5 Manfaat Keju yang Baik untuk Kesehatan Anak

Bisa dijadikan berbagai olahan makanan kesukaan si Kecil

6 Juni 2020

5 Manfaat Keju Baik Kesehatan Anak
Freepik

Tahukah Mama, setiap tanggal 4 Juni adalah Hari Keju? Hari Keju sendiri menjadi sebuah peringatan istimewa di Amerika Serikat karena keju menjadi salah satu makanan tertua di dunia.

Keju merupakan salah satu makanan yang tak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan. Keju juga tersedia dalam banyak pilihan yang tersedia diberbagai belahan dunia dan banyak sekali hidangan lezat yang menggunakan keju sebagai salah satu bahannya.

Keju sendiri dapat ditemukan dalam dua macam, yaitu keju segar dan keju olahan.

Untuk mencukupi nutrisi si Kecil, tak jarang banyak orangtua menambahkan keju ke dalam olahan makanan mereka.

Agar tak salah memberikan asupan pada si Kecil, teliti kandungan keju untuk memastikan apakah yang akan dikonsumsi anak benar-benar dari bahan-bahan segar.

Keju segar yang terbuat dari 100% susu sapi segar, tidak hanya lezat, tapi juga mengandung manfaat-manfaat susu untuk kesehatan tubuh si Kecil.

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 manfaat dari keju segar yang baik untuk tumbuh kembang anak.

1. Baik untuk kesehatan tulang

1. Baik kesehatan tulang
newsroom.osfhealthcare.org

Sebagai salah satu makanan yang terbuat dari olahan susu segar, keju tentunya mengandung protein, kalsium, serta vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Osteoporosis menjadi salah satu penyakit umum yang dapat dicegah dengan mengonsumsi kalsium dan protein yang didapat dari keju.

Agar tulang si Kecil tetap kuat dan terhindar dari osteoporosis dikemudian hari, tentunya Mama bisa menjadikan keju sebagai olahan makanan lezat kesukaannya.

Selain lezat, kebutuhan kalsium dan protein anak pun tercukupi.

Editors' Picks

2. Baik untuk kesehatan gigi

2. Baik kesehatan gigi
Freepik

Sebuah studi membuktikan, mengonsumsi keju dapat membantu mencegah gigi berlubang karena kandungan di dalam keju yang melindungi gigi dari asam yang dapat membuat lubang pada gigi.

Untuk menjaga kesehatan gigi anak sejak dini, Mama harus rutin mengajak si Kecil untuk membersihkan giginya agar tetap kuat dan terhindar dari gigi berlubang.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan giginya seperti keju juga bisa menjadi pilihan lain yang menyehatkan.

3. Mengandung vitamin B12 yang tinggi

3. Mengandung vitamin B12 tinggi
Freepik/anchaleeyates

Vitamin B12 merupakan vitamin terbesar dan paling rumit yang membantu produksi sel darah merah, protein dan DNA serta baik untuk kesehatan mental dan kesehatan syaraf. Vitamin ini hanya dapat ditemukan pada produk hewani atau suplemen.

Dengan mengonsumsi keju, Mama dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 anak.

Sebab keju sendiri mengandung 10-39% kebutuhan vitamin B12 harian yang baik untuk kesehatan anak maupun orang dewasa.

4. Dapat membantu menurunkan tekanan darah

4. Dapat membantu menurunkan tekanan darah
Freepik/prostooleh

Studi membuktikan, mengonsumsi makanan tinggi kalsium dapat membantu menurunkan tekan darah dan mencegah hipertensi. Keju menjadi salah satu makanan tinggi kalsium yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah.

5. Dapat memperkuat sistem imun

5. Dapat memperkuat sistem imun
Freepik/pressphoto

Keju segar biasanya diperaya dengan probiotik yang dapat membantu perkuat sistem imun tubuh dan mencegah penyakit seperti immunosenescence, yang menyerang daya tahan tubuh. Terutama di masa pandemi saat ini, penting untuk Mama menjaga daya tahan tubuh si Kecil salah satunya dengan mengonsumsi keju.

Nah, itu dia manfaat keju yang bisa didapat jika terbuat dari bahan-bahan segar. Sebagai konsumen yang bijak, harus cermat memilih produk keju terbaik ya, Ma. Usahakan konsumsi produk keju segar yang terbuat dari 100% susu sapi segar. 

Salah satu produk keju segar yang lezat dan bergizi bisa Mama dapatkan dari produk Greenfields yang menyediakan 4 varian keju yang bisa dikonsumsi menjadi berbagai olahan. Mulai dari Mozzarella, Ricotta, Camembert, dan Bocconcini.

Bisa Mama sesuaikan dengan selera si Kecil, pastinya kandungannya sudah terbukti menyehatkan.

Itulah manfaat keju untuk anak. Yuk sediakan keju di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.