Jan Ethes Hafal Nama-Nama Pemimpin Dunia, Hebat Cucu Jokowi!

Cucu pertama Presiden Jokowi ini sukses menuai pujian akan kepintarannya

7 Januari 2022

Jan Ethes Hafal Nama-Nama Pemimpin Dunia, Hebat Cucu Jokowi
Youtube.com/Sekretariat Presiden

Beberapa hari lalu, YouTube Channel milik Sekretariat Presiden membagikan video kebersamaan Presiden Jokowi dengan cucu-cucunya. Dalam video tersebut, diperlihatkan bagaimana momen Jokowi yang tengah asyik menghabiskan awal tahun 2022 bersama cucunya, Jan Ethes dan Sedah Mirah. 

Nggak hanya kegiatan bermain mereka saat menelusuri taman dan danau yang ada di Istana Bogor, aksi Jan Ethes saat menghafal nama seluruh presiden Ri dan perdana menteri dunia pun sukses menjadi sorotan.

Lelaki kecil yang memiliki nama lengkap Raka Jan Ethes Srinarendra pun mendadak viral dan menjadi perbincangan hangat netizen lantaran kepintarannya dalam menghafal nama-nama pemimpin dunia.

Lantas, seperti apa kepintaran putra Wali Kota Solo Gibran Rakabuming saat menyebutkan nama-nama para pemimpin dunia?

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Mendapat pertanyaan seputar presiden dan panglima RI

1. Mendapat pertanyaan seputar presiden panglima RI
Youtube.com/Sekretariat Presiden

Dalam akhir video yang perlihatkan keseruan Jokowi dengan kedua cucunya, terdapat momen menarik ketika Jan Ethes diberi pertanyaan seputar nama-nama Presiden RI terdahulu sebelum sang kakek.

Jika mendengar pertanyaan yang dilontarkan untuk Jan Ethes, seorang lelaki dibalik kamera bertanya padanya siapa nama presiden pertama RI. Tak disangka, anak pertama Gibran ini mampu menjawabnya dengan benar. 

"Bung Karno," jawab Jan Ethes penuh keyakinan.

Nggak sampai di situ, ia juga berhasil menjawab pertanyaan yang menyebutkan siapa nama panglima besar TNI.

"Kemudian panglima besar TNI?" tanya perekam video pada Jan Ethes.

Lelaki kecil yang kenakan pakaian senada dengan sang kakek itu lantas menjawab dengan penuh keyakinan, "Pak Dirman" atau Jendra Sudirman.

2. Mengetahui nama-nama pemimpin dunia

2. Mengetahui nama-nama pemimpin dunia
Youtube.com/Sekretariat Presiden

Nggak hanya di situ, kemampuan lelaki kecil yang lahir pada Maret 2016 lalu itu juga kembali diuji ketika ditanya perihal nama-nama para pemimpin dunia.

Mengejutkannya, Jan Ethes berhasil menjawab nama Joe Biden yang kini menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Kemudian, ia juga kembali mendapat pertanyaan terkait siapa nama Presiden Rusia, China dan Perdana Menteri India. Dengan penuh percaya diri, cucu pertama Presiden Jokowi ini kemudian menyebutkan nama Putin, Xi Jinping dan Narendra Modi. 

Usai video tersebut diunggah, nama Jan Ethes kemudian ramai diperbincangkan netizen di media sosial. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang menuliskan komentar pujian yang menyebutkan kepintaran Jan Ethes nama-nama pemimpin dunia tersebut. 

3. Komentar sang Papa saat nama putranya viral di media sosial

3. Komentar sang Papa saat nama putra viral media sosial
Youtube.com/Sekretariat Presiden

Setelah nama putranya menjadi perbincangan hangat netizen, Papa dari Jan Ethes, Gibran pun mengaku kepada media bahwa anak pertamanya ini sudah lama menghafal nama-nama para pemimpin dunia.

Kemampuan menghafal tersebut disebut Gibran usai putranya terus belajar bersama dengan sang Mama. Dalam penuturan Gibran, ia mengklaim bahwa nama-nama pemimpin dunia cukup mudah dihafal Ethen, sehingga kakak dari La Lembah Manah itu tak merasa kesulitan saat menghafalnya.

“Kadang diajari ibunya, kadang saya. Akhirnya isa dhewe (bisa sendiri),” tutur Gibran, Kamis (06/01/2022).

Itulah aksi pintar Jan Ethes, cucu pertama Presiden Joko Widodo saat menyebutkan nama-nama para pemimpin dunia. Aksinya saat bersama sang kakek beberapa waktu lalu itu sukses bikin gemas sekaligus bangga masyarakat. Keren ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk