Tak Hanya Lezat, 5 Makanan Ini Ternyata Baik Untuk Gigi Anak

Lezat dan menyehatkan, perpanduan yang lengkap nih, Ma!

13 Agustus 2020

Tak Ha Lezat, 5 Makanan Ini Ternyata Baik Gigi Anak
Unsplash/Moses Vega

Menjaga dan merawat kesehatan buah hati kita memang menjadi hal penting yang harus dilakukan para orangtua, tak terkecuali giginya.

Salah satu cara merawat kesehatan gigi anak adalah dengan membiasakan diri untuk melakukan perawatan rutin ke dokter gigi sejak dini. Selain perawatan gigi, memberikan asupan makanan juga perlu dipertimbangkan bagi setiap orangtua.

Ada beberapa makanan yang dipercaya mampu menjaga dan merawat kesehatan gigi. Apa saja ya kira-kira? Berikut Popmama.com telah merangkumnya dalam 5 makanan lezat dan menyehatkan untuk perawatan gigi anak. Disimak yuk, Ma!

1. Yoghurt

1. Yoghurt
Freepik/nensuria

Susu terkenal baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Salah satu produk olahan susu yang dapat merawat kesehatan gigi adalah yoghurt.

Makanan yang dihasilkan dari fermentasi susu ini mengandung kalsium dan protein yang tinggi untuk memperkuat enamel pada gigi. Tak hanya itu, kandungan probiotik dan bakteri baik dalam yoghurt juga dapat mencegah gigi berlubang nih, Ma!

Editors' Picks

2. Keju

2. Keju
Pixabay/Waldrebell

Keju, salah satu makanan yang mungkin disukai oleh banyak anak-anak. Selain yoghurt, produk olahan susu yang satu ini sudah tak asing karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Keju memiliki kandungan kalsium yang tinggi hingga dapat membuat gigi lebih kuat dan tidak mudah keropos. Rutin memberikan keju pada anak juga dapat meningkatkan pH mulut yang juga bermanfaat untuk menurunkan risiko kerusakan pada gigi sejak dini.

3. Wortel

3. Wortel
Freepik/nensuria

Kebanyakan orang mungkin mengetahui wortel bermanfaat untuk kesehatan mata, namun ternyata wortel juga baik untuk merawat kesehatan gigi lho!

Mengonsumsi wortel ternyata dapat merangsang pembentukan air liur dalam mulut yang nantinya dapat menghambat pembentukan lubang pada gigi.

Dalam hal ini, Mama bisa memberikan langsung wortel mentah yang sudah dicuci bersih kepada si Kecil.

Wortel yang langsung di makan ini juga sekaligus akan membersihkan plak dan sisa-sisa makanan pada gigi dan mulut seperti sedang menyikat gigi. Selain lezat, anak juga akan merasakan manfaatnya, bukan?

4. Apel

4. Apel
Freepik

Menjadi buah favorit banyak orang termasuk anak-anak, ternyata apel juga bermanfaat untuk merawat kesehatan gigi lho, Ma!

Hal ini lantaran kandungan serat yang tinggi dalam apel sangat baik untuk membilas bakteri jahat yang menempel pada gigi. Kandungan flourida pada apel juga dapat membantu menguatkan serta memutihkan gigi. 

Tak hanya menguatkan serta memutihkan, flourida pada apel juga dapat menurunkan risiko kerusakan pada gigi dan membantu mengatasi masalah gusi serta pendarahan dan bakteri di mulut. 

5. Stroberi

5. Stroberi
Freepik

Buah bercita rasa asam biasanya dihindari karena menjadi pemicu kerusakan enamel pada gigi. Namun tidak demikian pada buah stroberi. 

Meski memiliki rasa yang asam, buah yang identik dengan warna merah ini justru mampu mencerahkan gigi agar tampak lebih putih dan sehat. Hal ini karena kandungan asam malat dalam stroberi dapat menjadi pemutih alami untuk gigi.

Tetapi sebelum memberikan stroberi pada anak, pastikan memilih stroberi yang sudah matang ya, Ma. Sebab stroberi yang matang mengandung lebih banyak asam malat di dalamnya.

Nah, itu dia 5 makanan yang memiliki rasa lezat tetapi juga sangat baik dalam merawat kesehatan gigi si Kecil. Mana yang jadi favoritnya nih, Ma?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.