Dongeng Rakyat Indonesia untuk Mendukung Eksplorasi Nilai Budaya Anak

Tak hanya meningkatkan minat baca, tapi juga medukung nilai budaya

3 September 2021

Dongeng Rakyat Indonesia Mendukung Eksplorasi Nilai Budaya Anak
Pexels/Alex Green

Sebagai cara mendukung minat baca anak, setiap orangtua bisa memulainya dengan membacakan dongeng yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang sejak kecil.

Melansir dari Gov.uk, mendongeng memiliki ragam manfaat untuk anak di antaranya membantu anak memperkaya kosa kata, meningkatkan rasa percaya diri, dan membantu mempelajari bahan bacaan  yang lebih sulit.

Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara mendongeng dengan pembentukan  nilai moral dan karakter. Hal ini karena adanya nilai-nilai kehidupan yang dapat membantu memberikan afirmasi positif tumbuh kembang anak yang optimal.

Berkomitmen untuk mendukung tumbuh kembang buah hati, Nestlé DANCOW hadirkan kembali Dongeng Aku dan Kau dengan tema “Indonesia Mendongeng” yang mengangkat dongeng asli Indonesia yang kaya dengan nilai nilai budaya Indonesia yang penting untuk diperkenalkan kepada anak sejak usia dini.

Ditemui dalam peluncuran virtual “Indonesia Mendongeng” pada Kamis (2/9/21), Lydia Sahertian selaku Brand Manager DANCOW Nutritods mengatakan, “Sebagai ahli tumbuh kembang Toddler dan Prasekolah, Nestlé DANCOW percaya bahwa stimulasi sejak dini sangatlah penting, karenanya kami kembali menghadirkan Dongeng Aku dan Kau dengan dongeng-dongeng asli Indonesia yang sangat disukai anak-anak seperti Kancil dan Kerbau, Pangeran Palasara dan Kluntung Waluh."

Selain itu, Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis yang turut hadir dalam kesempatan serupa juga menyebutkan bagaimana manfaat cerita rakyat Indonesia dalam meningkatkan nilai budaya sejak dini.

Untuk mengetahui selengkapnya, berikut Popmama.com telah merangkum manfaat membacakan dongeng Indonesia untuk mendukung eksplorasi nilai budaya si Kecil.

1. Dapat menanamkan nilai-nilai kehidupan

1. Dapat menanamkan nilai-nilai kehidupan
Freepik/pvproductions

Membacakan dongeng Indonesia kepada anak tak hanya memiliki manfaat untuk meningkatkan minat baca, tetapi juga membantu anak untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, pendongeng dan pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Ariyo Zidni pun menyetujui hal tersebut.

Menurutnya, “Dongeng rakyat Indonesia mengajarkan nilai-nilai kejujuran, kerajinan, gotong royong, berbuat baik dan menolong orang lain, yang dapat membantu anak dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari."

Editors' Picks

2. Menanamkan nilai budi pekerti yang luhur

2. Menanamkan nilai budi pekerti luhur
Freepik/tarachadz

Tak hanya nilai-nilai kehidupan seperti nilai kejujuran dan gotong royong, Ratih Ibrahim juga menyebutkan bahwa membacakan dongeng Indonesia akan memberikan manfaat kepada anak untuk menanamkan nilai budi pekerti yang luhur.

Banyaknya cerita rakyat yang beragam dari Sabang sampai Marauke membuat Mama dapat dengan mudah mengenalkan setiap kebudayaan yang ada guna memahami nilai budi pekerti, serta mengenalkan perbuatan baik dan buruk sejak dini.

3. Menciptakan anak unggul Indonesia

3. Menciptakan anak unggul Indonesia
Freepik/Tirachardz

Memiliki minat baca tentu bukan bagian dari bawaan lahir, Ma, tetapi hal ini bisa diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini guna meningkatkan literasi membaca mereka.

Dengan membacakan dongeng Indonesia pada si Kecil, maka Mama dan Papa juga turut membantu melestarikan budaya, serta membantu menciptakan anak unggul Indonesia.

Ratih Ibrahm dalam paparannya menyebutkan bahwa cerita rakyat Indonesia dapat membantu membentuk anak yang tumbuh berani, cerdas, kreatif, peduli, berjiwa pemimpin, dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Selektif memilih cerita dongeng

Selektif memilih cerita dongeng
Freepik

Meski memiliki banyak manfaat baik dalam meningkatkan nilai budaya pada anak sejak dini, namun membacakan dongeng kepada anak juga perlu diperhatikan, Ma.

Lewat paparan yang disampaiakan Ratih Ibrahim, orangtua juga perlu selektif dalam memilih cerita dongeng yang akan dibacakan. Menurutnya, ada dua hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Pilihlah cerita yang menghibur, menginspirasi, mendidik, dan mengandung nilai-nilai moral kehidupan.
  2. Pilihlah cerita dan tampilan buku yang sesuai dengan usia anak mama.

Adapun untuk menentukan sesuai usia anak, Mama bisa mencobanya dengan memerhatikan contoh sebagai berikut:

  • Anak usia 1-3 tahun, pilihlah cerita yang ada di sekitar lingkungannya atau hal-hal yang sudah anak kenali.
  • Anak usia 3-5 tahun, Mama bisa memilih cerita tentang manusia dan lingkungan. Di usia ini, biasanya anak sudah mulai mempelajari hal-hal tersebut.
  • Anak usia lebih dari 5 tahun, Mama sudah mulai bisa membacakan dongeng yang lebih kompleks seperti dongeng yang melibatkan sebab akibat, cara kerja sesuatu, atau menyelesaikan suatu masalah.

Itu dia ragam manfaat dari membacakan dongeng rakyat Indonesia untuk tingkatkan nilai budaya pada anak sejak usia dini. Semoga informasi di atas bermanfaat dan tetap semangat mendongeng untuk buah hati tercinta ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.