11 Desain Mainan Anak Edukatif yang Ramah Lingkungan dan Banyak Fungsi

Dalam satu mainan edukatif, ternyata memiliki beberapa fungsi, Ma

20 Januari 2021

11 Desain Mainan Anak Edukatif Ramah Lingkungan Banyak Fungsi
Freepik/Senivpetro

Mainan anak identik dengan mainan yang penuh warna serta banyak terbuat dari bahan plastik yang ringan digunakan oleh anak-anak.

Namun, mengingat penggunaan plastik yang harus dibatasi, mainan anak yang mengedukasi pun saat ini mulai banyak bermunculan dengan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan, Ma.

Di era teknologi seperti saat ini, mainan anak edukasi yang identik dengan bahan plastik, warna-warni, berbentuk kecil dan rawan berantakan kini sudah berubah menjadi desain mainan yang lebih ramah lingkungan dan multifungsi lho!

Tanpa menghilangi unsur edukasinya, berikut ini Popmama.com telah merangkum inspirasi desain mainan edukasi anak yang bisa berikan pada anak-anak mama di rumah. 

1. Perosotan dan tangga lipat serba guna

1. Perosotan tangga lipat serba guna
Pinterest.com

Mainan satu ini banyak digunakan karena bentuknya yang estetik dan ramah lingkungan. Tak hanya itu, mainan satu ini juga aman dan sangat edukatif untuk digunakan dalam berbagai macam kegiatan di rumah.

Sesuai namanya, perosotan dan tangga lipat ini juga bisa disimpan ketika sedang tidak dipakai. Jadi, nggak akan membuat rumah berantakan karena mainan anak lagi deh!

2. Perosotan dan tangga untuk tempat tidur

2. Perosotan tangga tempat tidur
rockmyday.de

Khawatir terjatuh ketika anak mama berada di atas kasur? Tenang, mainan satu ini bisa menjadi alternatif yang dapat membantunya turun dari kasur dengan mudah sekaligus menyenangkan.

Perosotoan dan tangga lipat kini nggak hanya untuk mainan yang dibentangkan begitu saja, Ma. Keduanya bisa lho dipasang di kasur seperti contoh berikut ini. Versatile banget deh! 

3. Perosotan dan tangga untuk mainan tenda

3. Perosotan tangga mainan tenda
Chezmamapoule.com

Anak-anak biasanya menyukai kegiatan bermain masak-masakan, bukan begitu, Ma?

Jika anak mama menyukai kegiatan tersebut, perosotan dan tangga lipat tadi juga bisa dijadikan tenda untuk dapur atau restoran mainan yang menyenangkan. Jadi lebih seru dan berkelas banget ya, Ma!

4. Tenda mainan versi lebih hemat

4. Tenda mainan versi lebih hemat
Emoi-emoi.com

Jika mainan edukasi tangga atau perosotan di atas masih terlalu mahal, Mama juga bisa lho membuat versi hemat dan tetap ramah lingkungan pastinya.

Mama bisa mengajak anak membuat tenda mainan seperti yang sudah dibahas sebelumnya dengan menggunakan meja dan kain linen biasa. Jika sudah pas ukurannya, Mama bisa memotong beberapa bagian yang akan digunakan sebagai jendela dan pintu.

Memanfaatkan apa yang ada di rumah tentu akan lebih hemat dan menyenangkan, bukan?

Editors' Picks

5. Meja belajar mungil

5. Meja belajar mungil
montessorimethod.com

Saat anak mulai berbicara dengan jelas, biasanya orangtua akan mengajarkan mereka lebih banyak hal lainnya seperti mengenal gambar dan lainnya.

Meja belajar berukuran kecil ini bisa lho dijadikan tempat bermain sekaligus belajar ampai anak masuk sekolah dan mulai mengerjakan tugas sekolahnya.

6. Latih sensorik dengan mangkuk kayu

6. Latih sensorik mangkuk kayu
Reviewed.com

Nampan dan mangkuk kayu saat ini menjadi tren baru dikalangan banyak orang. Selain desainnya yang simple dan ramah lingkungan, ternyata ini juga bisa dijadikan mainan edukasi untuk melatih saraf sensorik anak, Ma.

Caranya dengan menjadikan nampak dan mangkuk kayu sebagai wadah beras, biji-bijian, hingga pasir. Jadi, nggak hanya untuk makan di rumah, bisa dijadikan wadah dalam melatih saraf motoriknya sejak dini nih!

7. Pengganti puzzle versi lebih compact

7. Pengganti puzzle versi lebih compact
Woodenworld.com.au

Pernah mendengar mainan rainmaker, Ma? Mainan ini memiliki fungsi yang tak jauh berbeda dengan mainan puzzle. Hanya saja desainnya jauh lebih compact dan ramah lingkungan pastinya. Mainan satu ini juga nggak mudah berantakan dan bisa menghasilan suara lho!

8. Mainan bongkar pasang

8. Mainan bongkar pasang
Papadonstoys.com

Selain puzzle, mainan bongkar pasang juga masih menjadi andalan bagi anak-anak segala usia. Tak hanya mainan biasa, tetapi mainan satu ini juga berguna untuk mengenalkan berbagai macam warna, bentuk dan bangun ruang, serta melatih fokus anak sejak dini.

9. Wobbel Board dengan berbagai fungsi

9. Wobbel Board berbagai fungsi
Consciouscraft.uk

Wobbel Board, salah satu benda ajaib yang memiliki banyak fungsi. Tak hanya untuk anak-anak, Mama pun bisa menggunakannya bersama buah hati.

Meski bentuknya terlihat simple, tetapi benda satu ini memiliki banyak fungsi yang dapat dijadikan sebagai meja, kursi, hingga alas untuk yoga.

10. Kantong untuk menantang anak

10. Kantong menantang anak
Instagram.com/gathre

Sekilas kantong-kantong ini banyak digunakan untuk menyimpan berbagai keperluan di rumah. Bukan begitu, Ma?

Namun, kantong-kantong seperti ini juga bisa kok Mama gunakan untuk bermain challenge harian bareng anak. Di usia balita, perkembangan anak bisa dilatih dengan cara yang penuh edukasi, Ma. 

Kantong-kantong ini bisa jadi alternatif bagi Mama dalam memberikan tantangan yang berbeda setiap harinya. Sangat berguna untuk melatih kemampuan berpikir dan kreatifitas anak, bukan?

11. Bongkar pasang timeless

11. Bongkar pasang timeless
Instagram.com/odinparker

Jika bentuk bongkar pasang yang itu-itu saja membuat anak bosa, coba bentuk terbaru yang lebih ramah lingkungan yuk, Ma!

Salah satunya bongkar pasang yang dikemas dalam bentuk kalender berikut ini. Tak hanya belajar bentuk, bongkar pasang ini juga membantu anak mengenal angka.

Itu tadi inspirasi desain mainan edukasi anak yang tak hanya keren bentuknya, tetapi juga ramah lingkungan dan memiliki berbagai macam fungsi untuk perkembangan buah hati mama.

Daripada menggunakan mainan anak yang terbuat dari plastik dan tak ramah lingkungan, yuk mulai berlaih ke mainan versi kekinian seperti di atas. 

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi para Mama yang tengah mencari mainan edukasi untuk anak-anak ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.