3 Hal Penting Memberikan Screen Time sesuai Perkembangan Anak

Tepatkan durasi yang sesuai ya, Ma

27 Januari 2022

3 Hal Penting Memberikan Screen Time sesuai Perkembangan Anak
Freepik/drobotdean

Di era teknologi seperti sekarang ini, penggunaan gadget pada anak memang sudah menjadi gaya hidup baru bagi mereka. Bukan begitu, Ma?

Meski gadget banyak memberikan kemudahan untuk banyak pekerjaan manusia, namun jika kecanduan sejak kecil juga tidak baik, Ma. Nantinya bisa mengganggu tumbuh kembang si buah hati.

Itulah mengapa cara mudah yang bisa orangtua lakukan adalah dengan memberikan screen time atau batasan layar kepada anak. Tetapi sebelum memberikan screen time, Mama juga perlu memerhatikan 3 hal penting berikut sebelum memulainya.

Apa saja kira-kira? Yuk, simak ulasan yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini!

Editors' Picks

1. Perhatikan durasi

1. Perhatikan durasi
Freepik/pch.vector

Hal penting pertama dan yang utama adalah memerhatikan durasi penggunaan gadget pada si Kecil. Penggunaannya sendiri bisa Mama bedakan sesuai dengan usianya, Ma. Ada pun durasi screen time sesuai usia bisa dikategorikan sebagai berikut:

  • 0-18 bulan: hanya boleh menggunakan gadget untuk alat komunikasi dengan saudara jauh, seperti misalnya video call.
  • 18-24 bulan: sekadar pengenalan, boleh diberikan gadget tetapi dalam sehari tidak lebih dari 1 jam.
  • 2-6 tahun: batasi penggunaan gadget, maksimal 1 jam dalam sehari.
  • 7 tahun: disesuaikan dengan kesepakatan bersama yang sudah dibuat oleh Mama dan anak.

Pada anak usia sekolah, biasanya penggunaan gadget menjadi lebih banyak karena masih harusnya sekolah secara daring.

Untuk itu, Mama bisa menyiasati durasi penggunaan gadget pada anak sekolah sebaik mungkin. Usahakan untuk tetap memberikan aktivitas fisik non gadget agar anak tidak terpaku pada layar saja.

2. Mencari konten yang bermanfaat

2. Mencari konten bermanfaat
Freepik/pch.vector

Usia balita membuat anak semakin lebih banyak rasa ingin tahu mereka. Itulah mengapa penggunaan gadget juga perlu dibatasi agar anak tidak mencari informasi yang salah dari gadget yang digunakan.

Nah, untuk itu hal penting dalam memberikan screen time yang kedua adalah dengan mendapatkan konten positif yang bermanfaat untuknya.

Misalnya saja konten yang dikombinasikan antara tayangan kartun dan informasi, serta memberikan konten yang sifatnya bisa ditonton sambil bersantai dan juga mendorong anak untuk bergerak. 

Dengan begitu, penggunaan gadget yang dibatasi ini juga akan memberikan pengaruh baik bagi tumbuh kembang anak. Bukan sekadar untuk bermain atau hiburan belaka saja, Ma.

3. Jadikan screen time sebagai interaksi dengan anak

3. Jadikan screen time sebagai interaksi anak
Pexels/Ketut Subiyanto

Terakhir yang tak kalah penting adalah adanya interaksi saat memberikan screen time pada anak. Untuk mengalihkan perhatian anak pada gadget, maka Mama dan Papa perlu memberikan interaksi yang menyenangkan.

Misalnya saja sambil bertanya apa yang anak saksikan, menunjuk karakter yang sedang anak saksikan, ajak anak diskusi tentang tayangan yang sednag ditontonnya, bahkan tontonan tersebut juga bisa dikaitkan dengan kehidupan sehari-harinya.

Dengan adanya interaksi seperti ini, maka anak pun tetap tidak kehilangan interaksi penting dengan orangtuanya. Selain itu, interaksi ini juga bisa mengalihkan perhatian anak agar tidak selalu terpaku pada gadget.

Itulah 3 hal penting yang bisa Mama dan Papa terapkan dalam memberikan screen time pada anak. Yuk, ajak anak menggunakan gadget dengan bijak dan lebih optimal sesuai perkembangannya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk