap bisa memberikannya pada anak kok. Hanya saja tidak boleh berlebihan dalam memberikannya ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.