TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Jenis Jin dan Tugasnya yang Perlu Anak Ketahui dan Imani

Untuk menambah keimanan agar tidak terhasut, ketahui jenis jin dan beserta tugasnya

20 September 2022

15 Jenis Jin Tugas Perlu Anak Ketahui Imani
Pexels/Monstera

Mempelajari ilmu agama bisa diajarkan pada anak sedari dini. Selain mengajarkan pentingnya beribadah, anak juga perlu diajarkan tentang segala jenis ciptaan Allah SWT yang harus mereka imani.

Mulai dari Nabi dan para sahabatnya, manusia, serta makhluk ciptaan lainnya seperti setan dan jin. Sama seperti manusia, jin juga menjadi ciptaan Allah SWT yang jadi penghuni di bumi. Hanya saja, jin tidak memiliki tubuh sebagaimana yang manusia miliki.

Perbedaan itulah yang membuat mengapa jin tidak bisa dilihat, serta bisa mengubah dirinya dalam bentuk apa pun. Kendati begitu, sebagai manusia kita perlu mengimani adanya jin sebagai bentuk keyakinan kepada yang gaib sebagaimana terdapat dalam Al-Quran.

Dilansir dari berbagai sumber, kali ini Popmama.com akan merangkum 15 jenis jin dan tugasnyayang bisa jadi pembelajaran baru untuk anak ketahui dan imani. 

Mengenal Apa itu Jin?

Mengenal Apa itu Jin
Pexels/pixabay

Sebelum mengetahui jenis jin beserta tugasnya, anak perlu memahami lebih dulu apa itu jin?

Dilansir dari situs NU Online, jin secara harifah memiliki makna sesuatu yang bersembunyi. Makna ini yang membuat jin disebut sebagai makhluk halus selain adanya setan. Dalam Al-Quran sendiri, jin berarti tersembunyi dan tertutup.

Sehingga jika dilihat berdasarkan perspektif linguistik atau kebahasaan, bisa dikatakan bahwa jin adalah makhluk halus yang tersembunyi karena ketertutupannya. Keterbatasan mata manusia membuatnya menjadi tidak terlihat, sehingga manusia memaknainya sebagai makhluk halus.

Meski kasat mata dan tertutup karena relatif gaib, namun sebagian manusia yang memiliki keistimewaan dari Allah SWT justru masih bisa melihat keberadaan jin secara jelas.

Bangsa jin sendiri memang nyata adanya karena telah tertulis dalam ayat Al-Quran pada surat Al-Hijr ayat: 27 yang artinya: "Dan sesungguhnya Kami telah ciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan kami telah ciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas."

Inilah yang kemudian membuat adanya perbedaan lain antara manusia dan jin. Di mana manusia tercipta dari unsur tanah, sementara jin dari api.

Pengelompokan Jin

Pengelompokan Jin
Pixabay/Nick Magwood

Untuk tugas utamanya sendiri, jin diciptakan untuk membisikkan bisikan jahat ke dalam hati manusia. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat An-Naas: 4-6 yang artinya: “Dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

Selain tugasnya untuk mengganggu manusia untuk melanggar perintah Allah SWT, anak juga perlu mengetahui bahwa Rasulullah SAW dalam hadis Jabir Ibn Nafir dari Abi Tsalabah Al Khuntsa RA mengelompokkan jin ke dalam tiga kelompok.

Kelompok jin yang pertama adalah jin yang memiliki sayap dan mereka dapat terbang di udara. Kemudian kelompok jin yang kedua adalah berbentuk ular dan anjing, sementara kelompok jin yang ketiga adalah yang bisa mengubah bentuk dirinya menjadi apa pun.

Sebagai dua makhluk ciptaanNya yang hidup diciptakan di bumi, manusia dan jin hidup saling berdampingan. Namun, jin yang ada di sekitar manusia memiliki beragam jenis dan tugasnya masing-masing dalam mengganggu manusia.

Untuk itu, berikut ke-15 jenis jin dan tugasnya yang perlu anak ketahui dan imani. Antara lain:

1. Jin Wasnan: membuat manusia mengantuk saat berbuat kebaikan

1. Jin Wasnan membuat manusia mengantuk saat berbuat kebaikan
Freepik

Jenis jin yang pertama adalah Jin Wasnan. Jin ini memiliki tugas untuk membuat manusia mengantuk. Target utamanya adalah ketika manusia sedang berbuat kebaikan seperti beribadah atau belajar.

Jin satu ini memiliki kekuatan luar biasa dalam menenangkan saraf dalam tubuh, terutama daerah mata. Sehingga memudahkan mereka untuk mengajak umat manusia lalai dalam mengerjakan kebaikan Allah SWT.

2. Jin Dasim: menghancurkan rumah tangga

2. Jin Dasim menghancurkan rumah tangga
Pexels/cottonbro

Jenis jin dan tugasnya yang berikutnya adalah Jin Dasim, di mana tugas dari jin ini sangat disukai oleh raja jin. Ada pun tugasnya adalah membuat rumah tangga pasangan manusia hancur dan berakhir bercerai.

Selain menghancurkan rumah tangga, jenis jin ini juga memiliki tugas lainnya untuk membuat manusia menyia-nyiakan makanan dan selalu ingin makan meski dirinya tidak merasa lapar.

3. Jin Khonzab: membuat manusia menunda ibadah

3. Jin Khonzab membuat manusia menunda ibadah
Freepik/rawpixel.com

Selain membuat seseorang merasa mengantuk saat beribadah, ada pula jenis jin yang membuat manusia menunda ibadahnya. Dalam pandangan Islam, Jin Khonzab diyakini dapat membuat umat muslim menunda bahkan meninggalkan ibadah salat mereka.

Tak hanya itu saja, jenis jin satu ini memiliki tugas lainnya untuk membuat manusia dengan cepat melakukan tindakan buruk tanpa berpikir panjang.

4. Jin Wahlan: membuat manusia selalu ragu dan was was

4. Jin Wahlan membuat manusia selalu ragu was was
Freepik/Karlyukav

Pernahkah Mama atau anak mama merasa ragu dan was was dalam mengerjakan sesuatu? Ketika rasa tersebut meliputi diri, kemungkinan diri kita sedang berada di dalam kekuatan Jin Wahlan, Ma. Hal ini karena jin tersebut memiliki tugas untuk membisikkan sesuatu yang akhirnya membuat seseorang menjadi ragu dan was was secara tiba-tiba.

5. Jin Zalanbur: membuat manusia boros

5. Jin Zalanbur membuat manusia boros
Freepik

Jenis jin dan tugasnya yang lain adalah Jin Zalanbur, di mana mereka akan menjalankan tugasnya untuk membuat manusia menjadi seorang yang boros. Padahal, boros adalah sesuatu yang tidak disukai oleh Allah SWT.

Ketika seseorang suka hidup boros dengan membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan, ini tandanya jin tersebut berhasil menjalankan tugasnya untuk mengganggu hati manusia.

Editors' Picks

6. Jin Tibbir: menghasut emosi manusia

6. Jin Tibbir menghasut emosi manusia
Freepik/karlyukav

Ketika seseorang memiliki sifat yang mudah emosi, bisa jadi dalam dirinya telah mendapat kekuatan dari Jin Tibbir. Sebab jin tersebut memiliki tugas untuk menghasut manusia menjadi mudah emosi.

Selain mudah tersulut emosi dan amarahnya, jin jenis ini juga sering mengganggu manusia untuk melakukan maksiat dan membuat adanya perpecahan antara manusia lainnya.

7. Jin Awar: menghasut manusia mengikuti hawa nafsu

7. Jin Awar menghasut manusia mengikuti hawa nafsu
Freepik/Jcomp

Jenis jin berikutnya adalah Jin Awar, yang mana tugasnya adalah untuk menghasut seseorang mengikuti hawa nafsu dalam dirinya. Biasanya, jin ini akan menggoda para remaja yang sedang dimabuk cinta. Caranya dengan meniupkan suasana untuk meningkatkan nafsu mereka dan berakhir berbuat maksiat.

8. Jin Masauth: mengadu domba manusia

8. Jin Masauth mengadu domba manusia
Freepik/wavebreakmedia

Jin Tibbir memang kerap mengganggu manusia untuk membuat perpecahan antara manusia, namun jenis Jin Masauth inilah yang memiliki tugas untuk mengadu domba manusia agar saling curiga dan akhirnya membenci satu sama lain.

Jenis jin ini biasanya akan meniupkan kekuatannya untuk mengadu domba manusia mulai dari hal kecil, hingga hal-hal besar yang membuat keadaan semakin runyam.

9. Jin Abyad: menggoda iman

9. Jin Abyad menggoda iman
Freepik/Raw Picture

Perlu diketahui, sekali pun seseorang memiliki keimanan yang sangat kuat untuk beribadah dan menyembah Allah SWT, namun mereka tetap sering tergoda keimanannya dengan adanya Jin Abyad.

Jin jenis ini memiliki tugas untuk menggoda iman manusia, biasanya mereka lebih sering mengganggu pada pemuka agama agar lalai dari perintahNya.

10. Jin Syabru: menghasut manusia untuk berbuat maksiat

10. Jin Syabru menghasut manusia berbuat maksiat
Freepik/Mdjaff

Untuk jenis jin dan tugasnya yang lain, ada Jin Syabru yang dapat membuat manusia berbuat kemaksiatan. Jin satu ini sangat erat dan dekat dengan manusia, karena mereka diyakini menetap di saluran darah manusia.

Tugas utamanya adalah menghasut manusia dari dalam melalui saraf mereka, kemudian nantinya manusia akan lebih mudah melakukan maksiat dan menerima bisikan jin dari luar.

11. Jin Al-Jan: serupa dengan manusia

11. Jin Al-Jan serupa dengan manusia
Freepik

Selain ke-10 jenis jin di atas, ada pula 5 jenis lain lainnya yang disebut memiliki keterkaitan sangat erat dengan hidup manusia. Mereka adalah Jin Al-Jan, yang mana mereka memiliki kehidupan sama dengan umat manusia.

Mulai dari jenis kelamin, agama, cara mengonsumsi makan dan tidur, serta kemiripan lainnya dengan manusia. Tugas jin satu ini adalah untuk menggoda manusia dengan mengikuti segala gerak-gerik manusia ketika sedang beraktivitas sehingga semakin menyerupai.

12. Jin Al-Ifrit: pembantu dukun

12. Jin Al-Ifrit pembantu dukun
Freepik/Prostooleh
Ilustrasi

Jenis jin satu ini tentu sudah tak asing didengar oleh Mama sekalian, ya mereka adalah Jin Al-Ifrit. Jin satu ini biasanya digunakan oleh manusia sebagai khodam (pembantu) mereka. Biasanya digunakan sebagai pembantu dukun, peramal, dan tukang sihir. Ada pun tugas dari jin ini adalah untuk merayu manusia dengan jebakan-jebakan muslihatnya.

13. Jin Al-Arwah: penyamar manusia

13. Jin Al-Arwah penyamar manusia
Freepik

Jika sebelumnya ada jin yang menyerupai manusia, jin satu ini justru menjadi jenis jin yang sangat ditakuti oleh manusia. Jin Al-Arwah dikenal sebagai jin terkuat dan usil kepada manusia.

Mereka termasuk ke dalam kelompok jin dapat mengubah bentuk sesuai keinginannya, bisa juga menyamar sebagai manusia. Ada pun tugasnya adalah untuk menakut-nakuti manusia hingga melemahkan iman manusia. 

14. Jin Al-A'mir: yang suka menirukan manusia

14. Jin Al-A'mir suka menirukan manusia
Freepik/Jcomp

Masih dari jenis jin yang dekat dan sangat erat dengan manusia, Jin Al-A'mir menjadi jenis jin yang sangat suka menirukan manusia dan menampakan diri mereka di hadapan manusia. Jenis jin satu ini diketahui memiliki tugas untuk menggoda manusia dengan mengikuti perbuatan yang dilakukan oleh manusia tersebut.

Misalnya saat seseorang sedang mengerjakan sesuatu di dapur, padahal saat diperiksa ternyata tidak ada orang di sana. Dapat dikatakan bahwa jenis jini ini yang akan mengganggu segala kegiatan manusia

15. Jin As-Syaiton: penggoda sejati

15. Jin As-Syaiton penggoda sejati
Freepik/Karlyukav

Terakhir ada Jin As-Syaiton yang mana menjadi jin penggoda sejati keimanan manusia. Jin ini diketahui dapat masuk dan berjalan melalui aliran darah, sehingga lebih memudahkan mereka untuk masuk ke dalam hati manusia dan meniupkan tipu muslihatnya.

Demikianlah ke-15 jenis jin dan tugasnya yang bisa anak ketahui dan diimani. Dengan mengetahui jenis jin beserta tugasnya, semoga anak lebih meningkatkan keimanan mereka sehingga dapat menghindari godaan dari makhluk halus tak kasat mata tersebut.

Semoga kita semua terhindari dari segala godaan dan segala jenis jin yang ada, serta selalu berada dalam lindungan Allah SWT di setiap langkah kehidupan kita ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk