Sosok Pak Tino Sidin, Guru Gambar Legendaris yang Jadi Google Doodle

Tepat di hari kelahirannya, Pak Tino Sidin menjadi Google Doodle. Yuk, kenalkan pada si Kecil, Ma

25 November 2020

Sosok Pak Tino Sidin, Guru Gambar Legendaris Jadi Google Doodle
Google.co.id

Jika hari ini, Rabu (25/11/2020) Mama mengakses halaman pencarian Google melihat sosok pria berkacamata dengan topi kas pelukis di kepalanya, mungkin memori masa kecil Mama seperti terkenang, bukan?

Ya, hari ini Google mengenang Tino Sidin atau biasa disapa Pak Tino yang merupakan sosok guru gambar terkenal di era 80 dan 90an melalui Google Doodle di google.co.id.

Di hari ulang tahunnya, Google mengajak kita semua untuk merayakan dan mengenang Pak Tino sebagai sosok guru gambar yang banyak digemari anak-anak pada masanya.

Meski sudah berbeda masa dengan anak zaman sekarang, yuk kenalkan sosok istimewa satu ini pada si Kecil, Ma. Mengenalkan profil dan karya-karya Pak Tino pada si Kecil mungkin bisa menjadi edukasi sekaligus hiburan berupa bacaan dongeng pada si Kecil.

Yuk, kita kenang sosok Pak Tino Sidini bersama dengan ulasan yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. SIapa itu Pak Tino Sidin?

1. SIapa itu Pak Tino Sidin
Google.co.id

Tino Sidin atau biasa disapa Pak Tino oleh anak-anak generasi 80 sampai 90an merupakan sosok legenda yang menggugah semangat menggambar bagi anak-anak.

Pak Tino mulai dikenal banyak orang karena tayangan serial televisinya "Gemar Menggambar" yang ditayangkan di TVRI pada tahun 1980-an. Melalui tayangan ini, banyak anak-anak mulai melatih dirinya untuk menggambar.

Editors' Picks

2. Profil Pak Tino

2. Profil Pak Tino
Tamantinosidin.net

Pak Tino sendiri merupakan laki-laki kelahiran Tebing, Sumatera Utara pada 25 November 1925. Pak Tino dijuluki sebagai salah satu pelukis terkenal kepunyaan Indonesia, lho!

Melalui hobinya dalam menggambar banyak karya, Pak Tino mengajarkan anak-anak Indonesia untuk menggambar dengan menyenangkan dan santai. Melalui cara ini dianggap lebih mudah diikuti oleh usia anak-anak.

Dalam program acaranya yang disiarkan TVRI, Pak Tino mengajarkan anak-anak untuk mulai mengkreasikan garis-garis lurus dan lengkung menjadi sebuah gambar.

Tak hanya mengisi acara televisi dengan hobi yang dimilikinya, Pak Tino juga menulis beberapa buku seputar menggambar dan cerita bergambar. Diantaranya:

  • Bawang Merah Bawah Putih
  • Ibu Pertiwi (terbitan Balai Pustaka)
  • Mari Menggambar (10 jilid)

Melalui banyak karya yang telah dihasilkan, Pak Tino kemudian menghembuskan napas terakhirbya di usia 70 tahun pada 29 Desember 1995.

3. Mengajarkan anak menggambar sejak dini

3. Mengajarkan anak menggambar sejak dini
Freepik

Jika Mama pernah menyaksikan tayangan milik Pak Tino, mungkin Mama sudah memahami bagaimana karakter Pak Tino ketika mengajarkan anak-anak menggambar.

Tayangan ini menjadi terkenal dikalangan anak-anak era 80 dan 90an karena dapat menginspirasi mereka untuk mulai menggambar. Cara-cara mudah dan menyenangkan yang diajarkan Pak Tino menjadi kunci bagi anak-anak dalam menggambar.

Layaknya seorang guru, Pak Tino mendorong anak-anak untuk tidak takut dalam memulai dan takut akan kesalahan ketika sedang belajar menggambar. Setelah selesai, biasanya Pak Tino akan memberikan komentar 'Ya bagus' yang menjadi ciri khas tayangan tersebut.

Tak hanya gambar biasa saja, gambar-gambar yang dihasilkan Pak Tino biasanya dibuat berdasarkan kisah nyata yang ada di lingkungan sekitarnya. Seperti salah satu karya lukisannya yang diberi nama 'Empat Anak Main', yang mana menggambarkan sosok keempat anaknya tengah bermain.

4. Museum Pak Tino

4. Museum Pak Tino
Tamantinosidin.net

Setelah wafatnya pada 29 Desember 1995, nama Pak Tino kemudian diabadikan menjadi Museum Taman Tino Sidin. Museum ini didirikan di kediaman Pak Tino yang berlokasi di Yogyakarta.

Museum Taman Tino Sidini yang diresmikan pada 4 Oktober 2014 oleh Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI Prof.Mohammad tepatnya berlokasi di Jl. Tino Sidin 297 Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Dengan kehadiran museum ini, diharapkan dapat mengobati kerinduan kepada sosok beliau sekaligus berwisata edukasi dengan melihat warisan seniman sekaligus guru yang dicintai banyak anak pada masanya.

Mengenang Pak Tino bisa jadi edukasi baru bagi si Kecil nih, Ma. Meski sudah berbeda era, namun sosok Pak Tino yang terkenal dan penuh inspirasi ini tetap bisa dijadikan panutan bagi anak Mama dalam berkarya.

Selamat Ulang Tahun Pak Tino!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.