Selain Menyenangkan, Ini 9 Manfaat Kegiatan Mewarnai untuk Anak Balita

Apa saja ya kira-kira manfaat mewarnai bagi anak?

26 September 2020

Selain Menyenangkan, Ini 9 Manfaat Kegiatan Mewarnai Anak Balita
Freepik/Rawpixel.com

Tak hanya bermain, kegiatan mewarnai juga menjadi kegiatan yang disukai oleh anak-anak usia balita lho, Ma. Kegiatan menyenangkan yang sederhana ini juga sangat membantu tumbuh kembang anak balita, sebab dengan mewarnai dapat memicu imajinasi dan mengembangkan ekspresi diri mereka.

Ternyata bukan sekedar menyenangkan, kegiatan mewarnai sejak dini juga memiliki banyak manfaat bagi anak-anak lho, Ma. Salah satunya dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik anak sekaligus kinerja otot tangannya.

Bukan cuma itu saja, manfaat lainnya juga bisa didapat oleh si Kecil dari kegiatan satu ini. Berikut Popmama.com sebutkan manfaat mewarnai bagi anak, disimak yuk!

1. Media mengekspresikan diri

1. Media mengekspresikan diri
Freepik/bearfotos

Agar anak bisa bebas mengekspresikan dirinya sejak kecil, Mama bisa mengajarkannya dengan melakukan kegiatan mewarnai. Mama bisa memberikan bidang kosong yang nantinya bisa anak gunakan untuk mengungkapkan perasaan dirinya. Dari situ Mama juga bisa mengetahui apa yang sedang ia rasakan, apakah itu perasaan senang atau sedih.

2. Mengenalkan perbedaan warna

2. Mengenalkan perbedaan warna
Freepik

Kegiatan satu ini bisanya menggunakan pensil warna atau pun krayon, kedua alat bantu itu bisa membantu anak dalam mengenal warna serta membedakan warna satu dengan yang lainnya. Dengan begitu maka akan mempermudah mereka dalam memadukan warna dalam menghasilan warna yang menarik.

3. Meningkatkan konsentrasi

3. Meningkatkan konsentrasi
Freepik/ jcomp

Ketika anak sedang serius dengan kegiatan mewarnainya, ini juga salah satu cara melatihnya berkonsentrasi, Ma. Anak akan tetap fokus dan tidak mudah teralihkan saat tengah asyik mewarnai. Kemampuan inilah yang nantinya akan berguna dalam menyelesaikan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, contohnya matematika.

Editors' Picks

4. Mengembangkan kemampuan motorik

4. Mengembangkan kemampuan motorik
Pexels/Michael Mors

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan mewarnai juga dapat membantu anak dalam meningkatkan kemampuan motorik mereka. Kemampuan ini sangat penting dalam perkembangannya untuk mengangkat beban, mengetik, dan lain sebagainya.

5. Melatih diri untuk menggenggam pensil

5. Melatih diri menggenggam pensil
momjunction.com

Mewarnai biasanya akan menggunakan pensil warna atau pun krayon, dari sini Mama bisa mengajarkan anak untuk menggenggam pensil sejak dini. Jika terus dilakukan secara berulang, maka akan membuatnya terbiasa dan memudahkan si Kecil dalam menulis saat usianya sudah duduk di bangku sekolah.

6. Melatih kerjasama

6. Melatih kerjasama
Freepik/Jcomp

Selain membantu konsentrasi, kegiatan mewarnai juga membutuhkan kerjasama yang baik antara mata dan lengan. Nantinya anak akan belajar cara menggenggam pensil warna atau krayon, memilih warna, dan juga memadukan warna yang ada. Kemampuan ini sangat penting dilatih sejak usianya masih kecil sekalipun.

7. Melatih kesabaran

7. Melatih kesabaran
Freepik/Drobotdean

Dengan mewarnai, si Kecil juga akan melatih kesabaran mereka. Hal ini nantinya memungkinkan balita menjadi lebih rileks dan nyaman saat melakukan kegiatan mewarnai sehingga ia dapat mewarnai bentuk dan gambar yang disukainya.

8. Menambah pengetahuan baru

8. Menambah pengetahuan baru
Freepik

Mewarnai juga menjadi pengetahuan baru bagi si Kecil dalam mengenaii garis, perspektif, warna, bentuk, serta pola yang beragam. Dengan begitu akan membantunya dalam memutuskan warna apa yang akan ia gunakan dalam gambar yang selanjutnya akan ia warnai.

9. Merangsang kreatifitas sejak dini

9. Merangsang kreatifitas sejak dini
Freepik/Maria-sbytova

Mewarnai juga akan membantu anak untuk mengasah kreatifitasnya sejak dini. Dengan memikirkan kombinasi warna apa yang akan digunakan, sama saja melatih anak untuk terus berpikir kreatif untuk memberikan tampilan yang menarik pada gambarnya.

Nah, itu dia Ma manfaat mewarnai yang bisa dirasakan anak balita. Jadi biarkan anak terus bereksplorasi dengan pensil warna atau krayonnya ya. Ini juga membantu anak dalam tumbuh kembangnya, lho!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.