Sama Pentingnya dengan Mama, Ini 5 Peran Papa untuk Anak Perempuan

Tak hanya Mama, Papa juga punya peran penting untuk si Kecil

26 Oktober 2020

Sama Penting Mama, Ini 5 Peran Papa Anak Perempuan
freepik/master1305

Sebagai orangtua, tentunya kita memiliki peran penting dalam pertumbuhan buah hati tercinta. Baik Mama dan Papa, keduanya menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka.

Namun, yang sering terlupakan adalah peran seorang Papa yang sebenarnya tak kalah penting dengan peran Mama. Papa adalah sosok kepala keluarga yang setiap hari mencari nafkah untuk menghidup kebutuhan keluarga.

Demi menghidup kebutuhan keluarga, hal ini lah yang sering kali membuat Papa kurang dekat dibanding dengan Mama yang lebih punya banyak waktu untuk si Kecil.

Terutama untuk anak perempuan. Perbedaan gender terkeadang membuat adanya jarak antara Papa dan anak perempuan.

Padahal, Papa juga punya peran yang penting banget untuk anak perempuan lho. Apa saja ya? Yuk, simak 5 peran penting Papa bagi anak perempuannya yang telah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Mengajarkan cinta pertama kali pada anak perempuan

1. Mengajarkan cinta pertama kali anak perempuan
Freepik

Pepatah mengatakan, Papa adalah cinta pertama bagi anak perempuan. Hal ini lantaran saat lahir, anak perempuan disambut oleh sosok laki-laki yang akan menjaganya sepenuh hati.

Saat si Kecil terus bertumbuh, ia diperkenalkan bagaimana cinta yang tulus dan tanpa syarat dari sang Papa, Ma. Untuk itu, ketika si Kecil dewasa dan merasakan jatuh cinta, ia diharapkan mampu mendapatkan cinta sejati yang tulus dan tanpa syarat. 

Editors' Picks

2. Belajar menghargai waktu

2. Belajar menghargai waktu
Pexels/Ketut Subiyanto

Meski kebanyakan anak menghabiskan waktunya dengan sang Mama lantaran Papa harus bekerja, tetapi Papa akan selalu menyempatkan waktu luangnya untuk bersama dengan anak dibanding istirahat.

Dari sini anak akan belajar mengahrgai waktu dan menyadari bahwa waktu sangat berharga, terutama ketika ia bersama sang Papa. Dengan begitu, diharapkan saat dewasa nanti anak mampu mengelola waktunya dengan baik.

3. Sebagai sosok pelindung anak

3. Sebagai sosok pelindung anak
Mirror.co.uk

Sebagai kepala keluarga, Papa juga menjadi sosok pelindung yang akan melindungi Mama dan seluruh anak-anak di rumah. Untuk anak, tak hanya perlindungan fisik namun juga materi dan emosional.

Saat si Kecil lahir, tentunya ia belum mengetahui bahaya dan kerasanya dunia ini. Di sinilah peran Papa hadir untuk memastikan si Kecil akan selalu merasa aman dan nyaman. 

Begitu pula saat si Kecil beranjak dewasa, jangan heran jika perlakuan Papa dalam menjaga anak perempuannya lebih ekstra ya, Ma. Hal ini lantaran banyak kekerasan, pelecehan hingga ketidakadilan gender membuat Papa tidak akan diam dalam menjaga putri kesayangannya. 

4. Mengajarkan banyak nilai kehidupan

4. Mengajarkan banyak nilai kehidupan
Freepik/master1305

Baik Mama atau Papa, tentunya sebagai orangtua akan mengajarkan banyak nilai kehidupan untuk anak mereka. Namun tahukah Mama, Papa akan lebih banyak terlibat dalam mengajarkan hal-hal untuk mencapai kesuksesan.

Ini juga bisa terlihat saat Papa lebih banyak terlibat dalam mempersiapkan pendidikan anak dan juga cita-cita serta kariernya di masa mendatang. Seperti yang disebutkan Father Involvement Research Alliance, anak perempuan yang dekat dengan ayahnya memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Hal ini kemudian memengaruhi anak untuk meraih pendidikan yang tinggi dan sukses pada kariernya.

5. Menjadi pedoman sosok laki-laki sejati ketika anak perempuan dewasa

5. Menjadi pedoman sosok laki-laki sejati ketika anak perempuan dewasa
Freepik/Prostooleh

Meski usianya masih terlalu dini, perlu diketahui bahwa saat usia anak perempuan beranjak dewasa ia akan menemukan laki-laki yang akan menjadi teman hidupnya. Tumbuh dengan cinta dari sang Papa tentu membuat anak menginginkan sosok seperti sang Papa sebagai teman hidupnya.

Tak hanya itu, Ma. Anak juga akan berkeinginan yang sama seperti Mama dan Papa yaitu memiliki suami yang dapat menjadi sosok Papa yang baik bagi anak mereka nanti. Untuk itu mengapa Papa menjadi pedoman anak perempuan dalam menemukan sosok laki-laki sejati, suami dan ayah untuk anaknya kelak.

Nah, itu dia peran penting Papa yang sama pentingnya dengan Mama untuk anak perempuan. Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma, Pa!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.