7 Cara Mengobati Mata Minus pada Anak Secara Alami

Bantu anak perbaiki kesehatan matanya sejak dini yuk, Ma

4 Desember 2020

7 Cara Mengobati Mata Minus Anak Secara Alami
Pexels/BN

Sebagai anak generasi milennial, gadget menjadi benda yang sudah tak asing bagi anak-anak. Bahkan, anak usia balita pun saat ini sudah lebih pandai dalam menggunakan benda persegi yang memiliki banyak kegunaan itu.

Meski baik untuk keperluan informasi dan hiburan, tetapi penggunaan gadget berlebihan juga bisa berdampak pada kesehatan mata anak, Ma. Saat ini sudah banyak ditemukan anak usia balita yang harus mengenakan kacamata minus.

Kebanyakan penyebabnya didasari lantasan screen time anak yang melampaui batas usianya dan juga kurangnya menjaga kesehatan mata.

Jika sudah begini, banyak orangtua bertanya apakah bisa mata minus pada anak disembuhkan?

Sayangnya hingga 2020 ini, belum diketahui pengobatan yang mampu menyembuhkan mata minus. Sebab mata minus bukanlah sebuah penyakit, melainkan kelainan refraksi mata. Namun, pada beberapa kondisi mata minus biasanya dilakukan operasi berupa laser-assisted in situ keratomileusis (LASIK).

Prosedur ini dilakukan guna membantu mengoreksi bentuk kornea pada pengidap mata minus. Namun ini dilakukan bagi orang-orang yang sudah cukup usianya dan sesuai anjuran dokter ya, Ma. Untuk usia anak-anak, mereka masih belum bisa melakukan cara ini.

Tetapi ika Mama ingin meringankan mata minus pada anak dan meningkatkan kesehatan matanya, berikut ini Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja pengobatan alami untuk meningkatkan kesehatan mata minus pada anak.

1. Konsumsi wortel

1. Konsumsi wortel
Freepik

Jenis sayuran satu ini tentu sudah tak asing jika disebutkan sebagai pengobatan untuk mata minus. Sebab wortel memiliki banya kandungan vitamin A yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata.

Degan mengonsumsi wortel, Mama dapat membantu anak dalam mengurangi besarnya minus pada matanya. Caranya pun beragam, Ma. Bisa dimasak dengan sayuran lainnya atau pun dibuat jus untuk diminum.

Menariknya, Ma. Banyak orang menyebutkan, jika mengonsumsi dua gelas jus wortel setiap hari selama satu bulan, kemampuan penglihatan anak secara signifikan akan meningkat dan menurunkan minus yang dideritanya.

2. Konsumsi lidah buaya

2. Konsumsi lidah buaya
Freepik/jcomp

Lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika Mama menggunakan lidah buaya sebagai salah satu skincare yang digunakan untuk merawat kulit dan rambut, ternyata Mama juga bisa menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan mata anak yang minus, lho.

Pasalnya, lidah buaya dikenal sebagai obat alami yang mampu mengatasi permasalahan mata minus. Mama bisa memberikannya dalam bentuk jus yang sudah dicampur dengan madu atau perasan lemon agar rasanya lebih disukai anak.

Dengan mengonsumsinya dalam jangka satu minggu penuh, maka kesehatan mata anak pun akan meningkat lebih baik. Coba buktikan yuk, Ma.

Editors' Picks

3. Menjemur mata di pagi hari

3. Menjemur mata pagi hari
Freepik/master1305

Menjemur di pagi hari merupakan kegiatan yang baik dilakukan bagi kesehatan tubuh. Sebab sinar matahari pagi adalah vitamin D alami yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya baik untuk tubuh, ternyata sinar matahari pagi juga baik untuk kesehatan mata anak yang minus, Ma. Caranya Mama bisa meminta anak menutup kedua matanya lalu arahkan ke tempat yang tekena cahaya matahari.

Setelah itu, tunggu sampai matanya terasa hangat dan diamkan hingga kurang lebih 10 menit. Dengan rutin melakukan setiap pagi, maka anak akan mendapatkan asupan vitamin D dan minus di matanya pun akan cepat berkurang.

4. Melatih penglihatan menggunakan teknik telunjuk

4. Melatih penglihatan menggunakan teknik telunjuk
Toppng.com

Cara satu ini juga dikenal sebagai cara alami untuk mengurangi mata minus. Caranya ialah dengan melatih fokus penglihatan menggunakan media pulpen atau jari telunjuk.

Caranya pun sangat mudah, Mama hanya perlu meminta anak meletakkan jari telunjuknya dengan jarak sejauh 10 cm. Setelah itu, minta ia untuk fokuskan pandangannya ke arah jari telunjuk tersebut.

Kemudian, alihkan secara perlahan fokusnya ke objek yang ada dibelakang jari telunjuk. Usahakan anak mama tidak menggeser posisi kepalanya ya. Jadi, pastikan sebelum melakukan ini anak mama sudah duduk dengan nyaman terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ajak anak melakukan latihan teknik ini sebanyak sebanyak 10 kali dalam satu hari dan mengulanginya di hari-hari selanjutnya. Sudah pernah coba cara ini, Ma?

5. Lakukan senam mata

5. Lakukan senam mata
Freepik/Wayhomestudio

Selain berjemur, di pagi hari setelahnya Mama bisa meminta anak melakukan senam mata. Cara ini sangat mudah dilakukan yaitu dengan menggerakkan bola mata ke kiri, kanan, atas dan bawah.

Setelah itu, ajaklah anak melakukan gerakan memutar searah jarum jam sebanyak 5 kali setiap hari. Dengan melakukan langkah satu ini, ini akan membantu bola matanya lebih bersih dan terlumasi agar menjadi lebih sehat.

6. Melakukan teknik eye palming

6. Melakukan teknik eye palming
Focusclinics.com

Teknik eye palming merupakan cara yang dilakukan dengan menggosokkan kedua tangan hingga terasa hangat dan tutupi mata menggunakan kedua tangan tersebut. Jadi, tak hanya cahaya sinar matahari pagi, Mama juga bisa melakukan ini sebagai gantinya.

Bedanya, cara ini bisa anak lakukan kapan saja ketika matanya merasa lelah. Teknik ini bisa anak lakukan untuk membuat otot-otot matanya menjadi lebih tenang. Namun sebelum melakukannya, pastikan anak sudah mencuci kedua tangannya dengan bersih ya, Ma.

7. Lepas kacamata saat tidak digunakan

7. Lepas kacamata saat tidak digunakan
Freepik

Langkah terakhir yang bisa Mama lakukan pada anak adalah dengan memintanya melepas kacamata ketika tidak digunakan. Dengan terus menggunakan kacamata setiap hari, ini akan membuat matanya terbiasa fokus pada lensa yang ia gunakan.

Hal ini ternyata berdampak pada otot matanya yang justru menjadi tegang karena bola mata yang jarang bergerak. Untuk itu, melepaskan kacamata saat tidak digunakan menjadi salah satu cara alami dalami mengobati mata anak yang minus.

Itu dia beragam cara yang bisa Mama lakukan untuk membantu mengurangi minus dan meningkatkan kesehatan mata anak. Semoga bisa Mama terapkan pada anak dan bermanfaat untuk kesehatan matanya ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.