5 Cara Mempersiapkan Masa Depan Cerah untuk Anak

Sudahkah Mama dan Papa persiapkan masa depan si Kecil?

25 Mei 2022

5 Cara Mempersiapkan Masa Depan Cerah Anak
Freepik/Jcomp

Sebagai orangtua, tentu kita ingin memberikan segala hal yang terbaik untuk tumbuh kembang si Kecil. Termasuk pula dengan pendidikan dan kesehatan anak yang berperan penting untuk menyokong masa depan mereka.

Agar si Kecil dapat meraih masa depan cerah, orangtua perlu mempersiapkan anak sejak dini agar dapat  tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta mengasah potensi prestasi yang mereka miliki demi terciptanya generasi maju yang unggul, berprestasi dan berkualitas di masa depan.

Pada artikel berikut ini, Popmama.com akan rangkumkan lima cara mempersiapkan masa depan anak. Yuk, persiapkan sedari dini, Ma.

1. Mencukupi asupan nutrisi harian anak

1. Mencukupi asupan nutrisi harian anak
Pexels/Alex Green

Anak yang sehat menjadi kunci dari berjalannya tumbuh kembang optimal. Dengan begitu, anak pun dapat meraih prestasi demi masa depan yang lebih cerah kelak nanti. Nah, cara utama yang orangtua harus lakukan adalah memastikan asupan nutrisi harian anak terpenuhi.

Selain memberikan asupan nutrisi lewat makanan bergizi seimbang, memberikan produk susu untuk melengkapi nutrisi anak pun bisa Mama lakukan.

Misalnya seperti produk susu yang satu ini, terus berkomitmen mengembangkan produk bernutrisi bagi anak-anak Indonesia.

“Kami percaya bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk maju melalui pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan,  sehingga tidak ada anak yang boleh tertinggal," ungkap Senior Brand Manager SGM Eksplor, Renta Situmeang.

Motivator dan Pengusaha, Merry Riana juga menyampaikan bahwa kesuksesan yang diraihnya saat ini merupakan buah dari kerja keras dan semangat yang tinggi dalam memperjuangkan mimpi-mimpinya.

“Perjalanan hidup saya tidak selalu mulus, namun di setiap kesulitan yang saya alami, saya selalu percaya diri dan menciptakan kesempatan untuk terus maju. Perjuangan saya tersebut kini menjadi inspirasi memotivasi banyak orang untuk menggapai mimpi. Inilah upaya saya memajukan bangsa, memotivasi sebanyak mungkin orang, termasuk para orang tua, untuk terus memberikan dukungan yang lengkap bagi anak agar bisa jadi generasi maju,” jelas Merry Riana.

Inovasi terbaru produk susu pertumbuhan SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC, mampu mendukung kelengkapan nutrisi bagi anak di atas 1 tahun dengan kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, IronC, DHA, Omega 3&6, serta nutrisi penting lainnya untuk dukung si Kecil tumbuh maksimal jadi Generasi Maju.

Bersama dengan nutrisi, SGM Eksplor menyadari bahwa stimulasi dan dukungan Bunda sangat diperlukan dalam tumbuh kembang maksimal si Kecil untuk jadi Generasi Maju berikutnya.

Untuk itu, produk susu yang satu ini mengadakan kegiatan kompetisi cerita #AkuAnakSGM #AnakGenerasiMaju, di mana produk susu ini mengajak para orangtua untuk menceritakan pencapaian atau progress si Kecil sebagai Anak Generasi Maju.

Berkesempatan meraih hadiah jutaan rupiah, Mama bisa langsung mengetahui informasi lebih lengkap tentang cara mengikuti kompetisi #AnakGenerasiMaju dengan mengakses website www.generasimaju.co.id/anak-generasi-maju.

Editors' Picks

2. Hitung aset yang dimiliki dan biaya pendidikan dari sekarang

2. Hitung aset dimiliki biaya pendidikan dari sekarang
Pexels/Karolina Grabowska

Meski usia si Kecil mungkin masih terlalu dini, namun orangtua perlu mempertimbangkan biaya pendidikan yang setiap tahunnya terus meningkat seiring bertambahnya gaya hidup manusia. 

Untuk itu, langkah yang bisa orangtua ambil dalam menyokong masa depan si Kecil adalah dengan menghitung aset yang dimiliki, lalu melakukan riset biaya pendidikan sejak dini. 

Mama dan Papa bisa melakukan riset biaya pendidikan mulai dari biaya uang pangkal, biaya bulanan sekolah, biaya keperluan seperti seragam dan buku pelajaran, serta biaya lainnya.

Untuk biaya itu semua, sebaiknya Mama dan Papa memperkirakan besaran inflasi tersebut hingga 18 tahun mendatang. Sebab pertumbuhan inflasi dunia pendidikan diperkirakan berkisar 10 hingga 15 persen per tahunnya.

3. Komunikasi jadi kunci penting

3. Komunikasi jadi kunci penting
Freepik/shurkin_son

Tak hanya kesehatan dan nutrisi anak yang diperhatikan, Mama dan Papa juga perlu memerhatikan komunikasi anak sedari dini. Sebab komunikasi adalah salah satu poin penting untuk mempersiapkan masa depannya kelak nanti.

Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka anak pun bisa dengan mudah berkomunikasi dengan banyak orang baik keluarga, teman, hingga rekan bisnisnya.

Itulah mengapa melatih komunikasi anak bisa dilakukan sejak anak masih bayi sekali pun, Ma. Mulailah dengan menstimulus komunikasi anak dengan cara yang menyenangkan seperti mengenali berbagai nada suara ketika berbicara, perasaan lawan bicara, serta kata-kata baru yang belum anak ketahui sebelumnya.

Melalui pemahaman komunikasi yang penting ini, anak pun dapat memahami apa yang ingin mereka sampaikan pada orang lain, serta apa yang ingin orang lain sampaikan kepadanya secara tepat. Sehingga akan terjalin komunikasi yang baik dan saling memahami.

4. Tanamkan rasa percaya diri

4. Tanamkan rasa percaya diri
Freepik/gpointstudio

Selain komunikasi, Mama dan Papa juga perlu menanamkan rasa percaya diri pada si Kecil sedari dini. Anak yang memiliki percaya diri biasanya memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik dan dapat memberikan kesan yang baik pula untuk orang lain.

Cara yang bisa orangtua lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak adalah dengan memberikan perhatian penuh pada setiap hal yang dilakukan anak, serta tak lupa memberikan apresiasi atau apa pun yang anak lakukan dan terima. 

Anak yang terbiasa mendapat perhatian serta apresiasi dari orangtua dan keluarga nantinya akan memiliki rasa percaya diri yang baik. Mereka juga nantinya bisa melakukan hal yang sama kepada orang lain di sekitarnya.

Dengan begitu, anak pun bisa lebih berani berekspresi dan menyatakan pemikirannya akan sesuatu. Pastikan Mama dan Papa juga menyertai masukan atau koreksi yang tepat agar nantinya anak bisa memiliki rasa percaya diri dengan dasar hal yang baik.

5. Hidup bahagia bersama keluarga

5. Hidup bahagia bersama keluarga
Freepik/prostooleh

Memiliki kehidupan yang bahagia adalah keinginan setiap individu. Hidup bahagia dalam keluarga rupanya juga jadi hal tak kalah penting dalam menyiapkan masa depan cerah si Kecil, Ma. Mengapa demikian?

Jika dalam anggota keluarga saling memberikan kebahagiaan, maka satu sama lain pun bisa merasakan hal positif dan membentuk pribadi dengan karakter yang baik. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang sukses banyak berasal dari keluarga yang hangat dan cenderung bahagia.

Jadi, pastikan anak dapat merasakan aura positif dari anggota keluarga di rumah ya, Ma. Dengan begitu, anak pun merasa bahagia dan nyaman berada di rumah, serta mampu menjaga konsentrasi anak menjadi lebih baik. 

Jadi, tak hanya asupan nutrisi serta kemampuan dasar seperti komunikasi yang penting orangtua lakukan, memperhatikan kebahagiaan hidup si Kecil juga perlu diperhatikan demi masa depan anak yang lebih cerah nantinya.

Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dalam mempersiapkan masa depan cerah untuk anak di rumah ya, Ma, Pa.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk